PENATARAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS MUATAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1758Keywords:
Penatatan, Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Muatan Lokal, Pengembangan KurikulumAbstract
Abstract: This research aims to describe the value education of Multicultural Islamic Education based on local content as a curriculum development strategy. This research is a literature review using trusted references as research data. The results of this research indicate that the policy formulation to resolve problems in an effort to divert the goal of developing the Multicultural Islamic Education curriculum is to make upgrading the values of Multicultural Islamic Education local content. Through learning local content, the values of Multicultural Islamic Education can be taught more freely in both material and practice. So that students have the skills and attitudes needed to interact and collaborate with people from different cultural and religious backgrounds
Keywords: Upgrading, Value of Multicultural Islamic Education, Local Content, Curriculum Development
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penatran nilai Pendidikan Islam Multikultural berbasis muatan lokal sebagai strategi pengembangan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review dengan menjadikan referensi-referensi terpercaya sebagai data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa formulasi kebijakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam upaya perwujudan tujuan pengembangan kurikulum Pendidikan Islam Multikultural adalah menjadikan penataran nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural sebagai muatan lokal. Melalui pembelajaran muatan lokal tersebut, nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural bisa secara lebih leluasa diajarkan baik materi maupun prakteknya. Sehingga siswa menjadi memiliki keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang dari latar belakang budaya dan agama yang berbeda
Kata kunci: Penataran, Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Muatan Lokal, Pengembangan Kurikulum
Downloads
References
Al-Madani, Khalid. (2020). Integrasi Interkoneksi Pendidikan Multikultural Berbasis Moderasi Islam Melalui Kurikulum Keagamaan Pendidikan Tinggi. Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora. 1. 46-55. 10.33650/Trilogi.V1i2.2860.
Assayuthi, Jalaludin. (2020). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal. 5. 240-254. 10.15575/Ath.V5i2.8336.
Badan Penelitian & Pengembangan Kurikulum Pusat. (2023). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Departemen Pendidikan Nasional.
Bahri, Syamsul. (2021). Inovasi Kurikulum Pai Berbasis Multikultural Di Madrasah Aliyah. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora. 8. 101-121. 10.47574/Kalam.V8i2.94.
Gunawan, Raden. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural. Journal Of Educational Research. 1. 23-40. 10.56436/Jer.V1i1.8.
Halim, Abdul. (2021). Pendidikan Islam Multikultural Dalam Prespektif Azyumardi Azra. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam. 13. 139-157. 10.32806/Jf.V13i01.5081.
Mubarok, Ramdanil. (2021). Peran Dan Fungsi Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. 3. 75-85. 10.37567/Cbjis.V3i2.984.
Nadila, Solehatun. (2022). Pengelolaan Kurikulum Pendidikan.
Pratama, Muhammad Fajar. (2022). Manajemen Kurikulum Pendidikan.
Qomarudin, Muslih. (2022). Model Pengembangan Kurikulum Pai Multikultural. Al-I'tibar : Jurnal Pendidikan Islam. 6. 98-101. 10.30599/Jpia.V6i2.647.
Ramdhan, Tri Wahyudi. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi Dan Kompetensi Peserta Didik). Journal Piwulang. 1. 121. 10.32478/Ngulang.V1i2.233.
Saiwanto, Saiwanto & Alwlid, Mommed & Haris, Abdul & Yazid, Syamsul. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Sains. 2. 1039-1050. 10.36418/Jurnalsosains.V2i9.481.
Selamet, & Supiana, & Zaqiah, Qiqi. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Munadzomah. 1. 97-111. 10.51192/Almunadzomah.V1i2.320Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Yusuf Agung Subekti, RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Misbahul Munir, MEMBINGKAI KEPRIBADIAN ULUL ALBAB GENERASI MILENIAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Muzammil Muzammil, “PENDIDIKAN UNTUK SEMUA” DALAM KAJIAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Khoirul Mudawinun Nisa’, PENGARUH PEMIKIRAN PENDIDIKAN QASIM AMIN PADA PROPONEN FEMININ , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Moh. Nailul Muna, MENDIALOGKAN LEGITIMASI NIKAH SIRRI DALAM RANAH TEOLOGIS DAN YURIDIS (Interpretasi Hadits Larangan Nikah Sirri Dalam Perspektif Antropologi) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Ucup Supriatna, IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM DARURAT MADRASAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Damanhuri Damanhuri, HADIS AL-FITRAH DALAM PENELITIAN SIMULTAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- M Yusuf Agung Subekti, PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ANAK-ANAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
- Misbahul Munir, Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7 – 12 Tahun , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.