IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM DI ERA MILENIAL PADA PONDOK PESANTREN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.269Keywords:
Pendidikan karakter, Milenial, PesantrenAbstract
Pendidikan karakter Islam bagi kalangan mahasiswa diera milenial mutlak diperlukan, karena mahasiswa merupakan aset bangsa yang menjadi agen perubahan (agent of change) dan calon pemimpin di masa yang akan datang. Pendidikan untuk menghargai pentingnya nilai- nilai moral membentuk rasa ingin berbuat baik dan mampu berbuat baik adalah cita-cita yang diharapkan mampu diwujudkan di era perubahan yang semakin cepat. Oleh karenanya dibutuhkan formulasi pendidikan karakter yang sesuai dengan keadaan jaman dan dalam menghadapi tantanganya.
Penelitian dengan pendekatan fenomenoologis perlu dilakukan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakkter Islam di era minelial pada lembaga pendidikan Islam (pondok pesantren mahasiswa), sehingga dengan menggunakakn metode penelitian kkualitatif diharapkan menemukan pelaksanaan pendidikan karakter yang efektif dan efisien.
Hasil penelitian ini diantaranya adalah pelaksanaan pendidikan selama 24 jam meliputi pendidikan Ri’ayah wal Irsyad (kepengasuhan), Ta’dib wat Tahdzib (kesantrian), dan Dirosah/ Tadris Wat Ta’liim (Pengajaran) ditambah empat lainnya yaitu tradisi pesantren, jiwa pesantren, kedisiplinan, dan struktur organisasi/manajemen dapat dijadikan bahan rujukan dalam meningkatkan mutu pendidikan karakter di IndonesiaDownloads
References
al-Ghazaly, Abi Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya’ ulumuddin. juz 3.
Dokumen Profil Berdirinya Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. 2016.
http://msaa.uin-malang.ac.id/sample-page/ diakses 1 Oktober 201. Jam 10.38 Am.
Lalo, Kalfaris. Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian Volume 12 Nomor 2 Juli 2018.
Mike Frye, at all. Character Education Informational Handbook and Guide. Public Schools of North Carolina State Board of Education Department of Public Instruction Division of Instructional Services Character Education. 2002.
Nurina, Siti Hakim dan Aliffatullah Alyu Raj. Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Octavia, Lanny dkk. Pendidikan karakter berbasis tradisi pesantren. Jakarta: Rumah Kitab. 2014.
Putra, Yanuar Surya. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. Vol.9 No. 18. Desember 2016.
Ryan, Kevin dan Karen E Bohlin. building charakter in schools Practical ways to bring moral intruction to life. San Fransisco:Jossey-Bass Publishers. 1999.
Said, Akhmad. "Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah." journal EVALUASI 2.1 .2018.
Sugono, Dendy dan Meity Taqdir Qodratillah (eds). Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Umro, Jakaria. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam ( Kajian Penerapan Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga ) Jurnal Al-Makrifat Vol 2, No 1, April 2017.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- SITI M. HALIMAH, Aninda Ika Sabhrina, NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPEMIMPINAN KHALIFAH HARUN AR-RASYID , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Abdul Gafur, Siti Mutholingah, Misbahul Munir, MEMBANGUN SIKAP TOLERAN DAN DEMOKRATIS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 2 (2021): SEPTEMBER
- Erlita Budiarti, RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Dwi Nurmalina, PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Ali Mahmudi, Kasuwi Saiban, Mufarrihul Hazin, SOLUSI TERHADAP PROBLEMATIKA DISINTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TRI PUSAT PENDIDIKAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 1 (2022): MARET
- Ali Mahmud, PENGEMBANGAN MADRASAH LITERAT BERBASIS PESANTREN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Siti Mutholingah, A. Qomarudin, Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 11 No. 2 (2022): SEPTEMBER
- Mohammad Faizin, Yahya Aziz, Nurul Hanifah Putri, Azzahra Ulil Albab, METODE HIWAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL GHAZALI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Muh Rifqal Kaylafayza Rizky, Moh Faizin, Sita Rahmasari, Wahyu Adi Saputra, KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU SINA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Mu'arifatul Waroh, Kustiana Arisanti, Herwati Herwati, PENGUATAN NILAI – NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER HADRAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
- Rahmatullah Rahmatullah, LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Sumarji Sumarji, Rahmatullah Rahmatullah, UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Akhmad Said, PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI UMUM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, Ahmad Fahrul Misbah, PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY'ARI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 12 No. 1 (2023): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.