PENDIDIKAN ISLAM DAN KESADARAN PLURALISME
DOI:
https://doi.org/10.32478/ta.v7i1.146Keywords:
Pendidikan Islam, PluralismeAbstract
Islam menurut mayoritas pemeluknya adalah agama holistik. Islam tidak hanya diartikan sebagai agama tauhid belaka, melainkan ajaran yang menyangkut semua aspek kehidupan, agama publik, pluralisme agama tidak sekedar persoalan mengakomodasi klaim-klaim kebenaran agama dalam wilayah pribadi, tetapi juga persoalan kebijakan publik di mana pemimpin muslim harus mengakui dan melindungi kebebasan beragama, tidak hanya intra-umat Islam, tetapi antar-agama dan agama penutup yang mengajarkan ketuhanan dan kemanusiaan, termasuk di dalamnya persoalan pluralisme. Pluralisme adalah sesuatu terlahir dari dalil ajaran ketuhanan. Akal menyimpulkan bahwa jika keesaan hanya milik Allah, maka selain-Nya tidak layak untuk menyandangnya yang berarti selain Allah adalah pluralitas. Kemajemukan serta keberagaman dalam hal agama, tradisi, kesenian, kebudayaan, cara hidup, dan pandangan nilai yang di anut oleh kelompok etnis masyarakat Indonesia. Pada satu sisi, keberagaman dan kemajemukan ini bagi Indonesia bisa menjadi kekuatan yang positif dan konstruktif. Pada sisi lain, akan menjadi kekuatan yang negatif dan destruktif apabila tidak di arahkan dengan positif
Downloads
References
Ali, Muhammad, Teologi Pluralis-Multikultural Menghargai Kemajemukan Menjalin Kebersamaan, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2003.
Alma, Buchari, Moral dan Kognisi Islam. Bandung: Alfabeta, 2006.
Asy’ari, Musa, Dialektika Agama untuk Pembebasan Spiritual, Yogyakarta : Lesfi, 2002.
Badhawy, Zakiyuddin, Ambivalensi Agama Konflik & Nirkekerasan. Yogyakarta: LESFI, 2002.
Badhawy, Zakiyuddin, Ambivalensi Agama Konflik & Nirkekerasan, Yogyakarta: LESFI, 2002.
Baqir, Haidar Kompas, 28 Februari 2003.
Charles EF (ed), “New Practical Standard Dictionary”, Vol. A-P. New York: Funk and Wagnall Company, 1955.
Coward, Harold, Pluralism, Challenge to World Religion, New York: Inner Traditions International Ltd, 1995.
Departemen Agama RI, al-Qur’an dan Terjemah, Jakarta: Departemen Agama RI, 2002.
Hamka, Tafsir al-Azhar, Jus XXV-XXVI. Jakarta: Pustaka Panjimas, Cet IV, 2003.
Hayati, Nur Rohmah, “Implementasi Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Budha) Tentang pluralisme agama di SMP N 17 Purworejo”, Thesis. Jogjakarta: UIN SUKA, 2015.
Hidayat, Komaruddin (ed)., Passing Over Melintasi Batas Agama, Jakarta: Gramedia dan Paramadina, 1998.
Hidayat, Komaruddin, Menafsirkan Kehendak Tuhan. Jakarta:Teraju, 1998.
Imarah, Muhammad, Islam dan Pluralitas, Jakarta: Gema Insani, 1999.
Ismail, Nawari, Konflik Umat Beragama Dan Budaya Lokal, Bandung: Lubuk Agung, 2011.
Jandra, M., “Islam dalam Konteks Budaya dan Tradisi Plural,” ed: Zakiyuddin Baidhawy dan Mutohharun Jinan, Agama dan Pluralitas Budaya Lokal. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2003.
Kistanto, Nurdin H., Etika Pergaulan Sosial-Relijius dalam Masyarakat Majemuk dalam Alif Theria Wasim (Ed), Harmoni Kehidupan Beragama: Problem, Praktik & Pendidikan, Yogyakarta: Oasis Publisher, 2005.
Ma’arif, Ahmad Syafii, Masa Depan Bangsa Dalam Taruhan, Yogyakarta: Pustaka, 2000.
Ma’arif, Samsyul, The Baeuty of Islam “Dalam Cinta dan Pendidikan Pluralisme.
Mahfud, Moh. Md. Dkk., Kritik sosial Dalam Wacana Pembangunan, Yogyakarta: UII Press, 1997.
Media Indonesia, 27 Februari 2011
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam : Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung : Nuansa, 2003.
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Naim, Ngainun, Teologi Kerukunan Mencari Titik Temu Dalam Keragaman, Yogyakarta: Teras, 2011.
Nata, Abuddin MA, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Grafindo, 2000.
Quantum, Menyempurnakan Pendidikan Pluralisme, Semarang: LPM EDUKASI, 2011.
Rachman, Budhy Munawar, Argumen Islam untuk Pluralisme, Jakarta: Grasindo, 2010.
Shihab, Alwi, Islam Inklusif Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1999.
Syaefullah, Asep, Merukunkan Umat Beragama Studi Pemikiran Tarmizi Taher tentang Kerukunan Umat Beragama. Jakarta, Grafindo Khazanah Ilmu, 2007.
Thoha, Anis Malik, Tren Pluralisme Agama Tinjauan Kritis, Jakarta: Perspektif, 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Muchammad Farkhan Nudin, Abu Amar Bustomi, Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Dinda Putri Somantri, Oyoh Bariah, M. Makbul, Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Ekstrakurikuler Rohis terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Irsyad Zafir Ramadhan, Ali As'ad, Penerapan Pembelajaran Program Kitab Kuning untuk Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Rosidin, Studi Komparatif Indikator Toleransi Beragama di Indonesia dalam Perspektif Teori Multikultural Barat dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Nafa Nabilah, Faridatun Nikmah, Multicultural Education Values in Film ‘Ke Jogja’ and ‘Ke Jogja 2’ (Semiotic Study on Paniradya Kaistimewan Youtube Account) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Anwar Sa’dullah, MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Humanisasi Aqidah Melalui jalur formal) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2012): MARET
- Muh. Rodhi Zamzami, PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 6 No. 1 (2017): MARET
- Moh. Nafi’, NU DALAM PERKEMBANGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2012): SEPTEMBER
- Moh. Mansur Fauzi, HADIS TARBAWI PERSPEKTIF TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.