DOSEN SEBAGAI DRIVING FORCE INTERNALISASI NILAI-NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.746

Authors

Keywords:

Peranan Dosen, Driving Force, Internalisasi Nilai-Nilai AIK

Abstract

Pendidikan masih menjadi intrumen terbaik, efektif dan efisien di dunia sebagai wadah transformasi dan transmisi untuk menghasilkan manusia yang bermutu baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dosen adalah sebagai sumber daya yang paling penting demi tercapainya visi dan misi pendidikan untuk mencapai internalisasi nilai-nilai sebagai upaya membangun karakter mahasiswa khususnya di Universitas Muhammadiyah Gresik yang juga pada akhirnya berimplikasi terhadap masyarakat umum. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode dan pendekatan tersebut dipilih karena masalah yang dikaji menyangkut masalah yang sedang berlangsung dalam kehidupan kampus Universitas Muhammadiyah Gresik. Temuan dari penelitian adalah adanya optimalisasi pelaksanaan 4 kompetensi pada dosen, yakni: kompetensi professional, kompetensi kepribadian, kompetensi social dan komptensi pedagogis dalam aktualisasi diri berkehidupan dan bersosialisasi. Strategi internalisasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan adalah dengan mengoptimalkan peranan para dosen dalam proses pembentukan ekosistem nilai di lingkungan kampus serta penggunaan strategi-strategi yang didukung dengan pembelajaran yang bersifat filosofis dan sufistik dan mengejewantahkan dalam aksi nyata yakni panutan dalam berfikir dan bertindak dalam kesehariannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Mujib, Jusuf Mudzakkir. 2006. Ilmu pendidikan Islam; telaah atas kerangkan konseptual pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arifin, Syamsul. Rekontruksi Al Islam-Kemuhammadiyahan (AIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. EDUKASI Volume 13, Nomor 2, Agustus 2015

An-Nahlawi, A. (1992). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Terjemahan Shihabudin. Jakarta: Gema Insani Press

Amiruddin. Noor. Internalization of Islamic Values on Undergraduate students Throught the Baitul Arqam. DAYAH/ Jurnal of Islamic Education. Volume. X. No, 1-17.20xx

Bali MM, Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa, Humaniora, Vol. 4 No. 2. Oktober 2013,

Barahate, Y.S. 2014. Role of a Teacher in Imparting Value-Education. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSRJHSS) e-ISSN: 2279-0837, p-ISSN: 2279-0845.

Barnawi & Arifin, M. Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz. 2012.

Bashir, S. 2014. Teacher as a Role Model and Its Impact on the Life of Female Students. International Journal of Research – Granthaalayah. [Shakila et al.*, Vol.1(Iss.1):August,2014] ISSN- 2350- 0530.

Djamari, Agama dalam prespektif Sosiologi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. 1988.

Daradjat, Zakiyah. (1993). Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi Sadiah. “Peranan dosen perempuan dalam menanamkan nilai-nilai Islam untuk membina akhlak mahasiswa” Studi Deskriptif pada fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung. UIN Sunan Gunung Jati Bandung. 2015

Faridi. 2010. “Persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah al Islam dan kemuhammadiyahan (AIK): Internalisasi nilai-nilai AIK Bagi Mahasiswa”. Progrisiva Vol. 4 No 1 p. 61-70.

Iswandi, Tri dan Sari, Ayu Permata. Analisis Penerapan Nilai-Nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan. Jurnal Educatio. Volume 5 Nomor 1, April 2019.

Koyan, I Wayan. 2000. Pendidikan Moral Lintas Budaya. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdiknas

Lickona, Thomas, ‘Eleven Principles of Effective Character Education’, Journal of Moral Education, 25.1 (1996), 93–100 <https://doi.org/10.1080/0305724960250110>

Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya. 2011.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.2012.

Muhaimin, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kesetaraan Gender. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 Madura. STAIN Pamekasan.

Murdiono, Mukhamad. Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moral Religious dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Mei. 2010. Th, XXIX. Edisi Khusus Dies Natalis UNY

Manurung, Monica Mayeni, dan Rahmadi. Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. Forum Dosen Indonesia. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Vol. 1 No. 1, 2017

Naim, N. Menjadi Guru Inspiratif). Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2011.

Nihayati, Ogi Ponandi. “Internalisasi Nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammdiyahan dalam Aktifitas Belajar”. Jurnal Of Islamic and Muhammdiyah Study. February 2020. Volume 1.

Setyaningsih, R & Subiyanto. 2017. Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam dan Membentuk Kultur Religious Mahasiswa. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Vol. 12, No. 1,

Saifullah, Idris, Internalisasi Nilai dalam Pendidikan. Konsep dan Kerangka Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Darusallam Publising. Yogyakarta. 2017.

Sijal Mutakallim. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dosen agama Islam melalui Kompetensi Profesional di UNISMUH Makassar. Jurnal ASSETS. Volume 9. Nomor 1. Juni 2019.

Saswandi dan Permata Sari dengan judul”Analisis Penerapan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan” di STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh Jambi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 5 Nomor 1, April 2019..

Syahrul. 2014. Language Politeness and Character Education in Indonesian Language Learning Based on Curriculum 2013. ISBN: 978-602-17017-4-4. State University of Padang. Retrieved on April 30, 2016.

Tim Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. 2013. Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis pendidikan tinggi PP Muhammadiyah.

Wahab, Aziz. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-10-02

How to Cite

DOSEN SEBAGAI DRIVING FORCE INTERNALISASI NILAI-NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. (2021). Ta’Limuna, 10(2), 11-20. https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.746

Similar Articles

1-10 of 22

You may also start an advanced similarity search for this article.