IMPLEMENTASI PERANGKAT DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Implementation of Digital Devices to Enhance Student Engagement in Learning
DOI:
https://doi.org/10.32478/8mf1ey67
Keywords:
Digitalisasi Pendidikan , Perangkat Digital , Siswa Aktif , Strategi PembelajaranAbstract
Collaboration between education and technology can support the advancement of learning systems. However, the implementation of technology in education still poses many problems. This study analyzes the implementation of digital devices in learning using a qualitative approach and a literature review. Data were obtained using documentation techniques from various literature relevant to the research theme. The results of this study show that the implementation of digital devices accompanied by appropriate learning strategies has been proven to increase student activity in learning. The strategy for developing digital devices in learning requires the participation and leadership of a good principal, the development of human resource competencies, the integration of technology into learning, and external support. The advantages of digital-based learning are: visualization, variety, interactivity, accessibility, creativity, and flexibility. Meanwhile, the disadvantages include: lack of confidence among educators, ignorance among educators, unequal digital access, external disturbances, differences in student learning styles, and cost and digital skills.
Kolaborasi antara pendidikan dan teknologi dapat menunjang kemajuan sistem pembelajaran. Namun, implementasi teknologi dalam pendidikan masih menimbulkan banyak permasalahan. Penelitian ini menganalisis implementasi perangkat digital dalam pembelajaran dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi pustaka. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi dari berbagai literatur yang relevan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa implementasi perangkat digital yang disertai strategi pembelajaran yang tepat, terbukti meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Strategi pengembangan perangkat digital dalam pembelajaran membutuhkan peran serta kepemimpinan kepala sekolah yang baik, pengembangan kompetensi SDM, integrasi teknologi ke dalam pembelajaran dan dukungan eksternal. Kelebihan pembelajaran berbasis digital adalah: Visualisasi, Varifatif, Interaktif, Aksesibilitas, Kreativitas dan Fleksibilitas. Sedangkan kelemahannya antara lain: Kurangnya kepercayaan diri pendidik, Ketidaktahuan pendidik, Ketidaksetaraan akses digital, Gangguan eksternal, Perbedaan gaya belajar siswa serta Biaya dan keterampilan digital.
Kata Kunci : Digitalisasi Pendidikan; Perangkat Digital; Siswa Aktif; Strategi Pembelajaran.
Downloads
References
Abdillah, K., & Hamami, T. (2021). Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1), 1–20.
Ardiansyah, M., Maulana, S., Suhara, S. P., & Hasanah, U. (2024). Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Pada Era Digital di Madrasah Tsanawiyah PAB 1 Helvetia. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i2.223
Arrefa Sago, L., Wulandari, S., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). Dampak Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 01 Banda Dalam. 2(2), 256–264.
Dasar, D. I. S. (n.d.). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring. 284–304.
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Gustriani, T., & Kholis, M. (2024). Pembelajaran Life Skills bagi Santri sebagai Inovasi Pendidikan di Pesantren. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 290–296.
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1), 145–163.
Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170.
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 32–42.
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75.
Mahmudah, N., Kurnianto, R., Syam, A. R., & Arifin, S. (2023). Internalisasi Karakter Islami Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Journal TA’LIMUNA, 12(2), 140–155. https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1787
Maisarah, M., Salsabilla, P., & Dewi, K. (2024). Implementation Of Digital Learning To Improve Students’ Learning Activity In The Subject Of Al-Qur’an Hadith. ISTIFHAM: Journal Of Islamic Studies, 02(December), 215–226. https://doi.org/10.71039/istifham.v2i3.72
Marleni, L., Nurmalina, N., & ... (2024). Meningkatkan Literasi Digital Calon Guru Melalui Workshop Eduweb: Membangun Website Profesional Sebagai Media Pembelajaran. Community …, 5(6), 13178–13183.
Mawaddah, R. (2024). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. 4(Table 10), 4–6.
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 1–25. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1
Mufliva, R., & Permana, J. (2024). Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.83127
Putri, S. J., & Nadlif, A. (2023). Penerapan Film Animasi Nussa Dan Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1140. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19240
Rahmania, R., & Hudri, M. (2024). Meningkatkan Keterlibatan Siswa melalui Teknologi Pendidikan : Tinjauan Sistematis. 4, 1–13.
Reggina Wike Anjani. (2023). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.4
Said, M., & Zubair, M. (2024). Hakekat Pembelajaran Digital dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1699–1703. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2492
Sari, M., & Asmendri. (2020). Peneltian Kepustakaan (Library Research). NATURAL SCIENCE; Jurnal Penelitian IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Setyowati, W., Jason Moscato, & Chioke Embre. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379
Villena-Denton, V. (2020). A post-COVID world…. Fuels and Lubes International, 26(3), 5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Azamuddin Syahapala, Yusrina Nur Amalia Sabila, Afif Alauddin, Sigit Dwi Laksana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Syaharuddin Syaharuddin, M. Anugrah Arifin, Fathurrijal Fathurrijal, Endang Rahmawati, Ishanan Ishanan, LITERASI DIGITAL GURU DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS SISTEMATIS ATAS KESIAPAN SDM DALAM MENGHADAPI ERA PENDIDIKAN 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Nilamsari Damayanti Fajrin, Ustwatur Rosyidah Kusnindah, Agung Setyawan, KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR TERINTEGRASI BUDAYA MADURA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KEPARIWISATAAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Fadilah Nur Zikriyah, Dimo Aditia Nugroho, Fathiyah Azahra, Hinggil Permana, ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 KLARI KARAWANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Nyimas Nurul Afifah, Nur Dwi Kartika, Titin Sartika, ANALISIS MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA/SMK KELAS XI BAB ADAB MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Junaidi Marbun, Mohamad Tabri , Muhamad Azmy, Zulka Efendi, Dedek Saputra, Ruri Albersa, Roganda, Muhammad Al Fathoni , Ahmad Faiz, Rozi Fitria, Analisis Kompetensi Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SDI Kreatif Makkah Kota Padang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Ani Fitria Nurkhasanah, Nahdatul Khairunisa, Ummu Fitrah Widia , Amertya Azahra, Dinda Dwi Azizah , Rifdha Hayati, Debi Yandrizal , Seswi Derti, Zainal Asril , Problematika Evaluasi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SDN 09 Tiumang Dharmasraya , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Alya Okta Nurjanah, KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Muh. Rodhi Zamzami, PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.





