Pengembangan Media Flipbook Animation Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.989Keywords:
Learning Media, Flipbook Animation, Character BuildingAbstract
Pada abad 21, penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi masih belum diterapkan di sekolah dasar khususnya dalam mengimplementasikan materi Pendidikan Karakter di kelas V SDN Sindangraja. inilah yang perlunya suatu pengembangan desain media pembelajaran berbasis teknologi, misalnya seperti aplikasi Flipbook Animation. Penelitian ini menggunakan model D&D (Desain dan Pengembangan), dengan berbagai prosedur penelitian ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Validasi pengembangan media Flipbook Animation diujicobakan pada siswa kelas V SD Negeri Sindangraja dengan tujuan mengetahui respons penggunaan aplikasi yang dibuat oleh peneliti. Hasil penilaian kegiatan uji coba untuk siswa kelas V SD, mendapat kategori “Sangat Menarik”.
Pada abad 21, pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi masih kurang diterapkan di sekolah dasar, terutama dalam menerapkan materi Pendidikan Karakter di kelas V SDN Sindangraja. Hal tersebut menjadi dasar perlunya sebuah pengembangan desain terhadap media pembelajaran berbasis teknologi, contonya seperti aplikasi Flipbook Animation. Penelitian ini menggunakan model D&D (Design and Development), dengan berbagai prosedur penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi dari pengembangan media Flipbook Animation ini, diuji cobakan kepada siswa kelas V SD Negeri Sindangraja dengan tujuan untuk mengetahui respons penggunaan aplikasi yang dibuat oleh peneliti.Hasil penilaian dari kegiatan uji coba kepada siswa kelas V SD tersebut, mendapat kategori nilai "Sangat Baik".
Downloads
References
Amanullah, MA (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44. doi: 10.24269/dpp.v0i0.2300.
Fauzan, R., Yawati, J., & Ribawati, E. (2019). Pengembangan Media Flash Flipbook Digital Dalam Pembelajaran Sejarah SMA Materi Sejarah Lokal Geger Cilegon 1888 Di SMA Negeri 1 Ciruas. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(2).
Gusman, F., Apriliya, S., & Mulyadi Prana, A. (2021). Bahan Ajar Digital Menulis Puisi Berbasis Flipbook Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 70-81. https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Ijpe/Article/View/35570 .
Kaniawati, M., & Abidin, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book dalam Pengenalan Huruf Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Pengembangan Media AR. Jurnal Multiliterasi, 1(2), 77-87.
Khumaidah, S., & Nu'man, M. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi COVID-19. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 90-101.
Nasution, MK, & Abadi, AM (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak. Jurnal Tunas Bangsa, 1(1), 30-54.
Nuryani, L., & Abadi, IGS (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247-254.
Opidianto, M., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2021). Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 304-311. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/39143
Putri, F. T., Muliadi, M., & Sudarto, S. Analisis Problematika Guru Penjaskes Dalam Memodifikasi Media Pembelajaran PJOK SD Gugus I Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 9-21.
Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020, November). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan Di Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama (Vol. 4, No. 1, Pp. 523-530).
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332. https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Jpf/Article/Download/6213/4610
Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dalam Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, Hal. 115-124). Http://Pasca.Um.Ac.Id/Conferences/Index.Php/Snbk/Article/View/213/200
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Subur Wijaya, PERAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Malang) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Uuh Buchori, Ilzamudin Ma'mur, Ali Muhtarom, PERAN PENTING KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PROSES PENGEMBANGAN MADRASAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2024): Evaluasi-Edisi Maret
- Sitti Nuraini, THE EFFECTIVENESS OF SCHOOL PRINCIPAL LEADERSHIP IN ENHANCING TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE AT SMK MIFTAHUL ULUM TUMPENG WONOSARI, BONDOWOSO , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2024): Evaluasi-Edisi September
- DWITRI STEPANILI, EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF ISLAM (ANALISIS TAFSIR Q.S QAFF AYAT 17-18) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- Muhammad Husni, ANALISIS KEGIATAN MUSYAWARAH MELALUI PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI JUAL BELI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD ‘ALY PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2023): EVALUASI- Edisi September
- Hasan Baharun, Miftahul Huda, Silvy Qotrun Nada, LEADERSHIP LEARNING FOR STUDENTS THROUGH STRENGTHENING ORGANIZATIONAL EMPOWERMENT IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret
- Rizki Febriani, Tri Wahyu Oktavendi, THE ROLE OF ISLAMIC MOTIVATION IN MEDIATING EFFECT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION TO ENTREPRENEURSHIP INTENTIONS DURING THE COVID 19 PANDEMIC , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Yuli Salis Hijriyani, Fenty Andriani, Rosidin Rosidin, THE ROLE OF SHADOW TEACHER IN LEARNING MANAGEMENT OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN PAUD TERPADU INKLUSI BINA INSAN KREATIF TASIKMALAYA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Aisya Rahma Fadhilla, Suyadi Suyadi, EVALUASI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN MELALUI METODE SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN REJODANI SLEMAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Ainur Rahman, Sedya Santosa, Nora Saiva Jannana, PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING DI PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.