ANALISIS MANAJEMEN RISIKO LEMBAGA PENDIDIKAN MENUJU GENERASI EMAS DALAM PERSPEKTIF AL -QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1920Keywords:
Manajemen Risiko, Generasi Emas, Al-Qur’anAbstract
Sebuah metode yang rasional dan terorganisasi dalam melakukan rekognisi kuantifikasi menemukan solusi, sikap serta melaksanakan pengawasan dan pelaporan pada setiap proses keberlangsungan kegiatan. Manajemen risiko di lembaga pendidikan meliputi berbagai aspek yaitu sarana dan prasarana, peserta didik, sarana dan prasaran, budgeting,serta hubungan dengan masyarakat. Pada masa ini risiko dapat terjadi dalam jangkauan waktu yang tidak dapat ditentukan di berbagai wilayah artinya dapat terjadi kapan saja. Faktor terpenting untuk mewujudkan generasi emas 2045 di Indonesia yaitu pendidikan. Karena manajemen risiko mengajak individu untuk melaksanakan pendekatan terhadap ketidakpastian masa depan secara logis, konsisten dan sitematis. Untuk mewujudkan generasi emas tersebut perlu adanya kolaborasi dari semua pihak dengan mempersiapkan berbagai hal risiko yang akan dihadapi. Sebagai umat islam, penting untuk melakukan semua aktivitas yang berlandaskan kepada Al-Qur’an termasuk dalam manajemen risiko. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen risiko lembaga pendidikan menuju generasi emas dalam perspektif Al-qur’an tepatnya dalam surat yusuf ayat 43-49. Pendekatan yang diaplikasikan dalam artikel ini berupa pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode studi literatur untuk menemukan beberapa temuan yang dapat dilakukan seorang manajer muslim dalam manajemen risiko lembaga pendidikan. Oleh karena itu, konsep manajemen risiko secara berangsur menciptakan arah jalan dalam menetepkan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari termasuk di lembaga pendidikan. Penafsiran dalam surat yusuf 43-49 yaitu mengenai mimpi Raja yang dita’wilkan oleh nabi Yusuf yang berkenaan tentang perspektif Islam dalam manajemen risiko.
Downloads
References
Agustina, Resa, Zainiyatul Akhiroh, dan Mohammad Djasuli. “Manajemen Risiko Berbasis Al-Quran.” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan 2, no. 2 (2023): 491–96. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.604.
Al-Maragi, Ahmad Mustafa. Tafsir Al-Maragi Juz 12. Semarang: PT Karya Toha Putra, 2012.
Anisyatunnisa, Anas Salahudin, dan Alvin Yanuar Rahman. “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Firing Line.” Attadib: Journal of Elementary Education 4, no. 2 (2020): 43–57.
Azahra, Sifa, Windi Dwi Astuti, Yani Lutfia Rizki, Widyan Zulda Mahira, dan Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana. “Implementasi Manajemen Risiko Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai Smp N 1 Tanjung Raja Sumatera Selatan.” Annizom 7, no. 3 (2022): 240. https://doi.org/10.29300/nz.v7i3.9515.
Demina, D. “Leadership Management of Education and PersonalityLeaders of Industrial Revolution 4.0.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 8, no. 2 (2020): 153.
Egistani, Shyntia, Devi Vionitta Wibowo, Afif Nurseha, dan Tita Kurnia. “Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Menuju Indonesia Emas 2045.” Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan 17, no. 2 (2022): 141–52.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika: Kajian Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54.
Hadjaratie, Lillyan, Abd Kadim Masaong, dan Abdul Haris Panai. “Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia 2045 Menghadapi Bonus Demografi Melalui Pembelajaran Berbasis Kreatifitas.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9, no. 2 (2023): 949–58. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara%0AMempersiapkan.
Hamdani, Annisa Dwi, Najwa Nurhafsah, dan Shela Silvia. “Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045.” Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 3 (2022): 170–78.
Hamka. Tafsir Al-Azhar Jilid 5 (Surat Yunus, Hud, Ar-Ra’du, Ibrahim, Al-Hijr dan An-Nahl). Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD, 1989.
Hasanah, Uswatun, dan Jamilatul Mahya. “Memahami Manajemen Risiko Serta Landasan Hukum Dalam Agama.” NATUJA: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 2 (2023): 66–77.
Himmawan, Didik. “Peran tenaga pendidik dalam transformasi pendidikan menuju generasi emas indonesia.” Manajia 1, no. 1 (2023): 20–30.
