METODE HIWAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL GHAZALI
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i1.1341Keywords:
Al Ghazali, islamic education, hiwarAbstract
Abstract: This research aims to describe and clarify clearly how the interaction of the two components of education, namely educators and students, in the form of dialogue in Islamic education from al-Ghazali's perspective. Research results state that Islamic education is very important because it is the main reference for a person's life from birth to death. According to al-Ghazali, a child's success is determined by the strength of his or her parents and teachers. The emphasis on educators' impact on students is due to this. One of his discoveries on the educational side is the concept of educational interaction in teaching activities between educators and students; this is similar to one of the well-known Islamic educational methods, namely hiwar, or dialogue. This discussion of knowledge or education must be conducted with the full understanding that the speaker's goals include both educating and guiding his or her listener toward maturity.
Keywords: Al Ghazali, islamic education, hiwar
Abstrak: Riset ini ditujukan guna menguraikan dan memaparkan secara jelas interaksi dua komponen pendidikan.yakni pendidik dan anak didik berbentuk dialog dalam edukasi islam perspektif al.Ghazali. Pengerjaan riset dilakukan melalui pencarian data jadi dari penelusuran dengan media internet. Hasil riset menyatakan edukasi Islam teramat penting karena menjadi acuan utama bagi kehidupan seseorang sejak dia lahir hingga wafat. Bagi al.Ghazali, seorang anak itu tergantung atas bagaimana daya orang tua serta pengajarnya. Dimana ini menjadi penyebab penitikberatan pengaruh pendidik atas anak didik. Satu di antara yang ada atas penemuannya di sisi pendidikan ialah konsep educational interaction dalam aktivitas pengajaran antara pendidik dan anak didik, dan ini serupa dengan satu di antara sejumlah metode edukasi Islam terkenal yakni hiwar atau dialog. Dialog berisi ilmu atau edukasi ini mesti dilakukan dengan kesadaran penuh bahwa dia bermaksud mendidik juga membimbing kawan bicaranya pada maturitas.
Keywords: Al Ghazali, edukasi Islam, hiwar
Downloads
References
Al-Amin, Muhammad N., & A.Z. (2022). Konsep Jiwa Menurut Al-Ghazali dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 1926-1933. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6456
Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 28-41. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v13i1.570
Indriyanti, T., Siregar, K. I., & Lubis, Z. (2015). Etika interaksi guru dan murid menurut perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Studi Al-Qur'an, 11(2), 129-144. https://doi.org/10.21009/jsq.011.2.03
Lubis, R. R. (2022). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 16(1), 18-33. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.86
Mukromin. (2019). Pemikiran Imam al-Ghazali Dalam Pendidikan Islam Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 33-42. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.814
Putra, A. A. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41-54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617
Qodim, H. (2022). Metode Pendidikan Akhlakul Karimah Anak Menurut Imam Al-Ghazali. Syifa al-Qulub, 6(2), 180-188. https://doi.org/10.15575/saq.16557
Rahmadi. (2017). Konsep Guru Dan Murid Menurut Ulama Abad Pertengahan (Komparasi Antara Al-Mawardi Dan Al-Ghazali). Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 14(2), 172-194. https://doi.org/10.18592/khazanah.v14i2.1561
Rudin Syafaat, Rahmi Dewanti, A. B. M., & S. R. (2022). Pendidikan Profetik dalam Kitab Arba’in Nawawiyah (Telaah Hadits Pertama, Kedua, dan Kesebelas). Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1227-1236. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.348
Suban, A. (2020). Konsep Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. Idaarah, 4(1), 87-99. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13760
Supardi, D., & Ghofar, A. (2017). Konsep Pendidikan Moral Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v1i2.1235
Suryadarma Yoke, A. H. H. (2015). Pendidikan akhlak menurut imam Al-Ghazali." At-Ta'dib, 10(2), 361-381. http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v10i2.460
Syaifudin, R. (2013). Epistemologi Pendidikan Islam dalam Kacamata Al-Ghazali dan Fazlur Rahman. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 323-346. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.323-346
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- SITI M. HALIMAH, Aninda Ika Sabhrina, NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPEMIMPINAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- MUHAMMAD FAISHAL HAQ, AKULTURASI ARSITEKTUR MASJID DENGAN BUDAYA DAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS ISLAM JAWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Zen Amrullah, GERAKAN ALIGARH DI INDIA (REFLEKSI HISTORIS GERAKAN MODERNISME PENDIDIKAN SAYYID AHMAD KHAN) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Eva Sofia Sari, Wely Dozan, KONSEP PLURALISME PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Abdul Kholid Achmad, DOSEN SEBAGAI DRIVING FORCE INTERNALISASI NILAI-NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- M MA'RUF, KONSEP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF SYED NAQUIB AL-ATTAS , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Siti Faridah, Darussalam Darussallam, MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG NON AKADEMIK (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 1 SAMPANG) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Ali Rif'an, NILAI MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PESANTREN KULON BANON - KAJEN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Mutasim Billah, PENDEKATAN BAHASA DALAM TEORI BATAS MUHAMMAD SYAHRUR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.