PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS IMTAQ DAN IPTEK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MATA PELAJARAN SAINS MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v9i1.345Keywords:
Developing, Learning Module, Science, Islamic Integration-ScienceAbstract
Downloads
References
Abdullah, A.S. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an. Bandung: Rineka Cipta, 1994.
Aisyah, Siti. “Persepsi Tokoh Masyarakat Terhadap Kiprah Sosial Dan Kiprah Akademik Alumni IAIN Antasari Banjarmasin.†Disertasi tidak diterbitkan, UIN Antasari Banjarmasin, 2018.
Aslan. “Dinamika Pendidikan Islam DI Zaman Penjajahan Belanda.†Syamil 6, no. 1 (2018): 39–50.
———. “Kurikulum Pendidikan VS Kurikulum Sinetron.†Khazanah: Studi Islam dan Humaniora 14, no. 2 (2016): 135–148.
Aslan, Agus Setiawan, dan Hifza. “Peran Pendidikan dalam Merubah Karakter Masyarakat Dampak Akulturasi Budaya di Temajuk.†FENOMENA: Jurnal Penelitian 11, no. 1 (2019): 11–30. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1403.
Asnimar, Hasmalena, Syafdaningsih, Rukiyah, dan Mahyumi Rantina. Bahan Ajar Bidang Pengembangan Berbasis Saintifik Sesuai Kurikulum 2013. Jawa Barat: EDU PUBLISHER, 2019.
Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan aksi. Bandung: Mizan, 2005.
Bakhtiar, Amsal. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
Buseri, Kamrani. Dasar, Asas dan Prinsip Pendidikan Islam. Banjarmasin: IAIN Antasari, 2014.
———. Pendidikan Keluarga Dalam Islam Dan Gagasan Implementasinya. Yogyakarta: Lanting Media Aksara Publishing House, 2010.
Damami, Mohammad. Dayah, Surau, dan Pesantren: Lembaga Pusat Kegiatan Islam dan Tantangannya, dalam Buku Antologi Studi Islam. Yogyakarta: Pascasarjana Press Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2003.
Fanani., dkk, Zainuddin. Pengembangan studi Islam dalam dimensi Filososi dalam Studi Islam Asia-Tenggara. Surakarta: Press, 1999.
Haryanto. Diktat Bahan Kuliah: Pengembangan Pendidikan Kurikulum Luar Biasa. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Luar Biasa: Fakultas Ilmu Pendidikan, 2010.
Karwadi. “Integrasi Paradigma Sains dan Agama dalam Pembelajaran Akidah.†Jurnal Penelitian Agama XVII, no. 8 (2008): 520–60.
Kawamura, Chiyo. “Pendidikan Sekolah Rakyat di Jawa Pada Masa Pendudukan Jepang dari Perspektif Buku Pelajaran.†Lembaran Sejarah 7, no. 1 (2004): 155–72.
Lapidus, Ira M. A History of Islamic Societes. New York: Cambridge University Press, 1991.
Maksudin. Pendidikan Karakter Non Dikotomik. Yogyakarta: FTK UIN Sunan kalijaga, 2013.
Malla, Hamlan Hi. AB. Andi. “Madrasah Dalam Sistem Pendidikan Nasional.†INSPIRASI X (2010): 165–74.
Masyhud, H. M. Sulthon, Moh. Khusnurdilo, Mastuki, dan Sigit Muryono. Manajemen Pondok Pesantren. Cet-2. Jakarta: Diva Pustaka, 2005.
Mujiburrahman. Feeling Treatened Muslim-Christian Relations in Indonesia’s New Order. Amsterdam: University Press, 2006.
———. “Korupsi dan Impian Hati.†Banjarmasin Post, 8 Januari 2018. http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/01/08/korupsi-dan-impian-hati.
Mustofa, Ali. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Pesantren, Madrasah Dan Sekolah,†t.t.
Piliang, Yasraf Amir. Dunia Yang Telah Diliipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Matahari, 2011.
Razali, Mutiara Fahmi. “APENDIKS: Tranformasi Semangat Kebangkitan Kota Hiroshima dan Kesennuma di Jepang ke Pesantren di Indonesia.†Media Syariah XV, no. 2 (2013): 271–80.
Rohman, Miftahur. “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Penjajahan Jepang.†Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Agama Islam 02, no. 01 (2018): 15–33.
Sabarudin, Muhammad. “Pola dan Kebijakan Pendidikan Islam Masa Awal dan Sebelum Kemerdekaan.†Jurnal Tarbiya 1, no. 1 (2015): 139–74.
Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern, terj. Karel A. Steenbrink dan Abdurrahman. Cetakan II. Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1994.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2006.
Tendi. “Propoganda Terhadap Umat Islam di Zaman Jepang, 1942-1945.†Tamaddun 6, no. 1 (2018): 56–82.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI (last). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan: Bagian I: Ilmu Pendidikan Teoretis. Grasindo, 2007.
Toyyar, Husni. “Model–Model Integrasi Ilmu dan Upaya Membangun Landasan Keilmuan Islam.†Makalah, UIN Sunan Kalijaga, 2008.
Walter, Dick, dan Lou Carey. The Systematic Design of Instruction. USA: Scott, Foresman and Company, 1978.
Widodo, Chomsin S., dan Jasmadi. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Wahyu yudi, Khoirun Nisa', PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMP ISLAM MBAH BOLONG WATUHGALUH JOMBANG , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Irsyad Zafir Ramadhan, Ali As'ad, Penerapan Pembelajaran Program Kitab Kuning untuk Menguatkan Karakter Religius Peserta Didik di MA Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Zaedun Naim, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2013): SEPTEMBER
- Junaidi Marbun, Mohamad Tabri , Muhamad Azmy, Zulka Efendi, Dedek Saputra, Ruri Albersa, Roganda, Muhammad Al Fathoni , Ahmad Faiz, Rozi Fitria, Analisis Kompetensi Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SDI Kreatif Makkah Kota Padang , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Rosidi Rosidi, IMPLEMENTASI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN PERSPEKTIF KH. HASYIM MUZADI DI MADRASAH , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 2 (2020): SEPTEMBER
- Ani Fitria Nurkhasanah, Nahdatul Khairunisa, Ummu Fitrah Widia , Amertya Azahra, Dinda Dwi Azizah , Rifdha Hayati, Debi Yandrizal , Seswi Derti, Zainal Asril , Problematika Evaluasi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SDN 09 Tiumang Dharmasraya , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Rosidin, Studi Komparatif Indikator Toleransi Beragama di Indonesia dalam Perspektif Teori Multikultural Barat dan Pendidikan Agama Islam , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Chusnul Chotimah, TINJAUAN UMUM TENTANG PENDIDIKAN ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2013): MARET
- Lailatul Afiyah, Anfa Regita Ayu Pratiwi, Maulidatuzzahro’, Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah dan Madrasah , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 2 (2024): SEPTEMBER
- Khalimatus Sa’diyah, MEMBUMIKAN ISLAM NUSANTARA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 1 (2019): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.