INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA
DOI:

Keywords:
Integrasi, Pendidikan IslamAbstract
Wacana Integrasi di Indonesia sudah lama digaungkan sebagaimana yang tertuang dalam UUSPN Nomor 20 Tahun 2003 pasal 30 yang mewajibkan penyelenggaraan pendidikan Agama pada semua strata pendidikan sebagai bentuk kesadaran bersama untuk mencapai kualitas hidup yang utuh. Pelaksanaan pendidikan memiliki dua misi utama yaitu pembinaan daya intelektual dan pembinaan daya moral, Mensinergikan sains dan Islam (Agama) merupakan sesuatu yang sangat penting, bahkan keharusan, karena dengan mengabaikan nilai-nilai Agama dalam perkembangan sains dan tekhnologi akan melahirkan dampak negatif yang luar biasa. Dampak negatif dari kecendurungan mengabaikan nilai-nilai (moral Agama) bisa kita lihat secara emperik pada perilaku korup dan lain sebagaianya yang dilakukan oleh manusia dimuka bumi ini dengan munggunakan kekuatan sains dan tekhnolog. Fokus Pembahasan: Apa Pengertian Integrasi Pendidikan dan Bagaimana Implikasinya terhadap lembaga Pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Barbour, Ian. G., Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama, Terj. E.R. Muhammad, Bandung; Mizan, 2004.
Barizi, Ahmad, http://blog.uin-malang.ac.id diakses tanggal 13 desember 2017.
Barizi, Ahmad, Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Haidar, Mengenai ordonansi guru Baca juga Nurhayati Jamas, Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan, Jakarta : Rajawali Pers, 2008.
http://www.anekamakalah.com/2012/12/integrasi-pendidikan-agama-dan-umum.html Diakses Tanggal 15 Desember 2017.
Karni, Asrori s., Etos Studi Kaum Santri Wajah Baru Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 2009.
M. Dahlan Dkk, Kamus Induk Istilah Ilmiah Seri Intelektual Surabaya; Target Press, 2003.
M. Fakhrur Rozy, “Pendidikan Agama Berbasis Integrasi”, Skripsi UIN Malang, Malang: Perpustakaan Pusat UIN Malang, 2007.
Saefuddin dkk, On Islamaic Civilization Menyalakan Kembali Lentera Peradaban Islam Yang Sempat Padam, Semarang: UNISSULA Press, 2010.
Suprayogo, Imam, Pendidikan Berparadigma Al-Quran Pergulatan Membangun Tradisi dan Aksi Pendidikan Islam, Malang: UIN Press, 2004.
Wawacara dengan Uci Elly, tenaga pengajar di Man 3 Malang, tanggal 1 Juni 2013 dan informasi dari www.man3malang.com diakses tanggal 13 Maret 2017.
Tim Penyusun Buku, 2004 Memadu Sains dan Agama menuju Menuju Universitas Islam Masa Depan, Malang: Bayumedia, 2004.
Wawanara dengan Safitri Yuliana, alumni SMA Nurul Jadid tahun 2012. Diakses Tanggal 1 Maret 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Abdul Kholid Achmad, DOSEN SEBAGAI DRIVING FORCE INTERNALISASI NILAI-NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Lamuhtadun Lamuhtadun, PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEAGAMAAN ISLAM DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Hidayatul Mutmainah, Samsul Arifin, Misbahul Munir, Nilai Kesetaraan Gender dalam Perspektif Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Siti Mutholingah, A. Qomarudin, Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Mohammad Faizin, Yahya Aziz, Nurul Hanifah Putri, Azzahra Ulil Albab, METODE HIWAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL GHAZALI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Muh Rifqal Kaylafayza Rizky, Moh Faizin, Sita Rahmasari, Wahyu Adi Saputra, KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU SINA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Sigit Dwi Laksana, Lilis Sumaryanti, HUBUNGAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DENGAN KEBIASAAN POLA HIDUP SEHAT , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
- Helifsia Riany, Muslimah Muslimah, Yuliani Khalfiah, DAMPAK KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
- Imam Alfafan, Moh. Nadhif, PENATARAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS MUATAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
- Harimas Ramadhan, Deriwanto Deriwanto, Hendra Harmi, PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.