MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Humanisasi Aqidah Melalui jalur formal)
DOI:

Keywords:
Pendidikan, aqidah IslamiAbstract
Tujuan Pendidikan Islam yaitu mempersiapkan manusia seutuhnya, manusia yang sempurna secara dzahir dan batinnya, memiliki ketakwaan hakiki dihadapan Allah SWT, dan mengimplementasikan ketakwaanya dalam perilaku sehari-hari. Untuk itu perlu menempatkan aqidah keimanan pada peserta didik akan eksistensi kehadiran Allah SWT. sebagai kesadaran kemanusiaan dalam kemasan ilmu pengetahuan dan praktek pengalaman. Pengalaman spiritual ketuhanan seperti di atas perlu dijadikan kerangka dasar dalam pendidikan, agar mampu menjadi benteng penghalang kejahatan sosial, perilaku anarkis, dsb. Al-quran Hadits sebagai sumber rujukan Aqidah yang selama ini dipahami hanya berkutat disekitar wilayah kalam, dan teologi tentang ke-esa-an Tuhan melalui ucapan lesan, perlu segera direkonstruksi lebih mendalam melalui penanaman kesadaran aqidah keimanan agar semakin diyakini dalam hati di kedepankan dalam amal kehidupan sehari-hari. Sehingga pengalaman yakin pada wujud dan mengadanya Allah SWT. menjadi pengalaman manusia tentang Ketuhanan yang tidak bisa direduksi oleh apapun.
Downloads
References
Muin, Thahir Abdul, Ihtisar Ilmu Tauhid, Jakarta: DANA, 1990.
Ensiklopedia Islam, Jakarta: Intermasa, cet 3, 1994.
Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003,
Tobroni, The Spiritual Leadershihp, pengefektifan organisasi noble industry melalui prinsip-prinsip spiritual etis, Malang: UMM Press, 2005.
Paul Suparno, SJ, Reformasi Pendidikan; Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
Darojad, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.
HM. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Jakarta : Al-Husna–Zikro, 1992.
Ismail SM. Nurul Huda & Abdul Kholiq, Paradigma Pendidikan Islam, Semarang : Pustaka Pelajar, 2001.
Romas, Chumaidi Syarif, Wacana Teologi Islam Kontemporer, Yogyakarta PT. Tiara Wacana, 2000.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Firman Robiansyah, Annisa Nur Fadillah, Nuril Khairiyah, Siti Nurkholizah, Gavin Sangraha Rahmat, ANALISIS EFISIENSI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Syaharuddin Syaharuddin, M. Anugrah Arifin, Fathurrijal Fathurrijal, Endang Rahmawati, Ishanan Ishanan, LITERASI DIGITAL GURU DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS SISTEMATIS ATAS KESIAPAN SDM DALAM MENGHADAPI ERA PENDIDIKAN 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Khairunnisa, Cucu Surahman, Siti Karimah, Abdul Muhyi, Bunga Anisa Hikayat, Izzatul Iffah, INTEGRASI MAKNA RA’A DAN NAZHARA DALAM CERITA RAKYAT: ANTARA KEPERCAYAAN DAN KEARIFAN LOKAL BERDASARKAN AL-QURAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Fadilah Nur Zikriyah, Dimo Aditia Nugroho, Fathiyah Azahra, Hinggil Permana, ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 KLARI KARAWANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Imam Malik Masyhuri, TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Nilamsari Damayanti Fajrin, Ustwatur Rosyidah Kusnindah, Agung Setyawan, KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR TERINTEGRASI BUDAYA MADURA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KEPARIWISATAAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Atho’illah, Johan Indrus Tofaynuddin, NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KISAH UWAIS AL-QARNI PERSPEKTIF SHAHIH MUSLIM NOMOR 2542 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Santi Safitri, Hasna Farida, TRANSFORMASI JIWA MELALUI DZIKRUL MAUT: PENDEKATAN AL-GHAZALI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN AKHLAK ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Adi Sudrajat, PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.