Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Pengelompokan Kelas Berbasis Gender untuk Siswa Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1115Keywords:
Learning Akhlak Akidah, Class Grouping, Gender.Abstract
Abstract: The application of class grouping between male and female students is a policy that is rarely found in formal schools in Indonesia. With the application of class grouping between male and female students, it is expected to be able to improve the morals of the students through the learning of moral aqidah. This study intends to find out 1) the application of gender-based class grouping in aqidah moral learning, 2) supporting and inhibiting factors for implementing gender-based class grouping in learning aqidah morality 3) the impact of the application of gender-based class grouping in learning morals. The research method used is descriptive qualitative method. Based on the results of the study, the application of gender-based class grouping in the learning of aqidah morality in class IX is that the learning conditions of class students are increasingly conducive and learning becomes more focused and male students and female students are able to grow self-control against the opposite sex and form akhlaq karimah from each class. habituation carried out by madrasas.
Keywords: Learning Akhlak Akidah, Class Grouping, Gender.
Abstrak: Penerapan pengelompokan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan merupakan kebijakan yang jarang ditemui di sekolah formal di Indonesia. Dengan penerapan pengelompokan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan diharapkan mampu meningkatkan akhlakul kharimah siswa-siswinya melalui pembelaharan akidah akhlak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak, 3) dampak penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas IX yaitu kondisi belajar siswa kelas yang semakin kondusif dan belajar menjadi lebih terarah serta siswa laki-laki dan siswa perempuan mampu menumbuhkan kontrol diri terhadap lawan jenis dan membentuk akhlakul karimah dari setiap pembiasaan yang dilakukan oleh madrasah
Downloads
References
Aguslianto. “Pengaruh Sosial Media terhadap Akhlak Remaja (Studi Kasus di Kec. Kluet Timur Kab. Aceh Selatan)”. Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam, 2017
Anggota IKAPI. (2010). Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia
Hasbi, M. (2020). Akhlak Tasawuf (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris)
Kiptiawati Adha, Manis dan Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 921.
Latifah. “Fenomena Pemisahan antara Pemisahan antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Pembelajaran Ditinjau dari Segi Pandangan Islam”. Skripsi tidak diterbitkan. Cot Kala Langsa: PAI IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, 2015
Nata Abuddin. (2010). Akhlak Tasawuf. PT Raja GrafindoPersada
Maisuri. (2011). Analisis Perlakuan Gender terhadap Siswa Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Lingkungan SMA 1 Pontianak. Skripsi. Universitas Muhammadiah: Pontianak
Marwani, S. (2018). Pengelolaan Kelas berbasis Pengelompokan Jenis Kelamin (Gender) di SMAN 11 Banda Aceh. 39.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kuakitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Taqiyah, Barotut. “Pengaruh Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-Laki dan Perempuan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.
Triyana, N. (2021). Pola pembinaan akhlak dalam perspektif al- qur’an surah luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah. skripsi.
Wahyudi, Dedi. Pengantar Aqdah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Silvya Nur Azizah, Hidayatur Rohmah, Pengembangan Media Q-Joy (Aqidah Enjoy Learning) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nizhamiyah Ploso , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Irsyad Zafir Ramadhan, Ali As'ad, Penerapan Pembelajaran Program Kitab Kuning untuk Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Muchammad Farkhan Nudin, Abu Amar Bustomi, Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Ani Fitria Nurkhasanah, Nahdatul Khairunisa, Ummu Fitrah Widia , Amertya Azahra, Dinda Dwi Azizah , Rifdha Hayati, Debi Yandrizal , Seswi Derti, Zainal Asril , Problematika Evaluasi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SDN 09 Tiumang Dharmasraya , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Winda Sri Rahayu, Rizqi Maulana, Novi Fadhilah Sopian, M. Makbul, Nur Aini Farida, Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Wudhu Siswa Kelas 2C di SDN Duren 3 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Nurlela, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki, Inovasi Pendidikan Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Fathimiyah Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Ucup Supriatna, IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM DARURAT MADRASAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Wahyu yudi, Khoirun Nisa', PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMP ISLAM MBAH BOLONG WATUHGALUH JOMBANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Lailatul Fitriyah, STUDENT CENTERED LEARNING DALAM SURAH AL-KAHFI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.