ANALISIS STANDAR PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMAN 1 KLARI KARAWANG
Analysis of Standard Financing in Improving Education Quality at SMAN 1 Klari Karawang
DOI:

Keywords:
Pendidikan, Peningkatan Mutu , Sekolah Menengah Atas, Standar PembiayaanAbstract
This article aims to analyze the implementation of education financing at SMAN 1 Klari Karawang from a legal perspective and strategies for improving education quality through effective and efficient financing. It uses a qualitative approach and case study method with data collection techniques such as observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the management of financing at SMAN 1 Klari is in accordance with the law, particularly Government Regulation No. 57 of 2021 and Minister of Education, Culture, Research, and Technology Regulation No. 18 of 2023. The evidence is that the Education Unit Operational Assistance (BOSP) funds are managed transparently through ARKAS (School Activity and Budget Plan Application), although various obstacles are still encountered, such as delays in fund distribution and budget constraints. Meanwhile, to improve the quality of education through funding standards, SMAN 1 Klari implements strategies for efficient use of internal assets, maintains the effectiveness of programs even though their quality is not optimal, and involves voluntary support from parents and the community. In conclusion, SMAN 1 Klari has implemented the principles of transparency, accountability, and participation in the management of education costs, which has ultimately become the key to improving the quality of education at the school.
Artikel ini bertujuan menganalisis implementasi pembiayaan pendidikan di SMAN 1 Klari Karawang dari perspektif perundang-undangan serta strategi peningkatan mutu pendidikan melalui efektivitas dan efisiensi pembiayaan. Menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembiayaan di SMAN 1 Klari sesuai dengan perundang-undangan, khususnya PP Nomor 57 Tahun 2021 dan Permendikbudristek Nomor 18 Tahun 2023. Buktinya adalah dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) dikelola secara transparan melalui ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah), meskipun masih dijumpai berbagai kendala seperti keterlambatan penyaluran dana dan keterbatasan anggaran. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui standar pembiayaan, SMAN 1 Klari menerapkan strategi efisiensi penggunaan aset internal, menjaga efektivitas program meski kualitasnya tidak maksimal, serta melibatkan dukungan sukarela dari orang tua dan masyarakat. Kesimpulannya, SMAN 1 Klari telah menerapkan prinsip transparan, akuntabel, dan partisipatif dalam pengelolaan biaya pendidikan, hingga akhirnya menjadi kunci peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut.
Kata Kunci : Pendidikan; Peningkatan Mutu; Sekolah Menengah Atas; Standar Pembiayaan.
Downloads
References
Asmawi, M. R. (2010). Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 66-71.
Cohn, E. (1979). The Economic of Education. Ballinger Publishing Compan.
Fattah, N. (2012). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Kurniady, D.A. (2011). Pengelolaan Pembiayaan Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia.
Margareta, R. T. E., & Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 195-204.
Mesiono, M., Siregar, M. F. S., & Saputra, I. B. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Manar Kecamatan Medan Johor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 447–456.
Nopiyerto, N. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Manajer Pendidikan, 15(2), 67–74.
Nurhayati et al. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 597.
Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.
Sagala, S. (2007). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistsem Otonomi Sekolah. Alfabeta.
Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Anwar Us, K. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 266-280.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Refika Aditama.
Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pnedidikan. Jurnal MEDTEK, 3(2), 1–6.
W. P, F. (2013). Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565–578.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadilah Nur Zikriyah, Dimo Aditia Nugroho, Fathiyah Azahra, Hinggil Permana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Gusnur Wahid, Pendekatan Pembelajaran Akhlak pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB B) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
- Hilman Wadjdi, MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, Akhmad Said, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Firman Robiansyah, Annisa Nur Fadillah, Nuril Khairiyah, Siti Nurkholizah, Gavin Sangraha Rahmat, ANALISIS EFISIENSI ANGGARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Syaharuddin Syaharuddin, M. Anugrah Arifin, Fathurrijal Fathurrijal, Endang Rahmawati, Ishanan Ishanan, LITERASI DIGITAL GURU DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS SISTEMATIS ATAS KESIAPAN SDM DALAM MENGHADAPI ERA PENDIDIKAN 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Imam Malik Masyhuri, TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Wildan Kamalludin, Ganjar Muhammad Ganeswara, Fahrudin -, INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Kholidah Nur, Ali Masran Daulay, Junita Irawati, CHARACTER REVITALIZATION THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 1 MANDAILING NATAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.