Idah, Yusyida Munsa, dan Ronggo Agatha Prima. “Analisis Manajemen Risiko Sistem Pembelajaran Online pada Perguruan Tinggi menghadapi Pandemi Covid-19.” Jurnal Rekayasa Informasi 10, no. 1 (2021): 2013–15.
Iskandar, A.M. Negara dan Politik Kesejahteraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2021.
Kurnialoh, Nasri, Firdiansyah, dan Subhan Maulana. “Peran Pendidikan Islam Mewujudkan Generasi Emas 2045.” Khazanah: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 1–10.
Nuryovi, Nuryovi, Ono Wiharna, dan Sriyono Sriyono. “Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru.” Journal of Mechanical Engineering Education 4, no. 2 (2018): 219. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9636.
Rosyada, Ita, Farid Setiawan, Mira Ifta Rimadhani, dan Adinda Icha Rohmadani. “Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Muhammadiyah Sanden.” Masaliq 2, no. 2 (2022): 272–81. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i2.316.
Royyan, A. “Konsep Manajemen Risiko.” Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah (JUPIEKES) 1, no. 3 (2023): 130–37.
Rusandi, dan Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 2, no. 1 (2021).
Salahudin, Anas. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
Samadhinata, I Made Deva. “Efektifitas Sistem Pendidikan Dalam Mempengaruhi Terwujudnya Generasi Emas 2045.” Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin 2, no. 1 (2022): 19–26. https://doi.org/10.37329/metta.v2i1.1640.
Setiawan, Farid, Cevina Ardita, Alinda Syarofah, dan Muhammad Zaki. “Manajemen Resiko Di MI Muhammadiyah Kenteng.” LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 62–70. https://doi.org/10.35719/leaderia.v2i2.69.
Sidiq, Umar, dan Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya, 2019.
Siregar A, Fithri, dan E Sahputra. “Penerapan Sistem Pendidikan Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Luar Biasa Abc Taman Pendidikan Islam Medan.” At-Tazakki 3, no. 1 (2019): 65.
Subagyo, A, R Simanjuntak, dan Irianto A. Dasar Dasar Manajemen Risiko. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2020.
Subagyo, Ahmad, Rusli Simanjuntak, dan Alexander Irianto. Dasar-Dasar Manajemen Risiko. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2020.
Subekti, Herwanti, dan Septina Nur’aini. “Manajemen Resiko Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Al Fatih-Jurnal Pendidikan dan keislaman II, no. 2 (2019): 214–31.
Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2019): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Winoto, S. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara, 2020.
Yulianti, Yulianti. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia.” CERMIN: Jurnal Penelitian 5, no. 1 (2021): 28. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969.
Zannah, Dila Nurlaila, dan Cecep Anwar. “Manajemen risiko lembaga pendidikan dalam pesrpektif al- qur’an surat yusuf : 43-49.” Leaderia 3 (2022): 43–49. https://leaderia.iain-jember.ac.id/index.php/ldr/article/view/165.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Ilham Yahya Romandoni, Prim Masrokan Mutohar, Binti Maunah, STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPUASAN KERJA GURU , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Meylani Hamid, Peningkatan Rofesionalisme Guru Melalui Sistem Kaderisasi , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 3 No. 1 (2021): DESEMBER
- Muhammad Syauqillah, MANAJEMEN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA KERANG HIJAU DALAM PRESPEKTIF MAQOSID SYARIAH , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2021): JUNI
- Nury Firdausia, MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM PENGEMBANGKAN SKILL SANTRI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mahasiswi Daruzzahra Arrifa’i Kota Malang) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2021): JUNI
- Wahyudi Widodo, MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRASI DI MADRASAH TSNAWIYAH NEGERI 2 KOTA MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2021): JUNI
- Zaedun Na'im, MANAJEMEN KONFLIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2021): JUNI
- Aulia Rahma Agiska Putri, Dissy Syafira Salsabilla, Isma’il Sholehuddin, Trysia Syafa’atul Husnia, LEADERSHIP DALAM PERSPEKTIF ISLAM , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2021): JUNI
- Nur Sholahuddin, Hikmatul Asqi, Siti Rahmawati, Nilna Rizqiyah, FUNGSI PERENCANAAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 2 (2021): JUNI
- Muhamad Luqman Nuryana, Mulyawan Safwandy Nugraha, IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN LEMBAGA PENDIDKAN ISLAM , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 3 (2024): EDISI KHUSUS
- Risa Kharisma, Evaluasi Strategik Kepala Sekolah Demi Tercapainya Tujuan Lembaga Pendidikan , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 2 (2020): JUNI
You may also start an advanced similarity search for this article.