STRATEGI GURU DALAM MENGHADIRKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA PASURUAN
Teachers’ Strategies in Presenting Local Wisdom Values in Islamic Education Learning at Madrasah Aliyah Negeri Pasuruan City
DOI:
https://doi.org/10.32478/2thqvr87
Keywords:
Kearifan Lokal, Madrasah Aliyah Negeri, Pendidikan Agama Islam, Strategi GuruAbstract
This article describes the strategies used by Islamic Education (PAI) teachers in developing PAI materials based on local wisdom at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Pasuruan City. This study uses a qualitative approach and case study method. The research subjects were PAI teachers at MAN Pasuruan City, while the principal, vice principal for curriculum, and students served as supporting informants. Data were collected through observation, interviews, and documentation, then analyzed descriptively with triangulation of sources and methods to ensure data validity. The results showed that Islamic Education teachers at MAN Kota Pasuruan developed Islamic Education materials based on local wisdom through several strategies: First, identifying the cultural values and religious traditions of the Pasuruan community that are in line with Islamic teachings, such as respect for local scholars such as Mbah Hamid. Second, integrating these values into Islamic Education materials, particularly in the areas of faith, morals, and Islamic history. Third, linking learning to cultural practices and students' daily lives. Fourth, utilizing extracurricular activities and collaboration with local communities to strengthen contextual learning. Thus, this article emphasizes the importance of applying a contextual approach based on local wisdom in PAI learning to increase the relevance, understanding, and internalization of Islamic values for students in their daily lives.
Artikel ini menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan materi PAI berbasis kearifan lokal di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah guru PAI di MAN Kota Pasuruan, sedangkan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan siswa menjadi informan pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi sumber dan metode untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di MAN Kota Pasuruan mengembangkan materi PAI berbasis kearifan lokal melalui beberapa strategi: Pertama, mengidentifikasi nilai-nilai budaya dan tradisi religius masyarakat Pasuruan yang selaras dengan ajaran Islam, misalnya penghormatan terhadap ulama lokal seperti Mbah Hamid. Kedua, mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam materi PAI, khususnya akidah, akhlak, dan sejarah Islam. Ketiga, mengaitkan pembelajaran dengan praktik budaya dan kehidupan sehari-hari siswa. Keempat, memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler dan kerja sama dengan komunitas lokal untuk memperkuat pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, artikel ini menegaskan pentingnya penerapan pendekatan kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan relevansi, pemahaman, dan internalisasi nilai-nilai Islam bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Kearifan Lokal; Madrasah Aliyah Negeri; Pendidikan Agama Islam; Strategi Guru.
Downloads
References
Balaya, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Peranan Kearifan Lokal dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p27-34
Ismaya, B., Perdana, I., Arifin, A., Fadjarajani, S., Anantadjaya, S. P. D., & Muhammadiah, M. (2021). Merdeka Belajar in the Point of View of Learning Technology in the Era of 4.0 and Society 5.0. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1777–1785.
Khauroh, N., Qomaruddin, M., & Halimah, S. (2025). Pembelajaran Konteks sebagai Upaya Peningkatan Efektifitas Pendidikan Agama Islam di Tingkat Menengah. Jurnal Sains Student Research, 3(3), 76–84.
Manasikana, O. A., Af’idah, N., Mayasari, A., Faizah, G., Nur, M., Liana, T., & Junaidi. (2023). Scientific Learning Through the Edu Eco Approach as an Alternative Improving Student Knowledge and Skills. Jurnal Serambi Ilmu, 24(1), 1–3.
Masruroh, L., & Ma’ruf, M. (2020). Strategi Guru Dalam Memotivasi Hafalan Juz 30 Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Blawi Masangan Bangil. Journal of Islamic Education (JIE), 5(1), 89–99.
Munir, M., & Nadifah, A. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation di MTS Nahdlatul Wathon Kota Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 6(2), 75–92.
Nurhasan, & Alizunna, D. (2024). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa SMK Kartika Generasi Z. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(2), 16–24.
Rahim, A. (2020). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Modernity: Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 1(2), 20–27.
Sutikno, B., & Batoro, J. (2017). Analisis Kearifan Lokal Terhadap Pembangunan Ekonomi Hijau di Kabupaten Pasuruan. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 243–256.
Tina, A. (2024). Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal. Analysis: Journal of Education, 2(2), 214–221.
Umro, J., & Ilmiah, S. (2024). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an di MAN Kota Pasuruan. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 9(2), 38–49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ajrina Anugrah Syafira, Nurhasan, M Ma'ruf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Ilham Jaya Kesuma, Ikhtiar Cahya Ajir , Imam Syafe’i, Eti Hadiati, Ratu Vina Rahmatika, PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 2 PALAPA UNTUK MENCEGAH DISTRAKSI GAWAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Nyimas Nurul Afifah, Nur Dwi Kartika, Titin Sartika, ANALISIS MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA/SMK KELAS XI BAB ADAB MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Ahmad Choirun Najib, Darnoto, Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam di Era Modern dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Fadilah Nur Zikriyah, Dimo Aditia Nugroho, Fathiyah Azahra, Hinggil Permana, ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 KLARI KARAWANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Victor Imaduddin Ahmad, Budaya Organisasi Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan Sebagai Madrasah Adiwiyata Mandiri , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Muchammad Farkhan Nudin, Abu Amar Bustomi, Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Ardaniansyah, Nasaruddin, Irwan, IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING OLEH GURU FIKIH PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Dinda Putri Somantri, Oyoh Bariah, M. Makbul, Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Rohis terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.





