Otoritas Kepemimpinan Karismatik Tuan Guru dalam Membentuk Budaya Religius
DOI:
https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.754Keywords:
KepemimpinanAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang otoritas karismatik TGH Syahri Ramadhan dalam membentuk budaya religius di pondok pesantren Darul Musthofa Nahdlatul Wathan Lombok Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) observasi rangkaian kegiatan santri di pondok pesantren untuk mengamati budaya religius sehari-hari dan (2) wawancara mendalam kepada para asatidz, tokoh masyarakat dan ketua yayasan untuk menggali otoritas kepemimpinan karismatik TGH Syahri Ramadhan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, sumber otoritas karismatik TGH Syahri Ramadhan adalah kewibawaan dan karomah yang lahir dari amalan wirid serta didukung dengan tradisi pendidikan Islam Nahdlatun Wathann (NW) yang memiliki jargon“sami’na wa atho’na” artinya “kami mendengar dan kami taat” yang tertanam pada seluruh warga pondok pesantren. Kedua, strategi kepemimpinan karismatik TGH Syahri Ramadhan dalam membetuk budaya religius melalui: (1) penanaman ideologi Ahlusunnah Waljamaah (Aswaja) bermazab Imam asy-Syafi’I, (2) pembiasaan budaya religius seperti: (a) kegiatan rutin harian, (b) mewajibkan seluruh kegiatan keagamaan, (c) menciptakan lingkungan religius, (d) melibatkan seluruh warga sekolah. (3) tatanan simbol dalam bentuk atribut dan aktivifitas seni.
Kata kunci: Otoritas Kepemimpinan, Karismatik, Tuan Guru, Budaya religius.
Downloads
References
Alfian, M. A. (2009). Menjadi Pemimpin Politik: Perbincangan Kepemimpinan dan Kekuasaan (Cet. 2). Gramedia Pustaka Utama.
Arifin, Z. (2017). Authority of Spiritual Leadership at Pesantren Temboro Based on Jamaah Tabligh Ideology. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 265–292. https://doi.org/10.14421/jpi.2017.62.265-292
Chotimah, C., & Fathurrahman, M. (2014). Komplemen Manajemen Pendidikan Islam; Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Teras.
Creswell, J. W., Lazuardi, A. L., & Qudsy, S. Z. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan (Ed. 3). Pustaka Pelajar.
Danim, S. (2010). Kepemimpinan pendidikan: Kepemimpinan jenius (IQ + EQ), etika, perilaku motivasional dan mitos. Alfabeta.
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kiai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia (9th ed.). LP3ES.
Fahrurrozi. (2010). Tuan Guru Dalam Idealitas Normatif Dengan Relialitas Sosial Pada Masyarakat Lombok. Jurnal Penelitian Keislaman, 7(1), 16.
Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2020). Tasawuf Pesantren: Jalan Menuju Revolusi Spiritual. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 53–64. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.74
Fitriani, M. I. (2016). KEPEMIMPINAN KHARISMATIS-TRANSFORMATIF TUAN GURU DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SASAK-LOMBOK MELALUI PENDIDIKAN. 16(1), 22.
Hermino, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukaba.
Karim, A. G. (2009). THE PESANTREN-BASED RULING ELITE IN SUMENEP IN THE POST-NEW ORDER INDONESIA. JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM, 3(1), 97–121. https://doi.org/10.15642/JIIS.2009.3.1.97-121
Kartono, K. (2001). Pemimpin dan kepemimpinan: Apakah pemimpin abnormal itu. Raja Grafindo Persada.
Kurdi, S. (2007). Peranan Elit Ulama di Negeri Para Mullah ( Studi Pemikiran Khoemeini Tentang Wilayatul Faqih ). Jurnal HermeneiaVol-6-No-1-2007. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8518/
Mastuhu. (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren: Suatu kajian tentang unsur dan nilai sistem pendidikan pesantren. INIS.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan aktualisasi pengembangan pendidikan Islam (Cet. 1). Rajawali Pers.
