EVALUASI VALIDITAS, RELIABILITAS, DAN DAYA PEMBEDA INSTRUMEN UJIAN PAI KELAS XII MELALUI ANALISIS BUTIR SOAL
Evaluation of the Validity, Reliability, and Discriminating Power of Islamic Education Exam Items for Grade XII through Item Analysis
DOI:
https://doi.org/10.32478/zw3wp278
Keywords:
Analisis Butir Soal, Daya Pembeda Soal, Evaluasi Pembelajaran, Reliabilitas, ValiditasAbstract
This study aims to evaluate the quality of a school exam instrument for the Islamic Religious Education (PAI) subject in Grade XII by analyzing the validity, reliability, and discriminating power of each test item. The study employed a descriptive quantitative approach. The research subjects consisted of 15 Grade XII students from a state vocational school (SMK) in South Kalimantan who took the PAI school examination. The instrument analyzed comprised 15 multiple-choice questions. Data were obtained through documentation, including test sheets, answer keys, and student response sheets. The item analysis was conducted based on Classical Test Theory (CTT). The results showed that only 2 out of 15 items met the validity criteria, with correlation values exceeding the critical r-table value (0.5324). The instrument’s reliability, calculated using the KR-20 formula, was 0.0227, indicating a very low level of internal consistency. Meanwhile, the discriminating power analysis revealed that most items were categorized as poor or rejected, although a few were classified as good to excellent. These findings suggest that the test instrument is not yet suitable for use in learning evaluation without significant revision and improvement of most test items.
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas instrumen ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XII melalui analisis validitas, reliabilitas, dan daya pembeda butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 15 peserta didik kelas XII di salah satu SMK Negeri di Kalimantan Selatan yang mengikuti ujian sekolah PAI. Instrumen yang dianalisis terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda. Data diperoleh melalui dokumentasi berupa lembar soal, kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis butir soal berdasarkan teori tes klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 2 dari 15 soal yang memenuhi kriteria validitas dengan nilai korelasi di atas r tabel (0,5324). Reliabilitas instrumen berdasarkan perhitungan menggunakan KR-20 adalah sebesar 0,0227 dan termasuk kategori sangat rendah. Sementara itu, daya pembeda menunjukkan bahwa sebagian besar soal berada dalam kategori ditolak, meskipun terdapat beberapa soal dengan daya pembeda baik hingga sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen secara keseluruhan belum layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran tanpa melalui perbaikan dan revisi pada sebagian besar butir soal.
Kata Kunci : Analisis Butir Soal; Daya Pembeda Soal; Evaluasi Pembelajaran; Reliabilitas; Validitas.
Downloads
References
Ambiyar, & D, M. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Devi, M. Y., Hidayanthi, R., & Fitria, Y. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan dan Model Sepuluh Langkah dalam Penilaian. Jurnal Basicedu, 6(1), Article 1.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS : Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), Article 4.
Hidayat, A. A. (2021a). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Qadir, A., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Analisis Butir Tes: Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Efektivitas Pengecoh. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 1450–1467.
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Unika Atma Jaya Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahriana Nurrisa, Muhamad Sabirin, Nuril Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Muhammad Ilham Jaya Kesuma, Ikhtiar Cahya Ajir , Imam Syafe’i, Eti Hadiati, Ratu Vina Rahmatika, PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 PALAPA UNTUK MENCEGAH DISTRAKSI GAWAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Rani Lestari, Hasrian Rudi Setiawan, PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI TADIKA AL FIKH ORCHARD BANDAR PARKLAND SELANGOR MALAYSIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Firman Robiansyah, Annisa Nur Fadillah, Nuril Khairiyah, Siti Nurkholizah, Gavin Sangraha Rahmat, ANALISIS EFISIENSI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Muhammad Azamuddin Syahapala, Yusrina Nur Amalia Sabila, Afif Alauddin, Sigit Dwi Laksana, IMPLEMENTASI PERANGKAT DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Amir Mukminin, Abdul Rochman, Ratih, Uliyatul Marfu'ah, Suliwati, Peningkatan Nilai-Nilai Spiritualitas Siswa melalui Metode Pembiasaan di SMK Daya Wangsa Wonogiri , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- M. Ibnu Ahmad, Pola Adaptasi Mahasiswa Baru Dalam Meraih Prestasi Akademik (Studi Kasus Adaptasi Mahasiswa China di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Nilamsari Damayanti Fajrin, Ustwatur Rosyidah Kusnindah, Agung Setyawan, KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR TERINTEGRASI BUDAYA MADURA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KEPARIWISATAAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Nurjanah, Rara Siska, Teddy Suhardi, Nur Aini Farida, M. Makbul, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM ATTARBIYYAH DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Ardaniansyah, Nasaruddin, Irwan, IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING OLEH GURU FIKIH PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.





