MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI SMP THORIQUN NAJAH SINGOSARI

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1200

Authors

Keywords:

Manajemen, Rekrutmen, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen rekrutmen peserta didik di SMP THORINA yang mencakup latar alamiah berdirinya SMP THORINA, perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor penunjang dan penghambat dalam manajemen rekrutmen peserta didik serta mengetahui keberhasilan yang telah dicapai dalam pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik di SMP THORINA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriftif semata-mata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen rekrutmen peserta didik di SMP THORINA terdiri dari perencanaan (1) pembentukan panitia PPDB, (2) menentukan kebijakan, (3) sistem, (4) kriteria, dan (5) prosedur. Pengorganisasian (1) pembentukan struktur kepanitiaan (2) pembagian tugas masing-masing. Pelaksanaan (1) terlaksananya pembentukan PPDB, (2) pelaksanaan manajemen rekrutmen peserta didik dilakukan sesuai dengan perencanaan diawal dan dilakukannnya seleksi dan masa orientasi. Pengawasan (1) dilakukan secara kontinu dan inten, (2) evaluasi dan (3) pelaporan. Faktor penunjang (1) Lembaga terintegrasi dengan pesantren, (2) Lokasi strategis, (3) Beberapa program pengembangan minat bakat di SMP THORINA DAN Strategi bebas biaya sekolah dengan syarat dan ketentuan dan faktor penghambat (1) Cukup banyaknya sekolah SMP dan Pondok di sekitar wilayah Singosari, (2) Masih kurang Fasilitas sarana dan prasarana sekolah. (3) Kurangnya promosi di luar wilayah Singosari, terkendala biaya dan tenaga humas.

Kata kunci: Manajemen, Rekrutmen, Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Inderawan, Irjus dan Pedinata Endro. (2022). Manajemen Peserta Didik. Pasuruan: Qiara Media.

Risdianti, Desi. (2017). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Jurnal Islamic Education Manajemen Vol. 2, No. 2, Vol. 2, No. 2, Desember 2017.

Rohmah, Noer & Zaenal Fanani. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.

Setiawan, Hasrian Rudi. (2021). Menejemen Pesera Didik (Upaya Peningkatkan Kualitas Lulusan). Medan: UMSUPress.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan. (2020). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-11-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

MANAJEMEN REKRUTMEN PESERTA DIDIK BARU DI SMP THORIQUN NAJAH SINGOSARI. (2022). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 11-21. https://doi.org/10.32478/leadership.v4i1.1200

Similar Articles

1-10 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.