KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR TERINTEGRASI BUDAYA MADURA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KEPARIWISATAAN

Integrated Basic Education Curriculum of Madurese Culture through the Implementation of Tourism Learning Models

DOI:

https://doi.org/10.32478/7ym6gn49

Authors

  • Nilamsari Damayanti Fajrin Universitas Trunojoyo Madura -  Indonesia
  • Ustwatur Rosyidah Kusnindah Universitas Trunojoyo Madura -  Indonesia
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura -  Indonesia

Keywords:

Kurikulum, Budaya Madura, Penanaman Karakter dan Nilai, Pendidikan Dasar, Model Pembelajaran Kepariwisataan

Abstract

Basic education in Indonesia faces crucial challenges in balancing national standards with contextual needs and preserving local identity. Madurese culture is one of the learning resources that can be integrated into the elementary school curriculum because students need to be introduced to their identity as part of a social or ethnic community. This scientific article examines the potential for integrating Madurese culture into the elementary school curriculum as an effort to strengthen students' character and preserve cultural heritage. This research adopts a qualitative approach with a library method or literature study to apply a tourism-based learning model that can integrate Madurese local culture. Data were collected through internet searches for relevant and reliable journal articles, as well as sources from reference books related to the topic. Core values of Madurese culture, such as piety, kinship ethics (Bung-Sabung Rosok), work resilience (Ta'tako' Mate, Tape Tako'kalaparan), morality (Bhupa' Bhebu' Guru Rato), and adherence to norms and ethics (Andhap Asor), were identified as the main foundations. The proposed integration model emphasizes a contextual approach through the implementation of a tourism-based learning model that is adapted to class levels and geographical conditions.

Pendidikan dasar di Indonesia menghadapi tantangan krusial dalam menyeimbangkan standar nasional dengan kebutuhan kontekstual dan pelestarian identitas lokal. Budaya Madura merupakan salah satu sumber belajar yang dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum jenjang pendidikan dasar, karena peserta didik perlu dikenalkan dengan identitasnya sebagai bagian dari komunitas sosial atau suku bangsa. Artikel ilmiah ini mengkaji integrasi budaya Madura ke dalam kurikulum pendidikan dasar sebagai upaya memperkuat karakter peserta didik dan melestarikan warisan budaya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dan studi pustaka untuk mengaplikasikan model pembelajaran berbasis kepariwisataan yang dapat mengintegrasikan budaya Madura. Data dikumpulkan melalui pencarian di internet pada artikel-artikel jurnal yang relevan dan terpercaya, serta bersumber dari buku-buku referensi yang terkait dengan topik riset. Temuan artikel adalah nilai-nilai inti budaya Madura, seperti ketakwaan, etika kekerabatan (Bung-Sabung Rosok), ketangguhan kerja (Ta'tako' Mate, Tape Tako'kalaparan), moralitas (Bhupa' Bhebu' Guru Rato), serta ketaatan terhadap norma dan etika (Andhap Asor), diidentifikasi sebagai fondasi utama. Model integrasi yang diusulkan adalah pendekatan kontekstual melalui implementasi model pembelajaran berbasis kepariwisataan yang disesuaikan dengan tingkat kelas dan kondisi geografis.

Kata Kunci : Budaya Madura; Kurikulum; Pendidikan Dasar; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Kepariwisataan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Nilamsari Damayanti Fajrin, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Ustwatur Rosyidah Kusnindah, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Agung Setyawan, Universitas Trunojoyo Madura

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Asmani, J. M. (2012). Pendidikan berbasis keunggulan lokal. Yogyakarta: Diva Press.

Budiyanto, M. A. K., et.al. (2020). Ecotourism-Based Learning Models in Efforts to Implement Effective Learning: A Conceptual Research. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran MIPA IKIP Mataram, 8(2): 69—80. https://doi.org/10.33394/j-ps.v8i2.3234.

Cresswell, J.W., et.al. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th Ed.). SAGE Publications.

Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Prenada Media.

Fajrin, N.D., et.al. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Kepariwisataan Berbantuan Buku Ajar Pendamping Berbasis Karakter Untuk Pendidikan Dasar Wilayah Madura (Laporan Akhir). LPPM Universitas Trunojoyo Madura.

Fajrin, N.D., et.al. (2024). Tourism-Based Learning Model: Introduce Local Culture to the Global Community. Widyagogik, 11(3), 463-477.

Febrianto, P. F., et.al. (2020). Rekayasa Sosial Pembelajaran Era Adaptasi Kebiasaan Baru Berbasis Kearifan Lokal Bagi Kalangan Masyarakat Madura. Citra Dharma Cindekia.

Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning. Corwin Press.

Joyce, B., et.al. (2015). Models of Teaching (9th ed.). Pearson.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. (2022). Surat Edaran Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

King, H., et.al. (2020). Promoting Children-Nature Relations Through Play-Based Learning in Ecotourism Sites. Journal Of Teaching in Travel and Tourism, 20 (3): 190—201.

Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th Ed.). SAGE Publication, Inc.

Kun, P.Z. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-3 2013, Surakarta, Indonesia, 2013. Sebelas Maret University.

Kurniawan, S. & Halim. (2022). Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan. 4. 161-174. 10.51518/lentera.v4i2.92.

Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Edisi Revisi Cet. ke-3. Rajawali Pers.

Neuendorf, K. A. (2002). The Content Analysis Guidebook. SAGE Publications, Inc.

Rachmawati, N., et.al. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613 - 3625. https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2714.

Rozak, et.al. (2021). Integrasi nilai-nilai pendidikan sosial-budaya dalam pendidikan bahasa Indonesia. Semantik, 10(1), 11-24.

Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12). https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655

Sukmadinata, N. S. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, T. (2025). Integrasi Kearifan Lokal Madurologi Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Upaya Melestarikan Falsafah Leluhur Masyarakat Madura. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19105/ejpis.v1i.9171

Suyanto. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam: Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia

Trisdiono, H., et.al. (2019). Development of Multidisciplinary Integrated Project-Based Learning Model to Improve Critical Thinking and Cooperation Skills. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1). 9-20.

Utami, S. & L.Tobing, V. (2018). Nilai-nilai Pendidikan dalam Komunikasi Kejhung Madura dan Relevansinya bagi Penanaman Karakter Berbasis Kearifan Lokal Madura. Jurnal Komunikasi, 12, 133-140. 10.21107/ilkom.v12i2.4515.

Winaryati, E., et.al. (2018). Implementasi Model Pembelajaran “Wisata Lokal” Pada Guru Di Kabupaten Pekalongan. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2018.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR TERINTEGRASI BUDAYA MADURA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KEPARIWISATAAN: Integrated Basic Education Curriculum of Madurese Culture through the Implementation of Tourism Learning Models. (2025). TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 222-232. https://doi.org/10.32478/7ym6gn49

Similar Articles

21-30 of 153

You may also start an advanced similarity search for this article.