MANAJEMEN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v4i2.1725Keywords:
Management, Education, Family, IndependenceAbstract
This study aims to determine family education management, develop children's independence and the role of education management in the family in order to develop children's independence. The research method used is library research, namely by combining data from several literary sources that discuss the subject matter, including books, journals, proceedings of national seminars, and scientific articles related to the management of family education in developing children's independence through the perspective of a sociological approach. The results of this study indicate that family education management consists of planning, organizing, implementing and monitoring or evaluating within the family, then developing children's independence through the stages of individual development in the form of physical development, psychomotor behavior development, language development, cognitive development, social behavior development, morality development, religious development, conative development, and emotional development. By understanding these stages of development, education and learning in terms of character and independence will be well formed. Through the implementation of a series of educational management functions, synchronized with an understanding of the stages of child development physically and psychologically. It can be understood that the role of parents in developing children's independence is very important, parents as early madrassas in educating, guiding, shaping and directing how children act, behave and do work according to the stages of psychological development.
Keywords; Management, Education, Family, Independence
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan keluarga, mengembangkan kemandirian anak dan peran manajemen pendidikan dalam keluarga guna mengembangkan kemandirian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research), yakni dengan cara memadukan data dari beberapa sumber literatur yang membahas tentang pokok permasalahan, meliputi buku-buku, jurnal, prosiding seminar nasional, dan artikel-artikel ilmiah yang berhubungan dengan manajeman pendidikan keluarga dalam mengembangkan kemandirian anak melalui perspektif pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukkan manajemen pendidikan keluarga terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi dalam keluarga, selanjutnya mengembangkan kemandirian anak melalui tahapan perkembangan individu berupa perkembangan fisik, perkembangan perilaku psikomotorik, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan perilaku sosial, perkembangan moralitas, perkembangan bidang keagamaan, perkembangan konatif, dan perkembangan emosional. Dengan memahami tahapan perkembangan tersebut, pendidikan dan pembelajaran secara karakter dan kemandirian akan terbentuk dengan baik. Melalui penerapan rangkaian fungsi manajemen pendidikan, disinkronkan dengan pemahaman tahap perkembangan anak secara fisik dan psikologi. Dapat dipahami bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak sangat penting, orang tua sebagai madrasah awal dalam mendidik, membimbing, membentuk dan mengarahkan bagaimana anak bertindak, bersikap dan melakukan pekerjaan sesuai dengan tahapan perkembangan secara psikologis.
Kata kunci; Manajemen, Pendidikan, Keluarga, Kemandirian
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Dhiaul Haq, Akhmad Said, Strategi Pembentukan Jiwa Kewirausahaan Santri Melalui Program Kopontren (studi Kasus di Pondok Pesantren Darussaadah Gubugklakah Poncokusumo Malang ) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- M Kholilulloh, SCHOOL CULTURE SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF DAN SOLUTIF DALAM MANAJEMEN KONFLIK DI SMK DARUL KAROMAH SINGOSARI , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Wildtan Habibi, Rahmatullah Rahmatullah, MANAJEMEN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- liliana, Jumat Barus, Maya Safitri, Abdullah Abdul Bashid Muhamad al-Barid al-Kataruni, PENINGKATAN KUALITAS LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENERAPAN SIX SIGMA PADA MTsS AL MUSLIMUN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Dedeh Sariah, Mulyawan Safwandy Nugraha, Shamsuddin MST, INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MTS PERSIS 37 SUMEDANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Irfan Qowwiyul Aziz Alhajj, Sukarsih, Sri Wahyuni Sihombing, Gafar Alamsya, Beni Azwar, IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DI MAN 2 LEBONG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Mirza Nur Alimi, Kebijakan Pemimpin Pondok Pesantren Hidayaul Mubtadi’in Kembang Singosari Malang Dalam Pengembangan Pendidikan Formal , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Ahmad Muammar, Zaedun Na'im, Kepemimpinan Kepala Pesantren dalam Implementasi Program Wajar Dikdas di Pondok pesantren Salafiyah (Studi Kasus di PP. Daruttaâ'lim Waddaâ'wah Malang). , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Aulatun Nahdiyatid Diniyah, PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MI NURUL YAQIN BULULAWANG MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Akhmad Fakhrur Rozi, Implementasi Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Masalah Pembelajaran Di MI Al Quran Singosari Malang , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
You may also start an advanced similarity search for this article.