PENDIDIKAN ISLAM DAN KESADARAN PLURALISME
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.146Keywords:
Pendidikan Islam, PluralismeAbstract
Islam menurut mayoritas pemeluknya adalah agama holistik. Islam tidak hanya diartikan sebagai agama tauhid belaka, melainkan ajaran yang menyangkut semua aspek kehidupan, agama publik, pluralisme agama tidak sekedar persoalan mengakomodasi klaim-klaim kebenaran agama dalam wilayah pribadi, tetapi juga persoalan kebijakan publik di mana pemimpin muslim harus mengakui dan melindungi kebebasan beragama, tidak hanya intra-umat Islam, tetapi antar-agama dan agama penutup yang mengajarkan ketuhanan dan kemanusiaan, termasuk di dalamnya persoalan pluralisme. Pluralisme adalah sesuatu terlahir dari dalil ajaran ketuhanan. Akal menyimpulkan bahwa jika keesaan hanya milik Allah, maka selain-Nya tidak layak untuk menyandangnya yang berarti selain Allah adalah pluralitas. Kemajemukan serta keberagaman dalam hal agama, tradisi, kesenian, kebudayaan, cara hidup, dan pandangan nilai yang di anut oleh kelompok etnis masyarakat Indonesia. Pada satu sisi, keberagaman dan kemajemukan ini bagi Indonesia bisa menjadi kekuatan yang positif dan konstruktif. Pada sisi lain, akan menjadi kekuatan yang negatif dan destruktif apabila tidak di arahkan dengan positif
Downloads
References
Ali, Muhammad, Teologi Pluralis-Multikultural Menghargai Kemajemukan Menjalin Kebersamaan, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2003.
Alma, Buchari, Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta, 2006.
Asy’ari, Musa, Dialektika Agama untuk Pembebasan Spiritual, Yogyakarta : Lesfi, 2002.
Badhawy, Zakiyuddin, Ambivalensi Agama Konflik & Nirkekerasan. Yogyakarta: LESFI, 2002.
Badhawy, Zakiyuddin, Ambivalensi Agama Konflik & Nirkekerasan, Yogyakarta: LESFI, 2002.
Baqir, Haidar Kompas, 28 Februari 2003.
Charles EF (ed), “New Practical Standard Dictionary”, Vol. A-P. New York: Funk and Wagnall Company, 1955.
Coward, Harold, Pluralism, Challenge to World Religion, New York: Inner Traditions International Ltd, 1995.
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Departemen Agama RI, 2002.
Hamka, Tafsir al-Azhar, Jus XXV-XXVI. Jakarta: Pustaka Panjimas, Cet IV, 2003.
Hayati, Nur Rohmah, “Implementasi Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Budha) Tentang pluralisme agama di SMP N 17 Purworejo”, Thesis. Jogjakarta: UIN SUKA, 2015.
Hidayat, Komaruddin (ed)., Passing Over Melintasi Batas Agama, Jakarta: Gramedia dan Paramadina, 1998.
Hidayat, Komaruddin, Menafsirkan Kehendak Tuhan. Jakarta:Teraju, 1998.
Imarah, Muhammad, Islam dan Pluralitas, Jakarta: Gema Insani, 1999.
Ismail, Nawari, Konflik Umat Beragama Dan Budaya Lokal, Bandung: Lubuk Agung, 2011.
Jandra, M., “Islam dalam Konteks Budaya dan Tradisi Plural,” ed: Zakiyuddin Baidhawy dan Mutohharun Jinan, Agama dan Pluralitas Budaya Lokal. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2003.
Kistanto, Nurdin H., Etika Pergaulan Sosial-Relijius dalam Masyarakat Majemuk dalam Alif Theria Wasim (Ed), Harmoni Kehidupan Beragama: Problem, Praktik & Pendidikan, Yogyakarta: Oasis Publisher, 2005.
Ma’arif, Ahmad Syafii, Masa Depan Bangsa Dalam Taruhan, Yogyakarta: Pustaka, 2000.
Ma’arif, Samsyul, The Baeuty of Islam “Dalam Cinta dan Pendidikan Pluralisme.
Mahfud, Moh. Md. Dkk., Kritik sosial Dalam Wacana Pembangunan, Yogyakarta: UII Press, 1997.
Media Indonesia, 27 Februari 2011
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam : Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung : Nuansa, 2003.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Naim, Ngainun, Teologi Kerukunan Mencari Titik Temu Dalam Keragaman, Yogyakarta: Teras, 2011.
Nata, Abuddin MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Grafindo, 2000.
Quantum, Menyempurnakan Pendidikan Pluralisme, Semarang: LPM EDUKASI, 2011.
Rachman, Budhy Munawar, Argumen Islam untuk Pluralisme, Jakarta: Grasindo, 2010.
Shihab, Alwi, Islam Inklusif Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1999.
Syaefullah, Asep, Merukunkan Umat Beragama Studi Pemikiran Tarmizi Taher tentang Kerukunan Umat Beragama. Jakarta, Grafindo Khazanah Ilmu, 2007.
Thoha, Anis Malik, Tren Pluralisme Agama Tinjauan Kritis, Jakarta: Perspektif, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Salman Al Farisi, Abdurrosyid, Pengembangan Buku Ajar Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Afifurrahman Afifurrahman, Rofayatun Rofayatun, PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGOO , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Achmad Roziqin, Rosidin, Internalisasi Nilai-Nilai Religius melalui Ektrakurikuler Pramuka di MTs dan MA Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Winda Sri Rahayu, Rizqi Maulana, Novi Fadhilah Sopian, M. Makbul, Nur Aini Farida, Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Praktik Wudhu Siswa Kelas 2C di SDN Duren 3 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Mutamakin Mutamakin, RELASI GENDER DALAM PENDIDIKAN ISLAM ( Analisis Pendidikan Islam Menurut Al Ghazali ) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- Muhammad Ilyas Junaidi Addahil, PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM : TINJAUAN EPISTIMOLOGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Moh Imron Mudlori, Abdul Basit, ANALISIS PROBLEMATIKA TANTANGAN MADRASAH SEBAGAI TIPOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAN SOLUSI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Siti Yumnah Syaukani, PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF GENDER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Zaidun Naim, IMPLIKASI DESENTRALISASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 2 (2014): SEPTEMBER
You may also start an advanced similarity search for this article.