KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH WANITA DALAM PENINGKATAN PRESTASI PESERTA DIDIK

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1792

Authors

Keywords:

Kepemim[pinan Perempuan

Abstract

Kepemimpinan merupakan sebuah sifat yang ada dan merujuk pada jiwa kemampuan mempin. Jika ruang lingkup kepala sekolah maka kemampuan kepala sekolah dalam memanajemen segala yang berkaitan dengan sekolah. Peneliti memiliki tujuan yang menjadi acuan dalam pembahasan penelitian ini yaitu kepemimpinan kepala sekolah wanita, peningkatan prestasi peserta didik, dan kepemimpinan kepala sekolah wanita dalam peningkatan prestasi peserta didik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah wanita dalam peningkatan prestasi peserta didik. Dengan melihat judul secara otomatis metode yang sangat cocok adalah kualitatif dengan pemanfaatan studi kasus sebagai jenisnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama Kepemimpinan kepala sekolah wanita di MAPM (Madrasah Aliyah Perguruan Mu’allimat) Cukir Diwek Jombang terlaksana dengan baik sesuai dengan konsep dari kepemimpinan. Kedua peningkatan prestasi peserta didik di MAPM Cukir Diwek Jombang sangat mewadahi kebutuhan peserta didik sesuai bakat dan minat yang mereka miliki. Ketiga kepemimpinan kepala sekolah wanita dalam peningkatan prestasi peserta didik di MAPM Cukir Diwek Jombang yang mana peran kepala sekolah sangat penting dimana prestasi peserta didik bisa meningkat karena adanya dukungan penuh dari pihak madrasah. Keempat didalamnya ada faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah wanita diantaranya adanya dukungan penuh dari para guru yang lain yang selalu mensupport dan mendukung konsep dari madrasah. Faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah wanita adalah ada beberapa guru yang masih belum melaksanakan tugas dengan baik dengan alasan adanya kepentingan pribadi yang masih belum bisa untuk ditinggal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. 1994.

E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep Strategi dan Implementasi. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).

Falah, Faiz & Moh. Syamsul. “Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah Di MTs Benda Tangerang.” SICEDU: Science and Educational Jurnal 1, no. 2 (2022).

Fitriyani. “Kepemimpinan Perempuan dalam Islam Study Pemikiran M. Quraish Shihab” (Skripsi tidak diterbitkan, Prodi Falsafah dan Agama Fakultas Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina, 2014).

Helmawati. Meningkatkan Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah Manajerial Skil.

L. Gibson, Janes. Organization, diterjemahkan dengan judul Organisasi.

Rulam, Ahmadi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2006.

Syaiful Bahri Q. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. (Surabaya: Usaha Nasional 1994).

WJS. Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka 1989).

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-18

Issue

Section

Articles

How to Cite

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH WANITA DALAM PENINGKATAN PRESTASI PESERTA DIDIK. (2024). Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 80-91. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1792

Similar Articles

1-10 of 21

You may also start an advanced similarity search for this article.