Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Pengelompokan Kelas Berbasis Gender untuk Siswa Kelas IX

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1115

Authors

  • Savira Rahma Savira Rahmadhea Universitas Singaperbangsa Karawang -  Indonesia

Keywords:

Learning Akhlak Akidah, Class Grouping, Gender.

Abstract

Abstract: The application of class grouping between male and female students is a policy that is rarely found in formal schools in Indonesia. With the application of class grouping between male and female students, it is expected to be able to improve the morals of the students through the learning of moral aqidah. This study intends to find out 1) the application of gender-based class grouping in aqidah moral learning, 2) supporting and inhibiting factors for implementing gender-based class grouping in learning aqidah morality 3) the impact of the application of gender-based class grouping in learning morals. The research method used is descriptive qualitative method. Based on the results of the study, the application of gender-based class grouping in the learning of aqidah morality in class IX is that the learning conditions of class students are increasingly conducive and learning becomes more focused and male students and female students are able to grow self-control against the opposite sex and form akhlaq karimah from each class. habituation carried out by madrasas.

 

Keywords: Learning Akhlak Akidah, Class Grouping, Gender.

 

Abstrak: Penerapan pengelompokan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan merupakan kebijakan yang jarang ditemui di sekolah formal di Indonesia. Dengan penerapan pengelompokan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan diharapkan mampu meningkatkan akhlakul kharimah siswa-siswinya melalui pembelaharan akidah akhlak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak, 2) faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak, 3) dampak penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.  Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pengelompokan kelas berbasis gender dalam pembelajaran akidah akhlak di kelas IX yaitu kondisi belajar siswa kelas yang semakin kondusif dan belajar menjadi lebih terarah serta siswa laki-laki dan siswa perempuan mampu menumbuhkan kontrol diri terhadap lawan jenis dan membentuk akhlakul karimah dari setiap pembiasaan yang dilakukan oleh madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguslianto. “Pengaruh Sosial Media terhadap Akhlak Remaja (Studi Kasus di Kec. Kluet Timur Kab. Aceh Selatan)”. Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam, 2017

Anggota IKAPI. (2010). Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Fokusmedia

Hasbi, M. (2020). Akhlak Tasawuf (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris)

Kiptiawati Adha, Manis dan Darmiyanti, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 921.

Latifah. “Fenomena Pemisahan antara Pemisahan antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Pembelajaran Ditinjau dari Segi Pandangan Islam”. Skripsi tidak diterbitkan. Cot Kala Langsa: PAI IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, 2015

Nata Abuddin. (2010). Akhlak Tasawuf. PT Raja GrafindoPersada

Maisuri. (2011). Analisis Perlakuan Gender terhadap Siswa Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Lingkungan SMA 1 Pontianak. Skripsi. Universitas Muhammadiah: Pontianak

Marwani, S. (2018). Pengelolaan Kelas berbasis Pengelompokan Jenis Kelamin (Gender) di SMAN 11 Banda Aceh. 39.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kuakitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Taqiyah, Barotut. “Pengaruh Pemisahan Kelas Peserta Didik Laki-Laki dan Perempuan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.

Triyana, N. (2021). Pola pembinaan akhlak dalam perspektif al- qur’an surah luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah. skripsi.

Wahyudi, Dedi. Pengantar Aqdah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: 2017

Downloads

Published

2022-10-01

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Pengelompokan Kelas Berbasis Gender untuk Siswa Kelas IX. (2022). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 146-154. https://doi.org/10.32478/talimuna.v11i02.1115

Similar Articles

41-47 of 47

You may also start an advanced similarity search for this article.