PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v6i1.191

Authors

Keywords:

Pesantren, Lembaga pendidikan, Kehidupan sosial

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia, sejak sebelum masa penjajahan pesantren sudah menjadi lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. Pesantren memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, pesantren ikut andil dalam kemerdekaan, mengusir penjajah. Pesantren juga berperan dalam pembangunan Negara Indonesia, terutama dalam bidang non fisik yaitu pendidikan. Pesantren membangun mental bangsa Indonesia untuk selalu berpegang teguh menjaga warisan bangsa, budaya dan karakter bangsa Indonesia. Tidak sedikit kearifan budaya lokal, dan kearifan sosial yang ada di Indonesia sudah selaras dengan ajaran-ajaran Islam. Sikap saling menghormati, menghargai, dan memahami antar sesama, rendah, diri, dan hidup sederhana, sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia, yang semua itu selalu ditekankan dan diajarkan di pesantren. Semua tradisi sosial pesantren adalah bentuk gambaran masyarakat Indonesia, sehingga struktur sosial antara masyarakat pesantren, dan masyarakat umum diluar pesantren tidak jauh berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Geertz, Clifford, Abangan, Santri, dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka, 1981.

Haroen, Nasrun, Fiqh Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2007.

Masjfuk Zuhdi, Studi Islam jilid III: Muamalah, Jakarta : Rajawali, 1988.

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-RAHAYU_GININTASASI/INTERAKSI_SOSIAL.pdf

http://republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/12/11/21/mdtwqu-islam-dan-perilaku-sosial

http://saintry21.blogspot.co.id/2013/04/hubungan-sosial-di-lingkungan-pondok.html

https://kajiantafsirsyiah.wordpress.com/2015/07/25/tafsir-surat-al-hujurat-10-kenapa-allah-menciptakan-manusia-berbeda-beda-dan-apa-kemuliaan-yang-sebenarnya-menurut-al-quran/

https://kbbi.web.id/pesantren

https://pondpestalhidayah.wordpress.com/2011/06/10/peran-pesantren-terhadap-perubahan-sosial-masyarakat/

Ibrahim, Ahmad. 1989. Bek, al-Mu’amalah asy-Syar’iyah al-Maliyah (Kairo: Dar al-Intishar, t. th). Minhajuddin, 1993. Fiqh tentang Muamalah Masa Kini. Ujungpandang: Fakultas Syariah IAIN Alaudddin.

M. Danusiri, http://danusiri.dosen.unimus.ac.id/materi kuliah/keperawatan /islam-sebagai-agama-sosial/

Munawwir, Ahmad Warson. 1973. Kamus Arab- Indonesia (Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997). Louis Ma’luf, al-Munjid fi al-Lughat (Cet. XXI; Dar al-Masyruq, Beirut).

PESANTREN: SANTRI, KIAI, DAN TRADISI Ahmad Muhakamurrohman Al-Azhar Kairo, Mesir Madinat Nasr, Cairo, The Arab Republic of Egypt.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wijoyo, Kunto, Paradigma Islam; Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan, 1993.

Downloads

Published

2018-10-27

Issue

Section

Articles

How to Cite

PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI. (2018). Ta’Limuna, 6(1), 21-32. https://doi.org/10.32478/talimuna.v6i1.191

Similar Articles

1-10 of 78

You may also start an advanced similarity search for this article.