Muhtarom H. M. (2005). Reproduksi ulama di era globalisasi: Resistansi tradisional Islam (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Nasip, A., Mahyuni, M., & Nuriadi, N. (2019). Nilai Pendidikan, Sosial, Kultural, dan Spiritual dalam Wasiat Renungan Masa Karya Tgkh. Zainuddin Abdul Madjid: Tinjauan Hermeneutika. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 271–284. https://doi.org/10.30957/lingua.v16i2.607
Nizar, S. (2013). Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Kencana.
Nugroho, I. (2016). Kepemimpinan perpaduan iman, ilmu & akhlak (Cet. 1). Pustaka Pelajar.
Putrawan, A. D. (2014). DEKARISMATISASI TUAN GURU DI PULAU LOMBOK NUSA TENGGARA BARAT. In Right; Jurnal Agama dan Hak Asasi Manusia, 5(2), 50.
Raharjo, D. (1995). Pesantren dan Pembaharuan (Cet. 5). LP3ES.
Ramayulis, R., & Mulyadi, M. (2017). Manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam (Cet. 1). Kalam Mulia.
Robertson, R. (1993). Agama :dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis (E. 1, Cet. 3). Raja Grafindo Persada.
Rohmaniyah, I., & Woodward, M. (2012). Wahhabism, Identity, and Secular Ritual: Graduation at an Indonesian High School. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 50(1), 119–145. https://doi.org/10.14421/ajis.2012.501.119-145
Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. LP3ES.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sukamto. (1999). Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren,. LP3ES.
Thohri, dkk, M. (2016). Barokah Cinta Maulana. IAIH NW Lombok Timur Press.
Thompson, H. M. (1977). Weber and Islam: A critical study by Bryan S. Turner London and Boston, Routledge & Kegan Paul, 1974. Pp. ix+212. £4.50. The Journal of Modern African Studies, 15(2), 342–343. https://doi.org/10.1017/S0022278X00054069
Turner, B. S. (1974). Weber and Islam: A critical study. Routledge & Kegan Paul.
Usman, H. (2008). Manajemen: Teori,praktik, dan riset pendidikan. Bumi Aksara.
Yulk, G. (1998). Kepemimpinan dalam Organisasi. Prenhallindo.
Ziadi, M. R. (2018). Tarekat Hizib Nahdlatul Wathan Dan Perannya Dalam Perpolitikan Di Lombok. Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 18(2), 207–239. https://doi.org/10.14421/ref.2018.1802-05
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- AGUS PURWANTO, Riza Primahendra, Ardian Sopa, Sekundina Williana Kusumaningsih, Rudy Pramono, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Tansformational, Authentic, Authoritarian, Transactional Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Tangerang , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- MIFTACHUL ULUM, Abdul Mun’im, Muslih Muslih, PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DI MADRASAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER
- 'Aabidah Ummu 'Aziizah, Suwadi Suwadi, PENGEMBANGAN KEBIJAKAN DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DALAM MENJAWAB ISU LITERASI MEMBACA , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- ja'far ja'far, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH KREATIF DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Devi Pramitha, REVITALISASI KEPEMIMPINAN KOLEKTIF-KOLEGIAL DALAM MEMBANGUN EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN (STUDI INTERAKSIONISME SIMBOLIK DI PONDOK PESANTREN JOMBANG) , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Ahmad Buchori Muslim, KONSEP KEPEMIMPINAN PERSPEKTIF TASAWUF POSITIF MODERN , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Aisyatur Rosyidah, Suyadi Suyadi, MASKULINITAS DAN FEMINITAS KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM: KAJIAN DEFERENSIASI OTAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PERSPEKTIF NEUROSAINS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret
- Noorrela Ariyunita, PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA PENDIDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL HUDA MAGUWO, SLEMAN. , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2019): EVALUASI-edisi MARET
- Muhammad Ma'ruf, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMP Islam Darul Karomah Mandaranrejo Pasuruan , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET
- Siswoyo Aris Munandar, Rinda Khoirunnisfa, KH Hasyim Asy'ari and the Teacher Code of Ethics: Thought Study KH. Hasyim Asy’ari on Ethics Education and Its Relevance to Modern Education in Indonesia , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret
- Dicky Artanto, Zainal Arifin, Diningrum Citraningsih, STRATEGI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENGELOLA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MASA KRISIS , Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret
You may also start an advanced similarity search for this article.