MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI DISIPLIN ILMU
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.74Keywords:
Manajemen Pendidikan Islam, disiplin ilmuAbstract
Suatu lembaga pendidikan pastilah memerlukan yang namanya manajemen. Dikatakan demikian karena dengan manajemen mencakup pengaturan secara luas, baik dari segi sumber daya manusia sekolah maupun hal hal yang terkait lembaga itu tersendiri. Contoh saja dalam hal siswa, perlu yang namanya manajemen kesiswaan, karena dengan manajemen kesiswaan, Siswa diatur atau didesain bagaimana siswa itu menguasai mata pelajaran dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang baik pula. Oleh karenanya manajemen pendidikan merupakan bagian dari khazanah keilmuan. Dikatakan demikian karena dari kata ilmu itu sendiri apabila kita kaji dan telaah, maka sangatlah luas isi cakupannya, bisa dalam hal pendidikan atau hal - hal lain.
Dari uraian tersebut bisa dipahami bahwasanya dalam bidang pendidikan terutama pendidikan Islam perlu yang namanya suatu ilmu yang dinamakan manajemen. Dikatakan demikian karena dengan manajemen, pendidikan Islam itu di kelola dengan baik sehingga menghasilkan apa yang diharapkan. Oleh karena itu dari sini perlu dikaji secara mendalam agar lebih memahamkan yang dikehendaki manajemen pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Nur Ubuyati, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet:2 2001
Arifin, M. Ilmu pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2003
Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006
Masruri, Hadi dan Imron Rossidy, Filsafat sains dalam Al-Qur’an. Malang: UIN Press, 2007
Mulyono, Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Jakarta"Ar-Ruzz, 2009.
Qomar, Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam, Malang : Erlangga, 2007
Sidhaharto, B. Arief, Apakah filsafat dan filsafat Ilmu itu? Bandung; Pustaka Sutra, 2008
Surajiyo, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar Jakarta: PT Bumi Aksara, 2005
Surajiyo, Filsafat Ilmu dan perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2010
TIM Dosen Filsafat ilmu UGM, Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2003
Wiramihardja, Sutardjo A. Pengantar Filsafat Bandung; PT Refika Aditama, 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Isroqunnajah Isroqunnajah, Alfin Mustikawan, Zainur Rofiq, ANALISIS SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN UIN MALANG MENUJU GREEN CAMPUS: PERSPEKTIF EMS ISO 14001 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Ebi Nabilah, Mohamad Erihadiana, TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Walid Fajar Antariksa, Abdul Fattah, Mutiara Arlisyah Putri Utami, EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PESANTREN MAHASISWA MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Dicky Artanto, Zainal Arifin, Diningrum Citraningsih, STRATEGI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KRISIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Ade Riska Nur Astari, Ali Akbar Jono, STUDI ANALISIS PENERAPAN KONSEP KEPEMIMPINAN PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) DI KOTA BENGKULU , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Husnani Husnani, Sunarti Sunarti, IMPLEMENTASI KONTRAK BELAJAR DIDALAM PERKULIAHAN MENJADI PENDIDIKAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Slamet Slamet, PENGALAMAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI PERGURUAN KEAGAMAAN ISLAM NEGERI: DAMPAK PANDEMI COVID-19 , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Mufarrihul Hazin, Nur Wedia Devi Rahmawati, KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Firdaus Ainul Yaqin, Umi Sumbullah, Ainur Rofiq, MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DITINJAU TAFSIR DAN HADITS TEMATIK , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Suwandi Suwandi, Khoirul Umam, The Role of Leadership in Forming Organizational Culture in Islamic Education Institutions , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
- Zaedun Na'im, KONSEP DASAR DAN TATA KELOLA MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2018): EVALUASI-edisi SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MODEL PENDEKATAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Zaedun Na'im, Relevansi Teknologi Pendidikan dan Mutu Pendidikan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.