NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPEMIMPINAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v10i2.791Keywords:
islamic educationAbstract
Abstrak
Khalifah Harun ar-Rasyid merupakan sosok pemimpin yang dermawan, suka memberi baik karena kemauannya sendiri ataupun karena diminta. Harun terkenal sebagai pemimpin berkarisma yang dikagumi oleh rakyatnya, sholeh, taat beragama serta piawai dalam memegang pemerintahan. Oleh sebab itu penulis mengangkat sosok Harun ar-Rasyid menjadi pemeran utama karena beliau sosok tokoh yang mesti untuk dijadikan contoh pada pemimpin di lembaga pendidikan Islam zaman sekarang. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif serta tergolong penelitian kepustakaan. Inilah yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data, buku Harun Ar-Rasyid Amir Para Khalifah dan Raja Teragung di Dunia sebagai sumber primernya dan jurnal-jurnal atau makalah sebagai sumber pendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid banyak mengalami kemajuan-kemajuan. Dan salah satu indikator berkembang pesatnya pendidikan dan pengajaran ditandai dengan berkembang luasnya lembaga-lembaga pendidikan Islam.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Islam; Kepemimpinan; Khalifah Harun Al-Rasyid
Abstract
Caliph Harun ar-Rashid is a generous leader, likes to give either on his own volition or on demand. Harun ar-Rashid is known as an authoritative caliph, loved by the people, pious, religious and skilled in holding the government. Therefore, the author makes the figure of Harun ar-Rasyid as the main character because he is a figure who must be used as an example with the reality of today's leaders in Islamic educational institutions. This study uses a descriptive qualitative approach and includes library research, because in collecting the data the researcher uses Harun Ar-Rasyid Amir's book The Caliphs and the Greatest King in the World as the primary source and journals or papers as a supporting source. The results show that: During the reign of Caliph Harun ar-Rashid, many progresses were made. And one indicator of the rapid development of education and teaching is marked by the expansion of Islamic educational institutions.
Keywords: Values of Islamic Education; Leadership; Caliph Harun Al-Rasyid
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman,Jamal. (2010). Islamic Parenting: Pendidikan Anak Metode Nabi, terjemahan Agus Suwandi. Solo: Aqwam
Anggraini, Destri. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Kisah Nabi Nuh As. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan
As-Suyuthi, Imam. (2012). Tarikh Khulafa Sejarah Para Penguasa Islam,Terjemahan oleh Samson Rahman. Cet-IX. Jakarta: Pustaka Al Kautsar
Bobrick,Benson. (2019). Kejayaan Harun Ar-Rasyid Legenda Sang Khalifah dan Kemajuan Peradaban pada Zaman Keemasan Islam Cet.1. Jakarta: PT Pustaka Alvabet
Departemen Diknas. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. ke-3. Jakarta : Balai Pustaka
Ichromi, Rochma Nur. (2016). Konsep Pendidikan Pranatal dalam Pandangan Dr. Mansur, M.A dan Ubes Nur Islam. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim
Jempa, Nurul. (2018). Nilai-Nilai Agama Islam. Pedagogik Vol. 1, No. 2
Khalil, Abu Syauqi. (1997). Harun Ar-Rasyid: Amir Para Khalifah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Kholis, Nur. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol.1 No.1
Mutohar, Prim Masrokan. (2013). Manajemen Mutu Sekolah Stratregi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA
Nurhayati, Hj. Tati. (2012). Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja. Jurnal Edueksos: Vol I No 2
Purnamasari, Mega. (2018). Penerapan Sidiq, Amanah, Tabligh, Dan Fatonah Terhadap Pegawai Asuransi Jiwa Pada Pt. Prudential Life Assurance Pru-Syariah Cabang Kota Metro. IAIN Jurai Siwo Metro
Purwanto,M. Ngalim. (2006). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya
Q.S Al-Ahzab: 70-71
Q.S. Al-Ahzab: 22
Q.S. Al-Ahzab: 72
Q.S. At-Tahriim: 6
Salim, Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Setiawan,Wahyudi. (2018). Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Murabbi, Vol.4 No.2
Syahril, Sulthon. (2019). Teori -Teori Kepemimpinan. Ri’ayah: Vol. 04, No. 02
Tadjuddin, Nilawati Alif Maulana. (2018). Kebijakan Pendidikan Khalifah Harun Ar-Rasyid. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 9, No.2, 2018
Thoha, M. Chabib. (2006). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tim Penulis Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2012). Pusat Bahasa,Departemen Pendidikan Nasional. Gramedia Pustaka Utama
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muhammad Ilyas Junaidi Addahil, PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : TINJAUAN EPISTIMOLOGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Wely Dozan, TAFSIR AYAT-AYAT PENDIDIKAN Nilai-Nilai Pendidikan Q.S. Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M.Quraish Shihab) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Ahmad Kholilul Adzim, KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK BERBASIS KELUARGA ISLAMI ERA SOCIETY 5.0 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Yusuf Agung Subekti, RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Chusnul Chotimah, TINJAUAN UMUM TENTANG PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2013): MARET
- Zaidun Naim, IMPLIKASI DESENTRALISASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Syamsul Rijal, REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Siti Yumnah Syaukani, PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF GENDER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Rosidin, Studi Komparatif Indikator Toleransi Beragama di Indonesia dalam Perspektif Teori Multikultural Barat dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Supandi Supandi, KONTEKTASI POLITIK PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.