PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.185

Authors

Keywords:

pendidikan Islam, nirkekerasan

Abstract

Pendidikan merupakan alat untuk mencetak manusia yang humanis, cinta damai, dan juga solusi dari segala masalah, tapi banyak masalah muncul dari dunia pendidikan salah satunya kekerasan dalam pendidikan, ironisnya itu terjadi mulai dari tingakat dasar sampai perguruan tinggi, untuk menghadapi masalah ini perlu diadakan rivitalisasi pendidikan yaitu dengan mengembangkan pendidikan agama Islam berdudaya nirkekerasan. Ini sebagai tawaran solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah kekerasan yang terjadi didalam dunia pendidikan saat ini. Seperti apa yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW bagaiamana cara menanamkan nilai-nilai pendidikan yang humanis sehingga Islam menjadi agama rahmatan lil`alamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an dan terjemahnya dalam aplikasi Qur’an in Word.

Bernard Lewis, The Political Language of Islam, Chicago: The University of Chicago Press, 1991.

C. Baker, Gwendolyn, Planing and Organizing for Multicultural Instruction, California: Addison-Wesley Publishing Company, 1994.

Harto, Kasinyo, “Membangun Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Yang Berwawasan Multikulturalâ€, Conciencia, Vol. 1 No. 2 2007.

http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=188554.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Luar Jaringan (Luring), KBBI Offline Versi 1,3.

Mohammed Abu Nimer, Nirkekerasan dan Bina-Damai dalam Islam: Reori dan Praktik. Terj. M. Irsyad Rhafsadi dan Khairil Azhar Edisi Digital, Jakarta: Democrasy Project Yayasan Abad Demokrasi, 2010.

Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat, Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Satha-Anand, Chaiwat. Barangsiapa Memelihara Kehidupan…: Esai-esai tentang Nirkekerasan dan Kewajiban Islam,terj. Taufik Adnan Amal, Pradewi Tri Chatami, Irsyad Rafsadi (Jakarta: PUSAD Paramadina, 2015)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yudi Prahara, Erwin. Materi Pendidikan Agama Islam, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2009.

Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Downloads

Published

2018-10-08

How to Cite

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN. (2018). Ta’Limuna, 7(2), 112-123. https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.185

Similar Articles

1-10 of 87

You may also start an advanced similarity search for this article.