PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v6i1.191Keywords:
Pesantren, Lembaga pendidikan, Kehidupan sosialAbstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia, sejak sebelum masa penjajahan pesantren sudah menjadi lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Pesantren memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, pesantren ikut andil dalam kemerdekaan, mengusir penjajah. Pesantren juga berperan dalam pembangunan Negara Indonesia, terutama dalam bidang non fisik yaitu pendidikan. Pesantren membangun mental bangsa Indonesia untuk selalu berpegang teguh menjaga warisan bangsa, budaya dan karakter bangsa Indonesia. Tidak sedikit kearifan budaya lokal, dan kearifan sosial yang ada di Indonesia sudah selaras dengan ajaran-ajaran Islam. Sikap saling menghormati, menghargai, dan memahami antar sesama, rendah, diri, dan hidup sederhana, sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia, yang semua itu selalu ditekankan dan diajarkan di pesantren. Semua tradisi sosial pesantren adalah bentuk gambaran masyarakat Indonesia, sehingga struktur sosial antara masyarakat pesantren, dan masyarakat umum diluar pesantren tidak jauh berbeda.
Downloads
References
Geertz, Clifford, Abangan, Santri, dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka, 1981.
Haroen, Nasrun, Fiqh Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.
Masjfuk Zuhdi, Studi Islam jilid III: Muamalah, Jakarta : Rajawali, 1988.
http://republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/12/11/21/mdtwqu-islam-dan-perilaku-sosial
http://saintry21.blogspot.co.id/2013/04/hubungan-sosial-di-lingkungan-pondok.html
Ibrahim, Ahmad. 1989. Bek, al-Mu’amalah asy-Syar’iyah al-Maliyah (Kairo: Dar al-Intishar, t. th). Minhajuddin, 1993. Fiqh tentang Muamalah Masa Kini. Ujungpandang: Fakultas Syariah IAIN Alaudddin.
M. Danusiri, http://danusiri.dosen.unimus.ac.id/materi kuliah/keperawatan /islam-sebagai-agama-sosial/
Munawwir, Ahmad Warson. 1973. Kamus Arab- Indonesia (Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997). Louis Ma’luf, al-Munjid fi al-Lughat (Cet. XXI; Dar al-Masyruq, Beirut).
PESANTREN: SANTRI, KIAI, DAN TRADISI Ahmad Muhakamurrohman Al-Azhar Kairo, Mesir Madinat Nasr, Cairo, The Arab Republic of Egypt.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wijoyo, Kunto, Paradigma Islam; Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1993.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Moh. Mansur Fauzi, HADIS TARBAWI PERSPEKTIF TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Hasyim Muzadi, MEMBANGUN UNIVERSITAS BERBASIS PONDOK PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2013): MARET
- Junaidi Marbun, Mohamad Tabri , Muhamad Azmy, Zulka Efendi, Dedek Saputra, Ruri Albersa, Roganda, Muhammad Al Fathoni , Ahmad Faiz, Rozi Fitria, Analisis Kompetensi Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SDI Kreatif Makkah Kota Padang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Wildan Kamalludin, Ganjar Muhammad Ganeswara, Fahrudin -, INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Dinda Putri Somantri, Oyoh Bariah, M. Makbul, Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Rohis terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Muchammad Farkhan Nudin, Abu Amar Bustomi, Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Achmad Roziqin, Rosidin, Internalisasi Nilai-Nilai Religius melalui Ektrakurikuler Pramuka di MTs dan MA Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Afifurrahman Afifurrahman, Rofayatun Rofayatun, PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGOO , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Winda Sri Rahayu, Rizqi Maulana, Novi Fadhilah Sopian, M. Makbul, Nur Aini Farida, Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Wudhu Siswa Kelas 2C di SDN Duren 3 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM TEORI BELAJAR BEHAVIORISME , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Siti Mutholingah, Muh. Rodhi Zamzami, RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PERKEMBANGAN BIOPSIKOSOSIOSPIRITUAL PESERTA DIDIK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2015): SEPTEMBER
- Samsudin Samsudin, Muh. Rodhi Zamzami, KONSELING ISLAMI DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN NGAWI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.