ANALISIS PERUMUSAN VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 INDRAMAYU

DOI:

https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1864

Authors

Keywords:

Visi, Misi, Tujuan, Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Visi, misi, dan tujuan sebuah lembaga pendidikan adalah elemen yang paling penting digunakan untuk menggambarkan trackrecord kepada semua stakeholder madrasah, dengan tujuan mencapai kondisi yang diinginkan sebagai manifestasi dari tujuan pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis perumusan visi, misi, dan tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melibatkan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi, misi, dan tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Indramayu dirumuskan dengan mempertimbangkan semua pemangku kepentingan madrasah. Visi Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Indramayu dirumuskan melalui nilai-nilai yang akan dikembangkan dan aspirasi madrasah di masa depan. Sementara itu, misi Madrasah Negeri 9 Indramayu memiliki tingkat urgensi yang sama dalam mencapai visi yang telah ditetapkan, menjadi referensi untuk pengembangan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Indramayu bersifat untuk membimbing perumusan target, kebijakan, dan program-program untuk merealisasikan visi dan misi yang telah dirumuskan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Rifqotun Nada, Magister Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
    Magister Manajemen Pendidikan

References

Afifah, Rasma, Ujang Nurjaman, and Faiz Karim Fatkhulloh, Implementasi Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi Di Lembaga Pendidikan Islam, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(3) (2022), 93650
Akdon, Strategis Managemen for Educational Management (Bandung: Alfabeta, 2006)
Anisa, Citra Ayu, and Rahmatullah, Visi Dan Misi Menurut Fred R . David Dalam Perspektif Pendidikan Islam, EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1) (2020), 7087
Calam, Ahmad, Ainul Marhamah, and Ilham Nazaruddin, Reformulasi Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah, Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(2) (2020), 17596
Calam, Ahmad, and Amnah Qurniati, Merumuskan Visi Dan Misi Lembaga Pendidikan, Saintikom, 15 (1) (2016)
Hendra, Ritman, and Monadia Turrahmi, Educational Special Services Management, PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 2(3) (2022), 0114
J. Salusu, Pengambilan Keputusan Stratejik (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996)
Khafid, Syaiful, PERUMUSAN VISI DAN MISI MADRASAH DALAM PERSPEKSTIF FILSAFAT ADMINISTRASI, Tarqiyah, 1 (1) (2020)
Kurniawan, Asep, Metodologi Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018)
Lestari, Sudarsri, Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi, Edureligia, 2 (2) (2018)
Lilik, Lailia Nur Baity, and Ahmad Khoiri, Implementasi Visi, Misi, Dan Tujuan Sekolah Untuk Mencapai Sekolah Bermutu Di SMP Istiqomah Sambas Purbalingga, Community: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1) (2022), 111
Mariana, Dielfi, and Achmad Mahrus Helmi, Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Di Indonesia, Jurnal PendidikanTambusai, 6(1) (2022), 190719
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani, Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0, JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7) (2021), 66477
Nasrah, Andi Riswan, Colle M Said, and Muhammad Hilal, Implementasi Visi Dan Misi Di SMP Muhammadiyah Kodolagon Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Kolaboratif Sains, 2 (1) (2019)
Patmawati, Imas, Miftah Nurul Maarif, Euis Hayun Toyibah, and Cici Rasmanah, Pentingnya Visi, Misi, Dan Tujuan Sekolah, Jurnal Pelita Nusantara: Kajian Ilmu Sosial Multidisiplin, 1(2) (2023), 18287
Pramitha, Devi, Urgensi Perumusan Visi, Misi Dan Nilai-Nilai Pada Lembaga Pendidikan Islam, Tarbawi, 1 (1) (2016)
Puteri, Dini Dwi Yustia, and Prihantini, ‘Rumusan Visi Misi Dan Konsistensinya Terhadap Kultur Sekolah’, INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(2) (2020), 11–18
Rio, Askam, Muh Alamsah, and Apriani Safitri, ‘Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Di SMK Negeri 4 Kendari, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 1 (2) (2020)
Rusydi, Muhamad Fatih, Penentuan Strategi Dalam Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam, College Quality Assurance Journal, 1(1) (2020), 8895 <https://doi.org/https://doi.org/10.36835/cqaj.v1i1.17>
Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif (Surakarta: UNES Press, 1996)
Syafitri, Intan Rahmayuni, Nur Halimahturrafiah, Edi Sucipto, and Ahmad Sabandi, Merumuskan Visi Dan Misi Pada Pendidikan Dasar Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Indonesia’, Aulad : Journal on Early Childhood, 6.3 (2023), 234–43 <https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.504>
Wahab, Abdul, ‘Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Penyusunan Visi Misi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batang’, JIEM: Journal of Islamic Educational Management, 6(1) (2022), 8189
Zulfania, Safira, Analisis Rumusan Visi, Misi, Dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK II Pertiwi, WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1) (2021), 4858

Downloads

Published

2024-01-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS PERUMUSAN VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 INDRAMAYU. (2024). Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 28-38. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1864

Similar Articles

21-30 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.