TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan
DOI:

Keywords:
Model Pendidikan, Kepemimpinan, SejarahAbstract
Secara epistemologis model pendidikan di Indonesia di bangun melalui tahapan setapak demi setapak. Model pendidikan paling awal diperkenalkan di Indonesia adalah model per-cantrik-an, model ini menempatkan pendidik (resi, master, ustadz) sebagai guru sekaligus pemimpin spiritual secara individu. Kedua, model pendidikan dalam bentuk padhepokan atau biara, model ini mendapat inspirasi model guru-kula dari India, dalam model ini kepemimpinan pendidikan mulai bersifat kelembagaan. Ketiga, model pendidikan pesantren, model ini mendapat inspirasi model persaudaraan Sufi, Kuttab, Ribat, dan Hankah yang dikombinasi dengan model pendidikan guru-kula yang diberi corak ke-Islam-an, pendidikan tidak hanya bersifat profan, melainkan juga sakral. Keempat, model persekolahan (schooling system), model ini dibawa ke Indonesia oleh kolonialis Belanda, model ini mengacu pada desakralisasi peran pimpinan lembaga pendidikan. Kelima, model madrasah, model ini merupakan kombinasi antara model sekolah umum dengan model pesantren, jadi pelajarannya adalah materi umum yang bermuatan nilai-nilai agama Islam.
Downloads
References
Goldziher, Ignas, What is Meant by Jahiliyyah, Chicago : al-Dine, 1966.
Kahalla, Umar, A’lam al-Nisa’ fii A’lamay al-Araby wa al-Islam, Bairut : Al-Muassasah al-Risalah, 1902.
Mernisi, Fatimah, The Forgotten queens of Islam. Bloominton : Polity Press and Blackueell Plubiser, 1993.
Rasyad, Iswadi, Medieval History of India, Delhi : TP, 1908.
Tayfur, Imam Ibnu Thahir, Balaghat al-Nisa’ , Bairut : Daar al Nahdhah al-Hadis, 1972.
Al-Thabari, 1979, Tarikh al-Umam wa al-Mulk, Bairut : Daar al-Fikr, 1979.
Zarkaly, A’lam.,1958, Syiar al-A’lam al-Nubala’ , Kairo : Daar al-Ma’arif, 1958.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Abdul Gafur, Siti Mutholingah, Misbahul Munir, MEMBANGUN SIKAP TOLERAN DAN DEMOKRATIS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Erlita Budiarti, RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Ali Mahmudi, Kasuwi Saiban, Mufarrihul Hazin, SOLUSI TERHADAP PROBLEMATIKA DISINTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TRI PUSAT PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Dwi Nurmalina, PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- MUHAMMAD FAISHAL HAQ, AKULTURASI ARSITEKTUR MASJID DENGAN BUDAYA DAN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS ISLAM JAWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Zen Amrullah, GERAKAN ALIGARH DI INDIA (REFLEKSI HISTORIS GERAKAN MODERNISME PENDIDIKAN SAYYID AHMAD KHAN) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Eva Sofia Sari, Wely Dozan, KONSEP PLURALISME PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ABDURRAHMAN WAHID (GUS DUR) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Muzammil Muzammil, “PENDIDIKAN UNTUK SEMUA” DALAM KAJIAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Helifsia Riany, Muslimah Muslimah, Yuliani Khalfiah, DAMPAK KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
- Imam Alfafan, Moh. Nadhif, PENATARAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS MUATAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.