STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA GURU

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2025

Authors

  • Ilham Yahya Romandoni UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung -  Indonesia
  • Prim Masrokan Mutohar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung -  Indonesia
  • Binti Maunah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung -  Indonesia

Keywords:

Principal Strategy, Achievement Motivation, Teacher Job Satisfaction

Abstract

Abstract

Research on school principal strategies in increasing teacher achievement motivation and job satisfaction is based on the importance of strategy in creating a cooperative work environment that respects each other and has a spirit of achievement. The aim of this research is to describe school principal strategies in increasing teacher achievement motivation and job satisfaction. This research uses the library research research method with a descriptive qualitative approach. The analysis technique used is descriptive analysis. The data sources in this research are scientific articles and books related to the topic. The results of this research indicate that school principals play an important role in creating the environment that can increase achievement motivation and job satisfaction. The strategies used by school principals to increase teacher achievement motivation and job satisfaction include: First, implementation of participatory leadership involving teachers in decision making and learning planning. Second, school principals carry out regular academic supervision to provide constructive feedback to teachers. Third, school principals create a positive organizational culture in schools, where cooperation, mutual respect and a spirit of achievement are the values ​​that are instilled. Fourth, school principals provide adequate support and facilities for teachers in conducting their duties.

Keywords: Principal Strategy; Achievement motivation; Teacher Job Satisfaction.

 

Abstrak

Penelitian mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru dilatarbelakangi bahwa pentingnya sebuah strategi dalam menciptakan lingkungan kerja kooperatif yang saling menghargai dan semangat berprestasi. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang strategi kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru serta strategi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru. Penelitian ini memakai metode penelitian library research. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari artikel ilmiah dan buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja. Strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepuasan kerja guru diantaranya: pertama, dengan menerapkan kepemimpinan partisipatif yang melibatkan guru dalam pengambilan keputusan dan perencanaan pembelajaran. Kedua, melakukan supervisi akademik secara teratur untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada guru. Ketiga, menciptakan budaya organisasi yang positif di sekolah, di mana kerjasama, saling menghargai, dan semangat berprestasi menjadi nilai-nilai yang ditanamkan. Keempat, menyediakan dukungan dan fasilitas yang memadai bagi guru dalam melaksanakan tugas.

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah; Motivasi Berprestasi; Kepuasan Kerja Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotimah, Chusnul & Fathurrohman, Muhammad. 2014. Komplemen Manajemen Pendidikan Islam . Yogyakarta: Teras.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Edisi Keempat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Fatikah, Noor & Fildayanti. 2019. Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang . Jurnal Kajian Pendidikan Islam Indonesia. Gil. 2. No.2.

Hartawan, Aan. 2020. Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Gil. 3. No.2.

Kunto, Suharsini Ari. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lismeida, Rinra Ayu & Meilani, Rini Intansari. 2017. Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru: Sebuah Studi Terhadap Para Guru Smk Tersertifikasi Di Indonesia . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Gil. 2. No.1.

Mahananingtyas, Elsinora, dkk. 2021. Peran Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru di SD Inpres 19 Ambon. Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. Gil. 9. No.1.

Mangkunegara. 2005. Manajemen Sumber Daya Perusahaan . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Martoyo, Susilo. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: BPFE.

Maunah, Binti. 2017. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik . Yogyakarta: Kalimedia.

Mukhtar. 2015. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Gil. 3. Nomor 3.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nitisemito, Alex S. 1996. Manajemen Personalia . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siahaan, Amiruddin, dkk . 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah . Ciputat: Kelompok Quantum Teaching Pers Ciputat.

Soetopo, Hendiyat & Soeman, Wasty. 1988. Kepemimpinan & Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Solihin, Eko, dkk. 2021. Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Gil. 5. No.2.

Subroto, Suryo. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah . Jakarta: PT Rieneka Cipta.

Suranto. 2005.Komunikasi Perkantoran . Yogyakarta: Media Wacana.

Uchjana , Onong. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek . Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar . Bandung: Alfabeta.

Wijono, Sutarto. 2015. Psikologi Industri dan Organisasi: Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grup Prenadamedia.

Downloads

Published

2024-06-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA GURU. (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 205-218. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2025

Similar Articles

11-18 of 18

You may also start an advanced similarity search for this article.