IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA

DOI:

https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.269

Authors

Keywords:

Pendidikan karakter, Milenial, Pesantren

Abstract

Pendidikan karakter Islam bagi kalangan mahasiswa diera milenial mutlak diperlukan, karena mahasiswa merupakan aset bangsa yang menjadi agen perubahan (agent of change) dan calon pemimpin di masa yang akan datang. Pendidikan untuk menghargai pentingnya nilai- nilai moral membentuk rasa ingin berbuat baik dan mampu berbuat baik adalah cita-cita yang diharapkan mampu diwujudkan di era perubahan yang semakin cepat. Oleh karenanya dibutuhkan formulasi pendidikan karakter yang sesuai dengan keadaan jaman dan dalam menghadapi tantanganya.

Penelitian dengan pendekatan fenomenoologis perlu dilakukan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakkter Islam di era minelial pada lembaga pendidikan Islam (pondok pesantren mahasiswa), sehingga dengan menggunakakn metode penelitian kkualitatif diharapkan menemukan pelaksanaan pendidikan karakter yang efektif dan efisien.

Hasil penelitian ini diantaranya adalah pelaksanaan pendidikan selama 24 jam meliputi pendidikan Ri’ayah wal Irsyad (kepengasuhan),  Ta’dib wat Tahdzib (kesantrian), dan Dirosah/ Tadris Wat Ta’liim (Pengajaran) ditambah empat lainnya yaitu tradisi pesantren, jiwa pesantren, kedisiplinan, dan struktur organisasi/manajemen dapat dijadikan bahan rujukan dalam meningkatkan mutu pendidikan karakter di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Ghazaly, Abi Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya’ ulumuddin. juz 3.

Dokumen Profil Berdirinya Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. 2016.

http://msaa.uin-malang.ac.id/sample-page/ diakses 1 Oktober 201. Jam 10.38 Am.

Lalo, Kalfaris. Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian Volume 12 Nomor 2 Juli 2018.

Mike Frye, at all. Character Education Informational Handbook and Guide. Public Schools of North Carolina State Board of Education Department of Public Instruction Division of Instructional Services Character Education. 2002.

Nurina, Siti Hakim dan Aliffatullah Alyu Raj. Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Octavia, Lanny dkk. Pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren. Jakarta: Rumah Kitab. 2014.

Putra, Yanuar Surya. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. Vol.9 No. 18. Desember 2016.

Ryan, Kevin dan Karen E Bohlin. building charakter in schools Practical ways to bring moral intruction to life. San Fransisco:Jossey-Bass Publishers. 1999.

Said, Akhmad. "Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah." journal EVALUASI 2.1 .2018.

Sugono, Dendy dan Meity Taqdir Qodratillah (eds). Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Umro, Jakaria. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam ( Kajian Penerapan Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga ) Jurnal Al-Makrifat Vol 2, No 1, April 2017.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA. (2019). Ta’Limuna, 8(2), 37-52. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.269

Similar Articles

1-10 of 80

You may also start an advanced similarity search for this article.