PENGAJARAN MENGGUNAKAN METODE KAISA DALAM MENGHAFAL AL QURAN PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.186Keywords:
metode kaisa, menghafal al-QuranAbstract
Metode kaisa adalah cara menghafal al-Quran yang berorientasi pada hafalan dan pemahaman ayat al-Quran beserta artinya melalui gerakan atau kinestetik yang disesuaikan dengan arti setiap ayat sehingga memberikan kemudahan santri untuk memahami dan mengingat setiap ayat al-Quran yang diberikan. Tahapan metode kaisa : Guru memberi salam, menyiapkan atau memberi aba-aba kepada santri persiapan proses belajar mengajar, presensi kehadiran santri, membaca basmalah dan doa sebelum belajar, Murojaah atau mengulang hafalan, tambahan hafalan dengan membaca ayat perkata dengan gerakan/kinestetik, menjelaskan hukum tajwid serta maknanya/tafsirnya, santri melafalkan ayat secara berulang-ulang sampai ayat tersebut dihafal, satu per satu santri melafalkan ayat sesuai hukum tajwidnya dan menerjemahkan per kata, guru menyimak hafalan ayat yang dihafalkan oleh masing-masing santri, guru membenarkan jika ada kesalahan dengan hukum tajwid serta artinya, setelah ayat pertama dihafal, guru membimbing santri untuk lanjut ke ayat berikutnya dengan perlakuan yang sama, merefleksi pembelajaran dengan memberi game sambung ayat (yaitu hafalan surat-surat secara berkesin- ambungan), penutup pembelajaran dengan doa senandung al-Quran dan doa kafaratul majelis secara berjamaah.
Downloads
References
Bersama Islam, Lima bersaudara Ini Hafal Quran dengan Metode Unik, (online), Tersedia: www.bersamaislam.com/2016/04/lima-bersaudara-ini-hafal-quran dengan.html?m=1, html (28 Juni 2018)
Pengertian Metode, (online), Tersedia : https://kbbi.kemdikbud.go.id/ entri/metode html (4 Juli 2018)
Teori Tahap Perkembangan Anak Piaget, (online), Tersedia https://satujam.com/teori-tahap-perkembangan-anak-piaget/. Html (10 Juli 2018)
Metode Kaisa, (online), Tersedia: http://digilib.iainkendari.ac.id/786/3/ BAB%20II.pdf
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Wildan Kamalludin, Ganjar Muhammad Ganeswara, Fahrudin -, INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- Mutasim Billah, PENDEKATAN BAHASA DALAM TEORI BATAS MUHAMMAD SYAHRUR , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
- Sumarji Sumarji, Rahmatullah Rahmatullah, UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang) , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 1 (2018): edisi MARET
- Abdul Gafur, PEMIKIRAN ABDULLLAH SAEED TENTANG ISLAM PROGRESIF , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 2 (2020): edisi SEPTEMBER
- M. Ibnu Ahmad, Pola Adaptasi Mahasiswa Baru Dalam Meraih Prestasi Akademik (Studi Kasus Adaptasi Mahasiswa China di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Damanhuri Damanhuri, HADIS AL-FITRAH DALAM PENELITIAN SIMULTAN , Ta'Limuna: Vol. 3 No. 2 (2014): edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.