Pengembangan Media Flipbook Animation Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kelas V Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.989

Authors

  • Maudy Putri Alamanda Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Novita Putri Amelia Ramdani Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Suci Nur Indah Utami Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia -  Indonesia

Keywords:

Learning Media, Flipbook Animation, Character Building

Abstract

Pada abad 21, penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi masih belum diterapkan di sekolah dasar khususnya dalam mengimplementasikan materi Pendidikan Karakter di kelas V SDN Sindangraja. inilah yang perlunya suatu pengembangan desain media pembelajaran berbasis teknologi, misalnya seperti aplikasi Flipbook Animation. Penelitian ini menggunakan model D&D (Desain dan Pengembangan), dengan berbagai prosedur penelitian ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Validasi pengembangan media Flipbook Animation diujicobakan pada siswa kelas V SD Negeri Sindangraja dengan tujuan mengetahui respons penggunaan aplikasi yang dibuat oleh peneliti. Hasil penilaian kegiatan uji coba untuk siswa kelas V SD, mendapat kategori “Sangat Menarik”.

 

Pada abad 21, pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi masih kurang diterapkan di sekolah dasar, terutama dalam menerapkan materi Pendidikan Karakter di kelas V SDN Sindangraja. Hal tersebut menjadi dasar perlunya sebuah pengembangan desain terhadap media pembelajaran berbasis teknologi, contonya seperti aplikasi Flipbook Animation. Penelitian ini menggunakan model D&D (Design and Development), dengan berbagai prosedur penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Validasi dari pengembangan media Flipbook Animation ini, diuji cobakan kepada siswa kelas V SD Negeri Sindangraja dengan tujuan untuk mengetahui respons penggunaan aplikasi yang dibuat oleh peneliti.Hasil penilaian dari kegiatan uji coba kepada siswa kelas V SD tersebut, mendapat kategori nilai "Sangat Baik".

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Maudy Putri Alamanda, Universitas Pendidikan Indonesia
    S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Novita Putri Amelia Ramdani, Universitas Pendidikan Indonesia
    S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Suci Nur Indah Utami, Universitas Pendidikan Indonesia
    S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Ani Nur Aeni, Universitas Pendidikan Indonesia
    Dosen S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

References

Amanullah, MA (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44. doi: 10.24269/dpp.v0i0.2300.

Fauzan, R., Yawati, J., & Ribawati, E. (2019). Pengembangan Media Flash Flipbook Digital Dalam Pembelajaran Sejarah SMA Materi Sejarah Lokal Geger Cilegon 1888 Di SMA Negeri 1 Ciruas. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(2).

Gusman, F., Apriliya, S., & Mulyadi Prana, A. (2021). Bahan Ajar Digital Menulis Puisi Berbasis Flipbook Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 70-81. https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Ijpe/Article/View/35570 .

Kaniawati, M., & Abidin, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book dalam Pengenalan Huruf Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Pengembangan Media AR. Jurnal Multiliterasi, 1(2), 77-87.

Khumaidah, S., & Nu'man, M. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Pai Pada Masa Pandemi COVID-19. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 90-101.

Nasution, MK, & Abadi, AM (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Akidah Akhlak. Jurnal Tunas Bangsa, 1(1), 30-54.

Nuryani, L., & Abadi, IGS (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247-254.

Opidianto, M., Untari, M. F. A., & Listyarini, I. (2021). Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 304-311. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/39143

Putri, F. T., Muliadi, M., & Sudarto, S. Analisis Problematika Guru Penjaskes Dalam Memodifikasi Media Pembelajaran PJOK SD Gugus I Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 9-21.

Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020, November). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan Di Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama (Vol. 4, No. 1, Pp. 523-530).

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332. https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Jpf/Article/Download/6213/4610

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dalam Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, Hal. 115-124). Http://Pasca.Um.Ac.Id/Conferences/Index.Php/Snbk/Article/View/213/200

Downloads

Published

2023-04-02

Issue

Section

Original Research Article

How to Cite

Pengembangan Media Flipbook Animation Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (2023). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 34-47. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.989

Similar Articles

21-30 of 33

You may also start an advanced similarity search for this article.