MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1725Keywords:
Management, Education, Family, IndependenceAbstract
This study aims to determine family education management, develop children's independence and the role of education management in the family in order to develop children's independence. The research method used is library research, namely by combining data from several literary sources that discuss the subject matter, including books, journals, proceedings of national seminars, and scientific articles related to the management of family education in developing children's independence through the perspective of a sociological approach. The results of this study indicate that family education management consists of planning, organizing, implementing and monitoring or evaluating within the family, then developing children's independence through the stages of individual development in the form of physical development, psychomotor behavior development, language development, cognitive development, social behavior development, morality development, religious development, conative development, and emotional development. By understanding these stages of development, education and learning in terms of character and independence will be well formed. Through the implementation of a series of educational management functions, synchronized with an understanding of the stages of child development physically and psychologically. It can be understood that the role of parents in developing children's independence is very important, parents as early madrassas in educating, guiding, shaping and directing how children act, behave and do work according to the stages of psychological development.
Keywords; Management, Education, Family, Independence
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan keluarga, mengembangkan kemandirian anak dan peran manajemen pendidikan dalam keluarga guna mengembangkan kemandirian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), yakni dengan cara memadukan data dari beberapa sumber literatur yang membahas tentang pokok permasalahan, meliputi buku-buku, jurnal, prosiding seminar nasional, dan artikel-artikel ilmiah yang berhubungan dengan manajeman pendidikan keluarga dalam mengembangkan kemandirian anak melalui perspektif pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pendidikan keluarga terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi dalam keluarga, selanjutnya mengembangkan kemandirian anak melalui tahapan perkembangan individu berupa perkembangan fisik, perkembangan perilaku psikomotorik, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan perilaku sosial, perkembangan moralitas, perkembangan bidang keagamaan, perkembangan konatif, dan perkembangan emosional. Dengan memahami tahapan perkembangan tersebut, pendidikan dan pembelajaran secara karakter dan kemandirian akan terbentuk dengan baik. Melalui penerapan rangkaian fungsi manajemen pendidikan, disinkronkan dengan pemahaman tahap perkembangan anak secara fisik dan psikologi. Dapat dipahami bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak sangat penting, orang tua sebagai madrasah awal dalam mendidik, membimbing, membentuk dan mengarahkan bagaimana anak bertindak, bersikap dan melakukan pekerjaan sesuai dengan tahapan perkembangan secara psikologis.
Kata kunci; Manajemen, Pendidikan, Keluarga, Kemandirian
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Akhmad Fakhrur Rozi, Implementasi Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Masalah Pembelajaran Di MI Al Quran Singosari Malang , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Akhmad Ulul Albab, IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH MUROTTILIL QUR`AN AL-RIFA`IE 2 MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Syafi'i Syafi'i, PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Rahmatullah, M. Ilyas, Azmir Suljic, CONFLICT MANAGEMENT STRATEGY IN PRINCIPAL LEADERSHIP FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Zulkarnain Zulkarnain, Jumira Warlizasusi , Eka Apriani , Asri Karolina, Sri Wahyuni Sihombing, PERENCANAAN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH MELALUI ANALISIS SWOT , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Aliva Erhan, MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS AKHLAK, NILAI, DAN MORAL DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2020): JUNI
- Moh Imron, Mochamad Nurcholiq, PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MENUJU SEKOLAH ISLAM UNGGULAN (STUDI KASUS di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM SUNAN GIRI WAGIR MALANG) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Tri Saputra, Herawati, Jumira Warlizasusi, Abdul Sahib, PROBLEMATIKA KEPALA MADRASAH ALIYAH DALAM MELAKUKAN SUPERVISI DI MAN 1 REJANG LEBONG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS
- Choirotul Maulidiyah, STRATEGI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA MADRASAH DI MTs AL MAARIF 01 SINGOSARI MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Lina Nur Anisa, THE LEADERSHIP OF PROPHET MUHAMMAD: AN ETHICAL MODEL IN FACING MODERN LEADERSHIP CRISES , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS
You may also start an advanced similarity search for this article.