STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1691

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Oktafera Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Fauziyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisa Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Inquiry Learning, Curriculum 2013

Abstract

Abstract: The aim of this research is to describe the use of inquiry methods in learning moral beliefs. This inquiry-based learning approach focuses on giving students the freedom to think critically, by giving them the opportunity to find their own information and solve their own problems to provide more interesting learning and make students feel included in the process. Because students must have broad or free connections, inquiry learning is very important for them. Through this learning method, they will gain good and practical ideas, develop group cohesion, and form friendships with other people from different social groups. The method used is a qualitative procedure which includes descriptive and analytical data collection. The results of this research are that this inquiry-based learning approach can encourage children to think more critically. The novelty of this research is that students can think independently and take full advantage of their cognitive abilities by using inquiry learning techniques. Therefore, the inquiry learning approach is very beneficial for students because it gives them the opportunity to debate and develop problem solving skills.

 

Keywords:  Inquiry Learning, akidah akhlak

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran akidah akhlak. Pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri ini berfokus pada memberikan kebebasan kepada siswa untuk berpikir kritis, dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menemukan informasi sendiri dan menyelesaikan permasalahannya sendiri untuk memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan membuat siswa merasa diikutsertakan dalam proses tersebut. Karena siswa harus mempunyai ikatan yang luas atau bebas, maka pembelajaran inkuiri sangat penting bagi mereka. Melalui metode pembelajaran ini, mereka akan memperoleh ide-ide yang baik dan praktis, mengembangkan kohesi kelompok, dan menjalin persahabatan dengan orang lain dari kelompok sosial yang berbeda. Metode yang digunakan adalah prosedur kualitatif yang meliputi pengumpulan data deskriptif dan analitis. Hasil dari penelitian ini yaitu pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri ini dapat mendorong anak untuk berpikir lebih kritis. Kebaruan dari penelitian ini yaitu bahwa siswa dapat berpikir mandiri dan memanfaatkan sepenuhnya kemampuan kognitifnya dengan menggunakan teknik pembelajaran inkuiri. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran inkuiri sangat bermanfaat bagi siswa karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk berdebat dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, akidah akhlak

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Jacobden, Paul Enggen dan Donald Kauchak, ‘Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa’, Pendidikan, 2009

Al-Tabani, Trianto Ibnu Badar, ‘Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual’, Penelitian, 2015

Deni Siregar, Dukha Yunitasari, ‘Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Kelas V MI NW Kelayu Jorong’, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vo.13, No. (2018)

Dini, Lestari, ‘Pendekatan Inquiry Based Learning’, Pendidikan, 2013

Herlina, ‘Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Fikih’, Pendidikan, 2019

Majid, Abdul, ‘Strategi Pembelajaran’, Pendidikan, 2013

Margono, ‘Metodologi Penelitian Pendidikan’, Pendidikan, 2010

Muhammad, Alim, ‘Pendidikan Agama Islam’, Pendidikan, 2011

Mulyani, Lili, ‘Analisis Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inquiry & Discovery Di TK Islam Semesta Khatulistiwa Pontian’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.5, No. (2016)

Mulyaningsih, ‘Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan’, Pendidikan, 2012

Oemar, Hamalik, ‘Proses Belajar Mengajar’, Pendidikan, 2011

Panenn, Paulina, ‘Pembelajaran Orang Dewasa’, Pendidikan, 2005

Risqiyanto hasan Hamdani, Syaiful Islam, ‘Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran’, Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7, No (2019)

Riyanto, Yatim, ‘Paradigma Baru Pembelajaran’, Pendidikan, 2012

Rusman, Dkk, ‘Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi’, Pendidikan, 2011

Sagala, Syaiful, ‘Konsep Dan Makna Pembelajaran’, Pendidikan, 2010

Sani, Ridwan Abdullah, ‘Inovasi Pembelajaran’, Pendidikan, 2013

Scholaria, ‘Pembelajaran Inkuiri’, Pendidikan, 2016

Setiasih, Shanty Della, Dkk, ‘Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 2016

Sitiatava, Putra R, ‘Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains’, Pendidikan, 2013

Sugiono, ‘Metode Penelitian Pendidikan’, Pendidikan, 2010

Wina, Sanjaya, ‘Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan’, Pendidikan, 2009


Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. (2023). Ta’Limuna, 12(2), 118-127. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1691

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.