STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2025Keywords:
Principal Strategy, Achievement Motivation, Teacher Job SatisfactionAbstract
Abstract
Research on school principal strategies in increasing teacher achievement motivation and job satisfaction is based on the importance of strategy in creating a cooperative work environment that respects each other and has a spirit of achievement. The aim of this research is to describe school principal strategies in increasing teacher achievement motivation and job satisfaction. This research uses the library research research method with a descriptive qualitative approach. The analysis technique used is descriptive analysis. The data sources in this research are scientific articles and books related to the topic. The results of this research indicate that school principals play an important role in creating the environment that can increase achievement motivation and job satisfaction. The strategies used by school principals to increase teacher achievement motivation and job satisfaction include: First, implementation of participatory leadership involving teachers in decision making and learning planning. Second, school principals carry out regular academic supervision to provide constructive feedback to teachers. Third, school principals create a positive organizational culture in schools, where cooperation, mutual respect and a spirit of achievement are the values that are instilled. Fourth, school principals provide adequate support and facilities for teachers in conducting their duties.
Keywords: Principal Strategy; Achievement motivation; Teacher Job Satisfaction.
Abstrak
Penelitian mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru dilatarbelakangi bahwa pentingnya sebuah strategi dalam menciptakan lingkungan kerja kooperatif yang saling menghargai dan semangat berprestasi. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang strategi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru serta strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru. Penelitian ini memakai metode penelitian library research. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari artikel ilmiah dan buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja. Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru diantaranya: pertama, dengan menerapkan kepemimpinan partisipatif yang melibatkan guru dalam pengambilan keputusan dan perencanaan pembelajaran. Kedua, melakukan supervisi akademik secara teratur untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru. Ketiga, menciptakan budaya organisasi yang positif di sekolah, di mana kerjasama, saling menghargai, dan semangat berprestasi menjadi nilai-nilai yang ditanamkan. Keempat, menyediakan dukungan dan fasilitas yang memadai bagi guru dalam melaksanakan tugas.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah; Motivasi Berprestasi; Kepuasan Kerja Guru.
Downloads
References
Chotimah, Chusnul & Fathurrohman, Muhammad. 2014. Komplemen Manajemen Pendidikan Islam . Yogyakarta: Teras.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Edisi Keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Fatikah, Noor & Fildayanti. 2019. Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang . Jurnal Kajian Pendidikan Islam Indonesia. Gil. 2. No.2.
Hartawan, Aan. 2020. Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Gil. 3. No.2.
Kunto, Suharsini Ari. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT Rineka Cipta.
Lismeida, Rinra Ayu & Meilani, Rini Intansari. 2017. Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru: Sebuah Studi Terhadap Para Guru Smk Tersertifikasi Di Indonesia . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Gil. 2. No.1.
Mahananingtyas, Elsinora, dkk. 2021. Peran Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru di SD Inpres 19 Ambon. Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Gil. 9. No.1.
Mangkunegara. 2005. Manajemen Sumber Daya Perusahaan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Martoyo, Susilo. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: BPFE.
Maunah, Binti. 2017. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik . Yogyakarta: Kalimedia.
Mukhtar. 2015. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Gil. 3. Nomor 3.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nitisemito, Alex S. 1996. Manajemen Personalia . Jakarta: Ghalia Indonesia.
Siahaan, Amiruddin, dkk . 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah . Ciputat: Kelompok Quantum Teaching Pers Ciputat.
Soetopo, Hendiyat & Soeman, Wasty. 1988. Kepemimpinan & Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Solihin, Eko, dkk. 2021. Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Gil. 5. No.2.
Subroto, Suryo. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah . Jakarta: PT Rieneka Cipta.
Suranto. 2005.Komunikasi Perkantoran . Yogyakarta: Media Wacana.
Uchjana , Onong. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek . Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar . Bandung: Alfabeta.
Wijono, Sutarto. 2015. Psikologi Industri dan Organisasi: Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grup Prenadamedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Yahya Romandoni, Prim Masrokan Mutohar, Binti Maunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Idaya Andriani, Gafar Alamsyah, Eka Apriani, Jumira Warlizasusi, Asri Karolina, MODEL DUKUNGAN INSTITUSIONAL DALAM DINAMIKA MOTIVASI INTRINSIK, BIMBINGAN DOSEN, DAN KUALITAS PUBLIKASI PENELITIAN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Muhammad Lutfi Saifuddin, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SARANA PRASARANA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM DARUSSA’ADAH GUBUGKLAKAH MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Dhiaul Haq, Akhmad Said, Strategi Pembentukan Jiwa Kewirausahaan Santri Melalui Program Kopontren (studi Kasus di Pondok Pesantren Darussaadah Gubugklakah Poncokusumo Malang ) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Akhmad Fakhrur Rozi, Implementasi Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Masalah Pembelajaran Di MI Al Quran Singosari Malang , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Husnil Mubarok, PRINCIPAL LEADERSHIP (Kepemimpinan Kepala Sekolah) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2020): JUNI
- Ahmad Muammar, Zaedun Na'im, Kepemimpinan Kepala Pesantren dalam Implementasi Program Wajar Dikdas di Pondok pesantren Salafiyah (Studi Kasus di PP. Daruttaâ'lim Waddaâ'wah Malang). , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Zulfan Fadli, Muslem Ilyas, ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN ALTRUISTIK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN ACEH UTARA , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS
- Devi Sartika, Jumira Warlizasusi, Saidil Mustar, Elce Purwandari, THE INFLUENCE OF PRINCIPAL LEADERSHIP AND WORK MOTIVATION ON TEACHER PROFESSIONALISM AT MADRASAH ALIYAH ULUL ALBAB LUBUKLINGGAU , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI
- Kuni Azizah, Prim Masrokan, Binti Maunah, PERILAKU KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2022): Desember
You may also start an advanced similarity search for this article.