PENATARAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL BERBASIS MUATAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v12i2.1758Keywords:
Penatatan, Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Muatan Lokal, Pengembangan KurikulumAbstract
Abstract: This research aims to describe the value education of Multicultural Islamic Education based on local content as a curriculum development strategy. This research is a literature review using trusted references as research data. The results of this research indicate that the policy formulation to resolve problems in an effort to divert the goal of developing the Multicultural Islamic Education curriculum is to make upgrading the values of Multicultural Islamic Education local content. Through learning local content, the values of Multicultural Islamic Education can be taught more freely in both material and practice. So that students have the skills and attitudes needed to interact and collaborate with people from different cultural and religious backgrounds
Keywords: Upgrading, Value of Multicultural Islamic Education, Local Content, Curriculum Development
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penatran nilai Pendidikan Islam Multikultural berbasis muatan lokal sebagai strategi pengembangan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian literatur review dengan menjadikan referensi-referensi terpercaya sebagai data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa formulasi kebijakan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam upaya perwujudan tujuan pengembangan kurikulum Pendidikan Islam Multikultural adalah menjadikan penataran nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural sebagai muatan lokal. Melalui pembelajaran muatan lokal tersebut, nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural bisa secara lebih leluasa diajarkan baik materi maupun prakteknya. Sehingga siswa menjadi memiliki keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang dari latar belakang budaya dan agama yang berbeda
Kata kunci: Penataran, Nilai Pendidikan Islam Multikultural, Muatan Lokal, Pengembangan Kurikulum
Downloads
References
Al-Madani, Khalid. (2020). Integrasi Interkoneksi Pendidikan Multikultural Berbasis Moderasi Islam Melalui Kurikulum Keagamaan Pendidikan Tinggi. Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora. 1. 46-55. 10.33650/Trilogi.V1i2.2860.
Assayuthi, Jalaludin. (2020). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal. 5. 240-254. 10.15575/Ath.V5i2.8336.
Badan Penelitian & Pengembangan Kurikulum Pusat. (2023). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Agama Departemen Pendidikan Nasional.
Bahri, Syamsul. (2021). Inovasi Kurikulum Pai Berbasis Multikultural Di Madrasah Aliyah. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora. 8. 101-121. 10.47574/Kalam.V8i2.94.
Gunawan, Raden. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural. Journal Of Educational Research. 1. 23-40. 10.56436/Jer.V1i1.8.
Halim, Abdul. (2021). Pendidikan Islam Multikultural Dalam Prespektif Azyumardi Azra. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam. 13. 139-157. 10.32806/Jf.V13i01.5081.
Mubarok, Ramdanil. (2021). Peran Dan Fungsi Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. 3. 75-85. 10.37567/Cbjis.V3i2.984.
Nadila, Solehatun. (2022). Pengelolaan Kurikulum Pendidikan.
Pratama, Muhammad Fajar. (2022). Manajemen Kurikulum Pendidikan.
Qomarudin, Muslih. (2022). Model Pengembangan Kurikulum Pai Multikultural. Al-I'tibar : Jurnal Pendidikan Islam. 6. 98-101. 10.30599/Jpia.V6i2.647.
Ramdhan, Tri Wahyudi. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi Dan Kompetensi Peserta Didik). Journal Piwulang. 1. 121. 10.32478/Ngulang.V1i2.233.
Saiwanto, Saiwanto & Alwlid, Mommed & Haris, Abdul & Yazid, Syamsul. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Sains. 2. 1039-1050. 10.36418/Jurnalsosains.V2i9.481.
Selamet, & Supiana, & Zaqiah, Qiqi. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Munadzomah. 1. 97-111. 10.51192/Almunadzomah.V1i2.320Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Amir Mukminin, Abdul Rochman, Ratih, Uliyatul Marfu'ah, Suliwati, Peningkatan Nilai-Nilai Spiritualitas Siswa melalui Metode Pembiasaan di SMK Daya Wangsa Wonogiri , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Wildan Kamalludin, Ganjar Muhammad Ganeswara, Fahrudin -, INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR'AN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Imam Malik Masyhuri, TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Wahyu yudi, Khoirun Nisa', PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMP ISLAM MBAH BOLONG WATUHGALUH JOMBANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Nurlela, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki, Inovasi Pendidikan Melalui Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK Al-Fathimiyah Karawang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Ahmad Choirun Najib, Darnoto, Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam di Era Modern dalam Penggunaan Artificial Intelligence (AI) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Khalimatus Sa’diyah, MEMBUMIKAN ISLAM NUSANTARA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.