KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR TERINTEGRASI BUDAYA MADURA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KEPARIWISATAAN
Integrated Basic Education Curriculum of Madurese Culture through the Implementation of Tourism Learning Models
DOI:

Keywords:
Kurikulum, Budaya Madura, Penanaman Karakter dan Nilai, Pendidikan Dasar, Model Pembelajaran KepariwisataanAbstract
Basic education in Indonesia faces crucial challenges in balancing national standards with contextual needs and preserving local identity. Madurese culture is one of the learning resources that can be integrated into the elementary school curriculum because students need to be introduced to their identity as part of a social or ethnic community. This scientific article examines the potential for integrating Madurese culture into the elementary school curriculum as an effort to strengthen students' character and preserve cultural heritage. This research adopts a qualitative approach with a library method or literature study to apply a tourism-based learning model that can integrate Madurese local culture. Data were collected through internet searches for relevant and reliable journal articles, as well as sources from reference books related to the topic. Core values of Madurese culture, such as piety, kinship ethics (Bung-Sabung Rosok), work resilience (Ta'tako' Mate, Tape Tako'kalaparan), morality (Bhupa' Bhebu' Guru Rato), and adherence to norms and ethics (Andhap Asor), were identified as the main foundations. The proposed integration model emphasizes a contextual approach through the implementation of a tourism-based learning model that is adapted to class levels and geographical conditions.
Pendidikan dasar di Indonesia menghadapi tantangan krusial dalam menyeimbangkan standar nasional dengan kebutuhan kontekstual dan pelestarian identitas lokal. Budaya Madura merupakan salah satu sumber belajar yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum jenjang pendidikan dasar, karena peserta didik perlu dikenalkan dengan identitasnya sebagai bagian dari komunitas sosial atau suku bangsa. Artikel ilmiah ini mengkaji integrasi budaya Madura ke dalam kurikulum pendidikan dasar sebagai upaya memperkuat karakter peserta didik dan melestarikan warisan budaya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dan studi pustaka untuk mengaplikasikan model pembelajaran berbasis kepariwisataan yang dapat mengintegrasikan budaya Madura. Data dikumpulkan melalui pencarian di internet pada artikel-artikel jurnal yang relevan dan terpercaya, serta bersumber dari buku-buku referensi yang terkait dengan topik riset. Temuan artikel adalah nilai-nilai inti budaya Madura, seperti ketakwaan, etika kekerabatan (Bung-Sabung Rosok), ketangguhan kerja (Ta'tako' Mate, Tape Tako'kalaparan), moralitas (Bhupa' Bhebu' Guru Rato), serta ketaatan terhadap norma dan etika (Andhap Asor), diidentifikasi sebagai fondasi utama. Model integrasi yang diusulkan adalah pendekatan kontekstual melalui implementasi model pembelajaran berbasis kepariwisataan yang disesuaikan dengan tingkat kelas dan kondisi geografis.
Kata Kunci : Budaya Madura; Kurikulum; Pendidikan Dasar; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Kepariwisataan.
Downloads
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Asmani, J. M. (2012). Pendidikan berbasis keunggulan lokal. Yogyakarta: Diva Press.
Budiyanto, M. A. K., et.al. (2020). Ecotourism-Based Learning Models in Efforts to Implement Effective Learning: A Conceptual Research. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran MIPA IKIP Mataram, 8(2): 69—80. https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i2.3234.
Cresswell, J.W., et.al. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th Ed.). SAGE Publications.
Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Prenada Media.
Fajrin, N.D., et.al. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Kepariwisataan Berbantuan Buku Ajar Pendamping Berbasis Karakter Untuk Pendidikan Dasar Wilayah Madura (Laporan Akhir). LPPM Universitas Trunojoyo Madura.
Fajrin, N.D., et.al. (2024). Tourism-Based Learning Model: Introduce Local Culture to the Global Community. Widyagogik, 11(3), 463-477.
Febrianto, P. F., et.al. (2020). Rekayasa Sosial Pembelajaran Era Adaptasi Kebiasaan Baru Berbasis Kearifan Lokal Bagi Kalangan Masyarakat Madura. Citra Dharma Cindekia.
Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning. Corwin Press.
Joyce, B., et.al. (2015). Models of Teaching (9th ed.). Pearson.
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. (2022). Surat Edaran Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
King, H., et.al. (2020). Promoting Children-Nature Relations Through Play-Based Learning in Ecotourism Sites. Journal Of Teaching in Travel and Tourism, 20 (3): 190—201.
Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th Ed.). SAGE Publication, Inc.
Kun, P.Z. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-3 2013, Surakarta, Indonesia, 2013. Sebelas Maret University.
Kurniawan, S. & Halim. (2022). Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan. 4. 161-174. 10.51518/lentera.v4i2.92.
Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Edisi Revisi Cet. ke-3. Rajawali Pers.
Neuendorf, K. A. (2002). The Content Analysis Guidebook. SAGE Publications, Inc.
Rachmawati, N., et.al. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613 - 3625. https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2714.
Rozak, et.al. (2021). Integrasi nilai-nilai pendidikan sosial-budaya dalam pendidikan bahasa Indonesia. Semantik, 10(1), 11-24.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12). https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655
Sukmadinata, N. S. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, T. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Madurologi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Upaya Melestarikan Falsafah Leluhur Masyarakat Madura. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.9171
Suyanto. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam: Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia
Trisdiono, H., et.al. (2019). Development of Multidisciplinary Integrated Project-Based Learning Model to Improve Critical Thinking and Cooperation Skills. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1). 9-20.
Utami, S. & L.Tobing, V. (2018). Nilai-nilai Pendidikan dalam Komunikasi Kejhung Madura dan Relevansinya bagi Penanaman Karakter Berbasis Kearifan Lokal Madura. Jurnal Komunikasi, 12, 133-140. 10.21107/ilkom.v12i2.4515.
Winaryati, E., et.al. (2018). Implementasi Model Pembelajaran “Wisata Lokal” Pada Guru Di Kabupaten Pekalongan. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nilamsari Damayanti Fajrin, Ustwatur Rosyidah Kusnindah, Agung Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Najwa Virana, Rizka Harfiani, IMPLEMENTASI NILAI AGAMA MELALUI SIRAH NABAWIYAH DENGAN METODE STORYTELLING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Irsyad Zafir Ramadhan, Ali As'ad, Penerapan Pembelajaran Program Kitab Kuning untuk Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Dede Zubaidah, Syamsul Aripin, KONSEP PEMBELAJARAN CODING DAN IMPLIKASINYA DALAM KURIKULUM NASIONAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Salman Al Farisi, Abdurrosyid, Pengembangan Buku Ajar Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Nurlela, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki, Inovasi Pendidikan Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Fathimiyah Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Umi Salamah, Hanis Ratnasari, ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MIT AR-ROIHAN LAWANG MALANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Nurjanah, Rara Siska, Teddy Suhardi, Nur Aini Farida, M. Makbul, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM ATTARBIYYAH DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Ani Fitria Nurkhasanah, Nahdatul Khairunisa, Ummu Fitrah Widia , Amertya Azahra, Dinda Dwi Azizah , Rifdha Hayati, Debi Yandrizal , Seswi Derti, Zainal Asril , Problematika Evaluasi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SDN 09 Tiumang Dharmasraya , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Maulana Fatih Falahuddin, Umi Salamah, Siti Mutholingah, Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Program Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKU) di SMPI Almaarif 01 Singosari Malang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.