INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.145Keywords:
Integrasi, Pendidikan IslamAbstract
Wacana Integrasi di Indonesia sudah lama digaungkan sebagaimana yang tertuang dalam UUSPN Nomor 20 Tahun 2003 pasal 30 yang mewajibkan penyelenggaraan pendidikan Agama pada semua strata pendidikan sebagai bentuk kesadaran bersama untuk mencapai kualitas hidup yang utuh. Pelaksanaan pendidikan memiliki dua misi utama yaitu pembinaan daya intelektual dan pembinaan daya moral, Mensinergikan sains dan Islam (Agama) merupakan sesuatu yang sangat penting, bahkan keharusan, karena dengan mengabaikan nilai-nilai Agama dalam perkembangan sains dan tekhnologi akan melahirkan dampak negatif yang luar biasa. Dampak negatif dari kecendurungan mengabaikan nilai-nilai (moral Agama) bisa kita lihat secara emperik pada perilaku korup dan lain sebagaianya yang dilakukan oleh manusia dimuka bumi ini dengan munggunakan kekuatan sains dan tekhnolog. Fokus Pembahasan: Apa Pengertian Integrasi Pendidikan dan Bagaimana Implikasinya terhadap lembaga Pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Barbour, Ian. G., Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama, Terj. E.R. Muhammad, Bandung; Mizan, 2004.
Barizi, Ahmad, http://blog.uin-malang.ac.id diakses tanggal 13 desember 2017.
Barizi, Ahmad, Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Haidar, Mengenai ordonansi guru Baca juga Nurhayati Jamas, Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan, Jakarta : Rajawali Pers, 2008.
http://www.anekamakalah.com/2012/12/integrasi-pendidikan-agama-dan-umum.html Diakses Tanggal 15 Desember 2017.
Karni, Asrori s., Etos Studi Kaum Santri Wajah Baru Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 2009.
M. Dahlan Dkk, Kamus Induk Istilah Ilmiah Seri Intelektual Surabaya; Target Press, 2003.
M. Fakhrur Rozy, “Pendidikan Agama Berbasis Integrasi”, Skripsi UIN Malang, Malang: Perpustakaan Pusat UIN Malang, 2007.
Saefuddin dkk, On Islamaic Civilization Menyalakan Kembali Lentera Peradaban Islam Yang Sempat Padam, Semarang: UNISSULA Press, 2010.
Suprayogo, Imam, Pendidikan Berparadigma Al-Quran Pergulatan Membangun Tradisi dan Aksi Pendidikan Islam, Malang: UIN Press, 2004.
Wawacara dengan Uci Elly, tenaga pengajar di Man 3 Malang, tanggal 1 Juni 2013 dan informasi dari www.man3malang.com diakses tanggal 13 Maret 2017.
Tim Penyusun Buku, 2004 Memadu Sains dan Agama menuju Menuju Universitas Islam Masa Depan, Malang: Bayumedia, 2004.
Wawanara dengan Safitri Yuliana, alumni SMA Nurul Jadid tahun 2012. Diakses Tanggal 1 Maret 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Moh. Mansur Fauzi, HADIS TARBAWI PERSPEKTIF TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Moh. Nafi’, NU DALAM PERKEMBANGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- Muhammad Ilyas Junaidi Addahil, PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : TINJAUAN EPISTIMOLOGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Mutamakin Mutamakin, RELASI GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM ( Analisis Pendidikan Islam Menurut Al Ghazali ) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- Zaidun Naim, IMPLIKASI DESENTRALISASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Moh Imron Mudlori, Abdul Basit, ANALISIS PROBLEMATIKA TANTANGAN MADRASAH SEBAGAI TIPOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAN SOLUSI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Afifurrahman Afifurrahman, Rofayatun Rofayatun, PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGOO , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Winda Sri Rahayu, Rizqi Maulana, Novi Fadhilah Sopian, M. Makbul, Nur Aini Farida, Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Wudhu Siswa Kelas 2C di SDN Duren 3 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Achmad Roziqin, Rosidin, Internalisasi Nilai-Nilai Religius melalui Ektrakurikuler Pramuka di MTs dan MA Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.