MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Humanisasi Aqidah Melalui jalur formal)
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v1i1.128Keywords:
Pendidikan, aqidah IslamiAbstract
Tujuan Pendidikan Islam yaitu mempersiapkan manusia seutuhnya, manusia yang sempurna secara dzahir dan batinnya, memiliki ketakwaan hakiki dihadapan Allah SWT, dan mengimplementasikan ketakwaanya dalam perilaku sehari-hari. Untuk itu perlu menempatkan aqidah keimanan pada peserta didik akan eksistensi kehadiran Allah SWT. sebagai kesadaran kemanusiaan dalam kemasan ilmu pengetahuan dan praktek pengalaman. Pengalaman spiritual ketuhanan seperti di atas perlu dijadikan kerangka dasar dalam pendidikan, agar mampu menjadi benteng penghalang kejahatan sosial, perilaku anarkis, dsb. Al-quran Hadits sebagai sumber rujukan Aqidah yang selama ini dipahami hanya berkutat disekitar wilayah kalam, dan teologi tentang ke-esa-an Tuhan melalui ucapan lesan, perlu segera direkonstruksi lebih mendalam melalui penanaman kesadaran aqidah keimanan agar semakin diyakini dalam hati di kedepankan dalam amal kehidupan sehari-hari. Sehingga pengalaman yakin pada wujud dan mengadanya Allah SWT. menjadi pengalaman manusia tentang Ketuhanan yang tidak bisa direduksi oleh apapun.
Downloads
References
Muin, Thahir Abdul, Ihtisar Ilmu Tauhid, Jakarta: DANA, 1990.
Ensiklopedia Islam, Jakarta: Intermasa, cet 3, 1994.
Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003,
Tobroni, The Spiritual Leadershihp, pengefektifan organisasi noble industry melalui prinsip-prinsip spiritual etis, Malang: UMM Press, 2005.
Paul Suparno, SJ, Reformasi Pendidikan; Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
Darojad, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.
HM. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Jakarta : Al-Husna–Zikro, 1992.
Ismail SM. Nurul Huda & Abdul Kholiq, Paradigma Pendidikan Islam, Semarang : Pustaka Pelajar, 2001.
Romas, Chumaidi Syarif, Wacana Teologi Islam Kontemporer, Yogyakarta PT. Tiara Wacana, 2000.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Muhammad Gusnur Wahid, Pendekatan Pembelajaran Akhlak pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB B) , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Aslan Aslan, SEJARAH PERJALANAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI MALAYSIA , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Imam Malik Masyhuri, TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan , Ta'Limuna: Vol. 2 No. 2 (2013): edisi SEPTEMBER
- Adi Sudrajat, PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BERBUDAYA NIRKEKERASAN , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 2 (2018): edisi SEPTEMBER
- Alya Okta Nurjanah, KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 1 (2018): edisi MARET
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.