MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Humanisasi Aqidah Melalui jalur formal)
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v1i1.128Keywords:
Pendidikan, aqidah IslamiAbstract
Tujuan Pendidikan Islam yaitu mempersiapkan manusia seutuhnya, manusia yang sempurna secara dzahir dan batinnya, memiliki ketakwaan hakiki dihadapan Allah SWT, dan mengimplementasikan ketakwaanya dalam perilaku sehari-hari. Untuk itu perlu menempatkan aqidah keimanan pada peserta didik akan eksistensi kehadiran Allah SWT. sebagai kesadaran kemanusiaan dalam kemasan ilmu pengetahuan dan praktek pengalaman. Pengalaman spiritual ketuhanan seperti di atas perlu dijadikan kerangka dasar dalam pendidikan, agar mampu menjadi benteng penghalang kejahatan sosial, perilaku anarkis, dsb. Al-quran Hadits sebagai sumber rujukan Aqidah yang selama ini dipahami hanya berkutat disekitar wilayah kalam, dan teologi tentang ke-esa-an Tuhan melalui ucapan lesan, perlu segera direkonstruksi lebih mendalam melalui penanaman kesadaran aqidah keimanan agar semakin diyakini dalam hati di kedepankan dalam amal kehidupan sehari-hari. Sehingga pengalaman yakin pada wujud dan mengadanya Allah SWT. menjadi pengalaman manusia tentang Ketuhanan yang tidak bisa direduksi oleh apapun.
Downloads
References
Muin, Thahir Abdul, Ihtisar Ilmu Tauhid, Jakarta: DANA, 1990.
Ensiklopedia Islam, Jakarta: Intermasa, cet 3, 1994.
Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003,
Tobroni, The Spiritual Leadershihp, pengefektifan organisasi noble industry melalui prinsip-prinsip spiritual etis, Malang: UMM Press, 2005.
Paul Suparno, SJ, Reformasi Pendidikan; Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
Darojad, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.
HM. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Jakarta : Al-Husna–Zikro, 1992.
Ismail SM. Nurul Huda & Abdul Kholiq, Paradigma Pendidikan Islam, Semarang : Pustaka Pelajar, 2001.
Romas, Chumaidi Syarif, Wacana Teologi Islam Kontemporer, Yogyakarta PT. Tiara Wacana, 2000.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Abdul Gafur, Siti Mutholingah, Misbahul Munir, MEMBANGUN SIKAP TOLERAN DAN DEMOKRATIS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Erlita Budiarti, RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Ali Mahmudi, Kasuwi Saiban, Mufarrihul Hazin, SOLUSI TERHADAP PROBLEMATIKA DISINTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TRI PUSAT PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Dwi Nurmalina, PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Handoko Handoko, PERKEMBANGAN POLITIK ISLAM DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Zen Amrullah, PROBLEMATIKA LITERASI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN (ISLAM) ABAD 21 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- SITI M. HALIMAH, Aninda Ika Sabhrina, NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPEMIMPINAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- MUHAMMAD FAISHAL HAQ, AKULTURASI ARSITEKTUR MASJID DENGAN BUDAYA DAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS ISLAM JAWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Zen Amrullah, GERAKAN ALIGARH DI INDIA (REFLEKSI HISTORIS GERAKAN MODERNISME PENDIDIKAN SAYYID AHMAD KHAN) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Eva Sofia Sari, Wely Dozan, KONSEP PLURALISME PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.