Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam
DOI:

Keywords:
psychology, sufism, Islamic education, exoteric and esoteric dimensionAbstract
Downloads
References
Baharuddin. 2004. Paradigma Psikologi Islami: Studi tentang Elemen Psikologi dari Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baharuddin. 2005. Aktualisasi Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bastama, Hanna Djumhana. 1994. Kedudukan Ruh dalam Sturktur Kepribadian Manusia Menujun Psikologi Islami, dalam Fuad Nashori. (ed). Membangun paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: SIPRESS.
Basyir, Kunawi “Makna Eksoteris dan Esoteris Agama dalam Sikap Keberagamaan Eksklusif dan Inklusif”, Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol. 8 No. 1 (2018), hlm. 237.El-Fiky, Ibrahim. 10 Kesys To Ultimate Sucsses, Terj Bagus Dewanto, (Jakarta: Tugu Publisher, 2011), Hal 11,12,13 Dengan Sedikit Perubahan. Ibrahim El-Fiki adalah seorang Motivator Muslim dunia yang berasal dari Canada.
Hadiyan, Hubungan Tasawuf, Ilmu Kalam, dan Filsafat, disampaikan pada Perkuliahan Tatap Muka Ke-4 Ilmu Tasawuf 8 November 2008, (online) .
Hawi, Akmal. 2014. Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Imron, Ali “Tasawuf dan Problem Psikologi Modern”, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman , Vol.29, No. 1 (2018), hlm 24.Maslahat, Meta Malihatul “Manusia Holistik Dalam Perspektif Psikologi dan Tasawuf”, Syifa al-Qulub: Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, Vol. 4, No. 1 (2019), abstract.Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran PAI. (Jakarta: Misaka Galiza.
Mutholingah, Siti. “Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Talimuna, Vol. 10, No. 01, Maret 2021, hlm. 78.
Ocha, Nining. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran, http://ningningocha.wordpress.com/2011/06/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-belajar-dan pembelajaran/, diakses 27 September 2017.
Solihin dan Rosihon Anwar, 2014. Ilmu Tasawuf. Cet. Ke-3. Bandung: Pustaka Setia.
Solihin. 2001. Sejarah dan pemikiran Tasawuf di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Tamrin, Dahlan. 2010. Tasawuf Irfani: Tutup Nasut Buka Lahut. Malang: UIN Press.
Tebba, Sudirman. 2003. Tasawuf Positif. Bogor: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Kholidah Nur, Ali Masran Daulay, Junita Irawati, CHARACTER REVITALIZATION THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 1 MANDAILING NATAL , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 1 (2025): MARET
- Syamsul Rijal, REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Supandi Supandi, KONTEKTASI POLITIK PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Moh. Wardi, MODERNISASI MU’ALLIMIN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Muzammil Muzammil, PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Relevansi Konsep Pendidikan Dalam Kitab Ta'lim Muta'alim) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Yuanda Kusuma, PENDIDIKAN ISLAM DAN TUNTUTAN ZAMAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2014): MARET
- Khalimatus Sa’diyah, MEMBUMIKAN ISLAM NUSANTARA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Zaedun Na'im, MADRASAH: ANTARA TRADISI DAN TUNTUTAN PERUBAHAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Siti Mutholingah, Muh. Rodhi Zamzami, RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Abdul Gafur, Siti Mutholingah, Misbahul Munir, MEMBANGUN SIKAP TOLERAN DAN DEMOKRATIS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, INOVASI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PROGRAM UNGGULAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- A. Qomarudin, PLURALISME DAN MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
- Zen Amrullah, Siti Mutholingah, INOVASI PEMBELAJARAN DI PESANTREN SALAF , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 2 (2023): SEPTEMBER