MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRASI DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI 2 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.806Keywords:
Curriculum Management, IntegrationAbstract
This research was conducted at MTsN 2 Kota Malang that are advanced and performing with the aim of analyzing and finding: (1) the concept of integration curriculum, (2) implementation of integration curriculum management, (3) implications of integration curriculum management.
This study uses an interpretative paradigm, with a qualitative approach, a type of case study, with a multi site design. Data collection is done by in-depth interviews, participant observation, and documentation.
Downloads
References
Ahmad, Rahimah Haji, Educational Development and Reformation in Malaysia: Past, Present and Future, dalam Journal of Educational Administration 36 (5) 1998.
Fatmawati, Erma Profil Pesantren Mahasiswa: Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren (Yogyakarta: LkiS, 2015)
Fogarty, Robin, How To Integrate the Curricula (California: Corwin, 2009)
Hadijaya, Yusuf, Pengembangan Kurikulum Integratif Pendidikan Dasar dan Menengah Menuju Pembelajaran Efektif (Sebuah Analisis), dalam Jurnal Tarbiyah 22 (2) 201.
Khotimah, Khusnul, Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo, dalam Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam dengan Realitas 1 (2) 2017.
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Madrasah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Neolaka, Amos dkk., Landasan Pendidikan (Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup (Jakarta: Kencana, 2017)
Salkind, Neil J. Teori-Teori Perkembangan Manusia (Pengantar Mnuju Pemahaman Holistik), diterjemahkan M. Khozim , (Bandung: Nusa Media, 2010).
Sirait, Hamdhan Djainuddin & Sangkot, Pembelajaran Tauhid Berbasis Lingkungan di SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam 13 (1) 2016.
Suyatno, Integrasi Ilmu di Madrasah Dasar (Studi Kasus Kurikulum Terpadu di SDIT Lukmanul al-Hakim Surakarta), dalam Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Madrasah Dasar 1 (3) 2014.
Thepphasoulithone, Allan MacKinnon & Phonesavanh, Educational Reform in Laos: A Case Study, dalam International Journal of Educational Studies 1 (1) 2014.
Triwijiyanto, Liya Mayasari & Teguh, Manajemen Kurikulum Berbasis Tauhid, dalam Jurnal Manajemen Pendidikan 24 (1) 2013.
Waschull, Stefanie B. Improving Developmental Education Reform in Florida, dalam Promising Practices in Developmental Education Issue 182, 2018.
Widodo, Sembodo Ardi, Problematika Pendidikan Islam (Suatu Tinjauan dari Aspek Epistemologi), dalam Abdur Rahman Assegaf, dkk., Pendidikan Islam di Indonesia, (Yogyakarta: Suka Press, 2007).
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan (Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2001)
Zuhri, Convergentive Design (Kurikulum Pendidikan Pesantren: Konsepsi dan Aplikasinya) (Yogyakarta: Deepublish, 2016)
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- liliana, Jumat Barus, Maya Safitri, Abdullah Abdul Bashid Muhamad al-Barid al-Kataruni, PENINGKATAN KUALITAS LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENERAPAN SIX SIGMA PADA MTsS AL MUSLIMUN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Bordaleni Siregar, Dr. Kardina Engelina Siregar, M.Pd. Siregar, STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM LITERASI DI SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Femi Sri Wahyuni, Mulyawan Safwandy Nugraha, STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS
- Husnil Mubarok, Implementasi Education Management Information System ( EMIS ) Dalam Mengelolah Data Lembaga Di Madrasah Tsanawiyah Darussa’adah Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2021): DESEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.