KONSEP PEMBELAJARAN CODING DAN IMPLIKASINYA DALAM KURIKULUM NASIONAL
The Concept of Coding Learning and its Implications in the National Curriculum
DOI:
https://doi.org/10.32478/09sw4x62
Keywords:
Integrasi, Kurikulum Nasional , Pembelajaran CodingAbstract
The development of information and communication technology has brought major changes in various aspects of life, including in the field of education. One of the skills that is increasingly important in this digital era is programming (coding). This article discusses the urgency of including coding subjects into the education curriculum in Indonesia, the benefits that students can get, and the challenges in its implementation. Through literature studies and education policy analysis, this article shows that coding not only improves technical skills but also critical thinking, problem solving, and creativity of students. This policy has benefits that are much needed in the current era 4.0 and society 5.0. For educational, social, business and innovation needs in various fields. In addition to the benefits, there are challenges that must be faced by the government and society in implementing this policy, developing human resources, completing infrastructure, collaborating with the technology industry and others.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu keterampilan yang semakin penting di era digital ini adalah pemrograman (coding). Artikel ini membahas tentang integrasi pembelajaran coding ke dalam kurikulum nasional, manfaat yang bisa didapatkan murid, dan tantangan dalam implementasinya. Melalui studi literatur dan analisis kebijakan pendidikan, artikel ini menunjukkan bahwa coding tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis tetapi juga berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas. Kebijakan ini memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan di era 4.0 dan masyarakat 5.0 saat ini. Untuk kebutuhan pendidikan, sosial, bisnis, dan inovasi di berbagai bidang. Selain manfaat, ada tantangan yang harus dihadapi pemerintah dan masyarakat dalam mengimplementasikan kebijakan ini, antara lain mengembangkan kualitas sumber daya manusia, melengkapi infrastruktur, berkolaborasi dengan industri teknologi dan lainnya.
Kata Kunci : Integrasi; Kurikulum Nasional; Pembelajaran Coding.
Downloads
References
Alindra, Afridha Laily. (2024). Studi Pembelajaran Berbasis Koding Guna Memperkuat Kurikulum Merdeka di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (1), 1.
Adrezo, Muhammad. (2023). Pengenalan Coding dalam Rangka Peningkatan Literasi Digital bagi Siswa M.I. Jami;atul Khair Ciledug Tangerang. Kumawula, 6 (3), 3.
Asari, Andi. (2023). Media Pembelajaran Era Digital. Istana Agency.
Awaludin. (2025). Integrasi Pembelajaran Coding dan Kecerdasan Buatan di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendas, 10 (1), 3. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21753
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.. (2025). Naskah Akademik: Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Pendidikan Dasar dan Menengah.Istiqomah, Nalar. (2024). Coding For Kids: Belajar Pemrograman dengan Scracth. Tahta Media Group.
Departemen Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika. (2024). Panduan Penulisan Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Modul I : Konsep Pembelajaran Coding serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra dan Komunitas dalam Penerapan Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Djanegara, Reyninta S. (2024). Pemanfaatan Coding dalm Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Kesadaran dan Perilaku LIngkungan serta Persepsi Siswa terhadap Coding. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 4 (8), 11
Hondro, Rivalri Kristianto. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Belajar Coding Interaktif melalui Pengenalan APlikasi Codeacademy. Berbakti: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 19.
Karimah, Mufidah. (2025). Pengenalan Dasar Coding dan Pembelajaran Bahasa Pemograman Berbasis Web bagi Siswa Program Paket C. Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Miftahul Huda, 2 (1), 42.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta CV.
Nishom, M. (2023). Pengenalan dan Pemanfaatan Ilmu Coding untuk Melatih Kemampuan Berpikir bagi Guru dan Peserta Didik. PP IPTEK: Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK, 7(1), 63–70.
Sakti, Bayu Purbha. (2025). Pembelajaran Coding di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4 (1), 62.
Suryoputro, Gunawan. (2012). Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah. Uhamka Press.
Wijaya, Y. I. (2024). Bongkar Rahasia Pemrograman, Panduan Asyik Belajar Pemrograman Dasar dengan Bahasa Pemrograman PHP untuk Semua Usia. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dede Zubaidah, Samsul Aripin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Yusuf Agung Subekti, RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Wahyu yudi, Khoirun Nisa', PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMP ISLAM MBAH BOLONG WATUHGALUH JOMBANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Ucup Supriatna, IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM DARURAT MADRASAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Victor Imaduddin Ahmad, Budaya Organisasi Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan Sebagai Madrasah Adiwiyata Mandiri , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Rudi Iskandar, NEGARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM: KAJIAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG PRINSIP DAN TUJUAN KENEGARAAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Yuan Remanita, Irgi Aqilul Fathoni, Imam Junaris, MEMBANGUN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG INKLUSIF DAN MODERAT DALAM KONTEKS TUNAGRAHITA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Winda Sri Rahayu, Rizqi Maulana, Novi Fadhilah Sopian, M. Makbul, Nur Aini Farida, Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Wudhu Siswa Kelas 2C di SDN Duren 3 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Rosidin, Studi Komparatif Indikator Toleransi Beragama di Indonesia dalam Perspektif Teori Multikultural Barat dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Zen Amrullah, Siti Mutholingah, INOVASI PEMBELAJARAN DI PESANTREN SALAF , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.





