MENDIALOGKAN LEGITIMASI NIKAH SIRRI DALAM RANAH TEOLOGIS DAN YURIDIS (Interpretasi Hadits Larangan Nikah Sirri Dalam Perspektif Antropologi)
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.144Keywords:
Nikah Sirri, Hadits dan Antropologi.Abstract
Dalam memperbincangkan pernikahan, tidak bisa lepas dari dua ranah yang melikupinya yakni, keyakinan dan hukum. Permasalahan nikah sirri adalah permasalahan yang sampai saat ini masih menarik untuk diperbincangkan karena masih maraknya praktek ini. hadits yang merupakan sumber hukum Islam kedua telah melarang secara jelas praktek nikah yang tidak dihadiri oleh wali, meski al-Qur’an tidak menyinggung hal ini namun dalil-dalil yuridis telah menguatkan larangan nikah sirri karena akan mengakibatkan ketidak-jelasan hubungan suami istri, selain itu keengganan untuk mencatatkan pernikahan yang menjadi faktor utama pelarangan nikah sirri. Namun dalam perspektif antropologi, nikah sirri tidak selamanya dilarang dengan mempertimbangkan eksistensi hadits serta keadaan sosiologi yang ada. Tulisan ini bertujuan supaya memberikan new meanings dalam memahami nikah sirri dengan menggunakan perspektif antropologi.
Downloads
References
Alfatih Suryadilaga, Muhammad, “Syarah Hadits Shahih Bukhari dan Muslim dalam Komik”, Esensia, Vol. 16, No. 2, Oktober. 2015.
Alfatih Suryadilaga, Muhammad, Aplikasi penelitian Hadits dari Teks ke Konteks, Yogyakarta: Kalimedia, 2016.
Alfatih Suryadilaga, Muhammad, Metodologi Syarah Hadits, Yogyakarta: Kalimedia, 2017.
Alfatih Suryadilaga, Muhammad, “Nikah Sirri dalam Perbincangan Media Massa”, Musawa, Vol 12 No. 1 Januari 2013.
Alfatih Suryadilaga, Muhammad, Aplikasi penelitian Hadits dari Teks ke Konteks, Yogyakarta: Kalimedia, 2016.
Alfatih Suryadilaga, Muhammad, “Pembacaan Hadits Dalam Perspektif Antropologi dalam Al-Qalam”, Banten, Vol 31, No. 1 Januari-Juni 2014.
https://www.merdeka.com/peristiwa/25-persen-masyarakat-indonesia-melakukan-nikah-siri.html
Imam Malik, Muwatha’ al-Malik biriwayati Yahya bin Yahya aal-Laitsy. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2009.
Jawami’ al-Kalim Versi 4.5
Koentjayaningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Mukhtar, Kamal, Asas-asas Hukum Islam tentang Perkawinan, Bandung: Bulan Bintang, 1993.
Munawwir, A. W, Kamus al-Muanawwir Arab Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Musayyar, Sayyid Ahmad, Fiqih Cinta Kasih, Ed. Taqyudin dan Yahya, Jakarta: Erlangga, 2008.
Pujileksono, Sugeng, Pengantar Antropologi, Malang: UMM Press, 2009.
Qardhawi, Yusuf, Bagaimana Memahami Hadits Nabi saw.,terj. Muhammad al-Baqir, Bandung: Mizan, 1997.
Rajafi, Ahmad, Nalar Hukum keluarga Islam Indonesia, Yogyakarta: Istana Publishing, 2015.
Safroni, Ladzi, Seluk-beluk Pernikahan Islam di Indonesia, Malang: Aditya Publishing, 2014.
Sijistany, Sulaiman al-as’ats, Sunan Abu Dawud, Beirut: Dar all-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1996.
Subki, Ali Yusuf, Fikih Keluarga pedoman berkeluarga dalam Islam, terj.Nur Khozin. Jakarta: Amzah, 2001.
Syam, Nur, Mazhab-mazhab Antropologi, Yogyakarta: LKIS, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Ulil Hidayah, LAKU TASAWUF ORANG TUA UNTUK PENCAPAIAN KECERDASAN MORAL DAN SPIRITUAL ANAK , TA'LIMUNA: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Vol. 2 No. 2 (2013): edisi SEPTEMBER
- Misbahul Munir, Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7 – 12 Tahun , TA'LIMUNA: Vol. 6 No. 1 (2017): edisi Maret
- Imam Malik Masyhuri, TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan , TA'LIMUNA: Vol. 2 No. 2 (2013): edisi SEPTEMBER
- Sumarji Sumarji, Rahmatullah Rahmatullah, UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang) , TA'LIMUNA: Vol. 7 No. 1 (2018): edisi MARET
- Afifurrahman Afifurrahman, Rofayatun Rofayatun, PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGOO , TA'LIMUNA: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Kasuwi Saiban, KONSEP ULAMA DALAM AL-QUR'AN DAN IMPLIKASINYA PADA WACANA KEPENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Vol. 1 No. 2 (2012): edisi SEPTEMBER
- Ali Rif'an, PEMANFAATAN RADIO DAN TV KOMUNITAS SEBAGAI MEDIA HUMAS LEMBAGA PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Vol. 3 No. 2 (2014): edisi SEPTEMBER
- Mutasim Billah, PENDEKATAN BAHASA DALAM TEORI BATAS MUHAMMAD SYAHRUR , TA'LIMUNA: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.