Tahapan Operasional Konkret Jean Piaget dalam Internalisasi Moral Religius Anak Usia Sekolah Dasar 7 – 12 Tahun

Published : 2017-03-16 | Abstract viewsc: 305 | PDF views: 328
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Misbahul Munir(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Usia rentang sekolah dasar 7-12 ialah masa yang sangat rentan dan peka terkait perkembangan sikap dan perilaku, dalam tahapan Jeans Piaget adalah operasional konkret. Pada tahap operasional konkret anak sudah mempunyai kemampuan mempertimbangkan tujuan-tujuan perilaku moral, anak memiliki kemampuan menyadari bahwa aturan moral adalah kesepakatan tradisi yang dapat berubah. Peran Orang dewasa dalam mengarahkan nilai religius kepada anak antara lain, memberikan keteladanan, membiasakan hal-hal yang baik, menanamkan disiplin, memberikan motivasi, memberikan penghargaan secara psikologis, memberikan punishment dalam hal kedisiplinan.


Keywords


Jean Piaget, operasional konkret, moral religius

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Alexander Sriewijoyo, dkk. Talkinc Point for Parents: Menjadi Teman Berlatih Anak untuk Mengenali Diri, Menggali Mimpi, dan Mengekspresikan Dirinya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

C. George Boeree. Sejarah Psikologi. Abdul Qodir (terj.). Yogyakarta: Prismasophi, 2007.

Elizabeth Hurlock. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga 1998 Ahmad Tafsir,Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Jean Piaget dan Barbel Inhelder. Psikologi Anak. Miftahul Jannah (terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (Bandung: Ramaja Rosdakarya, 2008.

Nurkholis Madjid Masyarakat Religius. Jakarta: Paramadina, 1997.

Riana Mashar, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya, Jakarta: Prenda Grub, 2011.

Samuel Henry, Cerdas dengan game:panduan praktis bagi orangtua dalam mendampingi anak bermain game, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Talizuhu Ndaraha. Teori Budaya Organisa .Jakarta: Rineke Cipta, 2005.

Zaim El Mubarok. Membumikan Pendidikan Nilai, Mengumpulka yang terserak, Menyambung yang terputus dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta, 2008.

Hasil seminar “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak” pada tanggal 25 September 2016 oleh Suwarsi.

“KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011-2017”, https://news.detik.com/, pada tanggal 4 Januari 2017 jam 08.00 wib


Article metrics

Abstract views : 305 | views : 328


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/talimuna.v7i1.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Misbahul Munir

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.