OPTIMALISASI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM BAITUL MAKMUR MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32478/leadership.v2i1.584Keywords:
optimalization, marketing, educational institutionAbstract
The existence of educational institutions depens on public interst, so that school are required to build a good image and good reputation of their educational institutations. Building a good image and good reputation of school on public requires a marketing. The marketing is not only how to intrpduce but also how tomake a feedback in the form of a sesnse of belonging the school, so the relationship between educatonal institutions and stakeholders are is well.
The purpose of the research are: First, to describe the existing marketing in Sekolah Dasar Islam Baitul Makmur Malang. Second, to describe marketing optimalization for developing institutions in Sekolah Dasa Islam Batul Makmur malang.
This study is qualitative research, case study type or field research. The method for collection the data are: observation, interviews and documentation. The analysis of data use; 1) data collection; 2) data condensation; 3) data presentation; 3) verification. The cheking of data use credibility and dependability.
The results of this study are: 1) The marketing which used by Sekolah Dasar Islam Baitul Makmur Malang is implementation marketing mix, incuding product, price, place, promotion, physical evidence, people, and proses. 2) The optimalization of marketing is by make a special policy of every element marketing mix which pack those element marketing mix on promotion.
Downloads
References
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ali, Aidi. 2014. Analisis Optimalisasi Pelayanan KOnsumen Berdasarkan Teori Antrian Pada KALTIMGPS.COM di Samarinda, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padana: Sukabina Press.
Elytasari, Suvidian. 2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Untuk Meningktakan Kepercaan Stakeholders di TK Amal Insani Depok Yogyakarta. Jurnal Warna.
Fradito, Aditia. 2016. Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Islam, Tesis. Malang: UIN Malang.
Fuad, Khafid. 2016. Marketing Jasa di Institusi Pendidikan; Analisis Pemasaran dalam Pendidikan. Jurnal Falasifa.
Hasan, Tholhach. dkk, 2013. Metode Penelitian Kualitatif Tinjaaun Teoritis dan Praktis. Lembaga Penelitian UNISMA Malang: Visipress.
Januarista, dkk, 2018 Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung; Studi pada Pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling. Jurnal Administrasi Bisnis.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1994. Jakarta: Balai Pustaka.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 1999. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid. 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jil. 1. Edisi Ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jil. 2. Edisi Ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran; Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jil.1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Khasanah, Afidatun. 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturaden. Jurnal El-Tarbawi.
Poerwadwaminta, W.J.S., 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahayu, Budi. 2017. Manajemen Pemasaran. Fakultas Peternakan: Universitas Udayana.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Wijaya, David. 2016. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudi, Kacung. 2017. Manajemen Pemaaran Pendidikan. Kariman.
https://www.jawapos.com/jpg-today/13/07/2018/selama-pembukaan-hanya-5-siswa-daftar-ke-sekolah-ini/
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Aulatun Nahdiyatid Diniyah, PERAN KEPALA MADRASAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MI NURUL YAQIN BULULAWANG MALANG , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Mirza Nur Alimi, Kebijakan Pemimpin Pondok Pesantren Hidayaul Mubtadi’in Kembang Singosari Malang Dalam Pengembangan Pendidikan Formal , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 2 No. 1 (2020): Desember 2020
- Syafi'i Syafi'i, PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG) , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Ahmad Muammar, Zaedun Na'im, Kepemimpinan Kepala Pesantren dalam Implementasi Program Wajar Dikdas di Pondok pesantren Salafiyah (Studi Kasus di PP. Daruttaâ'lim Waddaâ'wah Malang). , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 1 No. 1 (2019): Desember
- Idaya Andriani, Gafar Alamsyah, Eka Apriani, Jumira Warlizasusi, Asri Karolina, MODEL DUKUNGAN INSTITUSIONAL DALAM DINAMIKA MOTIVASI INTRINSIK, BIMBINGAN DOSEN, DAN KUALITAS PUBLIKASI PENELITIAN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Nur Rahmadhani Sholehah SN, Suwadi, PENDEKATAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN MORAL SANTRI DI PESANTREN , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Zulkarnain Zulkarnain, Jumira Warlizasusi , Eka Apriani , Asri Karolina, Sri Wahyuni Sihombing, PERENCANAAN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH MELALUI ANALISIS SWOT , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Rahmatullah, M. Ilyas, Azmir Suljic, CONFLICT MANAGEMENT STRATEGY IN PRINCIPAL LEADERSHIP FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 5 No. 2 (2024): Juni
- Ahmad Bachtiar Firdaus, Binti Maunah, SOCIAL CAPITAL AS PLANNING HUMAN RESOURCES IN EFFORTS TO IMPROVE THE QUALITY OF ISLAMIC EDUCATION INSTITUTIONS , Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 2 (2023): JUNI
You may also start an advanced similarity search for this article.