PLURALISME DAN MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v3i2.109Keywords:
Islamic education, Pluralism, multiculturalism.Abstract
The fundamental principle of Islam that is closely linked to the role of Islamic education to face the challenges of pluralism and multiculturalism is that Islam is a universal religion, that teaches to negate the coercion in religion. Islam, a doctrine that is widely open to being proven its truth. Islam affirms the natural diversity of human life. Islam has also a history that is very clearly associated with the compound life. Relate to the Islamic education in Indonesia that basically refers to the values of pluralism in the Qur'an and Hadith, this article offers an alternative learning that can be done in Islamic education.
Downloads
References
Anshori, LAL, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press. 2010
Asy’arie, Musa. Islam, Pluralitas dan Indonesia Baru, dalam buku “Pluralisme, Konflik Pendidikan Agama di Indonesia”, Editor: Elga Sarapung & Tri Widiyanto, Yogyakarta: Institut DIAN, 2005.
Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007.
Kamaruzzaman, Pola Pendidikan Islam pada Periode Rasulullah: (Makkah dan Madinah), dalam buku “Sejarah Pendidikan Islam, Editor: Samsul Nizar, Jakarta: Kencana.
Ma’arif, Syamsul, Pendidikan Pluralisme di Indonesia, Jogjakarta: Logung Pustaka, 2005.
Muchsin, Bashori, dan Abdul Wahid, Pendidikan Islam Kontemporer, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.
Multikulturalisme dan Pluralisme, diposkan pada 5 Oktober 2010, (http://risgalutfi.blog.ugm.ac.id/2010/10/05/multikultur/), diakses pada 11 Nopember 2012, pukul 19:00 wib.
Setiawan, Ebta, (freeware 2010), Kamus Besar Bahasa Indonesia versi Offline 1.1.
Setiawan, Ebta, (Freeware 2006-2009), Software Kamus 2.04 Englis-Indonesia and Indonesia-English.
Shihab, Alwi, Nilai-nilai Pluralisme dalam Islam (sebuah pengantar), dalam buku “Nilai-nilai Pluralisme dalam Islam: Bingkai Gagasan yang Berserak, Editor: Sururin, Bandung: Nuansa, 2005.
TA‘LIMUNA, Vol. 1, No. 2, September 2014-ISSN 2085-2975
Pluralisme dan Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam di Indonesia
Suprayogo, Imam, Pendidikan Berparadigma Al-Quran, Malang: UIN Malang Press, 2004.
Taufiq, Mohamad, Al-Quran in Word, Versi 1.3.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2010.
Yahya, M. Slamet, Pendidikan Islam dan Pluralisme Agama, INSANIA Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol. 13, No. 1, Jan-April 2008: 3-14.
Zulaiha, Eni, Pendidikan pada Era Globalisasi, media pendidikan, vol. XXIII, no. 3, Desember 2008: 201-300.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Yusuf Agung Subekti, Mutamakin Mutamakin, INTERAKSI ANTARA KYAI DAN SANTRI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK PADA PONDOK PESANTREN ANAK-ANAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
- Handoko Ja’far, PEREMPUAN DALAM MINORITAS PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
- Mukani Mukani, KONTRIBUSI HASYIM ASY’ARI PADA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
- Fathur Rahman, Abdurrohim, Taufik Mustofa, Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Grup Seni Hadrah Al-Banjari Al-Qur’aniyyah di Kampung Pulogebang Cakung Jakarta Timur , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Hasyim Muzadi, MEMBANGUN UNIVERSITAS BERBASIS PONDOK PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2013): MARET
- Moh Imron Mudlori, Abdul Basit, ANALISIS PROBLEMATIKA TANTANGAN MADRASAH SEBAGAI TIPOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAN SOLUSI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Moh. Mansur Fauzi, HADIS TARBAWI PERSPEKTIF TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Dinda Putri Somantri, Oyoh Bariah, M. Makbul, Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Rohis terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Siti Mutholingah, A. Qomarudin, Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 2 (2022): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.