RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER
DOI:
https://doi.org/10.32478/talimuna.v7i2.183Keywords:
Maqashid al syari’ah, Pendidikan Islam multidisiplinerAbstract
Perkembangan zaman tentu memiliki dampak dalam berbagai aspek kehidupan umat Islam, termasuk dalam konteks keilmuan Islam. Studi tentang tujuan mendasar dari hukum Islam (maqashid al-syariah) dan produk hukum Islam (fiqh) tentu akan semakin dibutuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan hukum Islam yang semakin dihadapkan dengan fenomena yang tidak terjadi pada saat Nabi, masa teman, periode tabi'iin, atau periode tabi'in tabi. Menurut beberapa ulama ushul dan ulama fiqih Islam dari era sekarang (kontemporer) menganggap bahwa ada beberapa maqashid al-syari'ah dan hukum Islam (fiqh) yang harus ditinjau karena mereka kurang relevan jika diimplementasikan dalam konteks kehidupan Muslim hari ini. Salah satu ulama ushul fikih kontemporer adalah Jasser Auda. Hal utama yang mendasari mengapa Jasser Auda ingin meninjau maqashid al-sharia klasik, menurut Jasser Auda maqashid al-sharia klasik yang mencakup hifdz al-diin, hifdz al-nafs, hifdz al-aql, hifdz al-nasl, dan hifdz al-maal, masih cenderung terlalu umum, individual dan tidak mengandung nilai universal seperti prinsip keadilan dan kebebasan.
Downloads
References
Auda, Jasser, Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law: A Systems Approach, (digital book), London: the International Institut of Islamic Thougth, 2007.
Auda, Jasser, Al-Maqasid untuk Pemula, Terj. Ali Abdelmo’im.Yogyakarta: SUKA-Press, 2013.
Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Daulay, Haidar Putra, Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Ferdiansyah, Hengki, Jasser Auda Imam al Ghazali Masa Kini, (online), Tersedia : http://www.muslimedianews.com/2016/08/jasser-auda-imam-al-ghazali-masa-kini.html, diakses 30 November 2017
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) (online), Tersedia : https://kbbi.web.id/sistem, diakses 30 November 2017
Muhadjir, Noeng, Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Axiologi, Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin, 2011. Mustansyir, Rizal dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Jasser Auda, Biografi Jasser Auda, (online), Tersedia : http://www.jasserauda.net/portal/biography/?lang=en, diakses 30 November 2017
Sulaiman, King Faisal. Maqasid Al-Shariah Perspektif Jasser Auda, (http://kingfaisalsulaiman.com/maqasid-al-shariah-perspektif-jasser-auda/), diakses 30 November 2017
Tafsir, Ahmad, Filsafat Umum, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Eko Prabowo, PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA PENCENAGAHAN KENAKALAN ANAK USIA DASAR , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Alya Okta Nurjanah, KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER , Ta'Limuna: Vol. 9 No. 1 (2020): edisi Maret
- Kamilus Zaman, PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KEMAJEMUKAN , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 2 (2018): edisi SEPTEMBER
- A. Qomarudin, PLURALISME DAN MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA , Ta'Limuna: Vol. 3 No. 2 (2014): edisi SEPTEMBER
- Afif Syaiful Mahmudin, PENDIDIKAN ISLAM DAN KESADARAN PLURALISME , Ta'Limuna: Vol. 7 No. 1 (2018): edisi MARET
- Muh. Rodhi Zamzami, PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI , Ta'Limuna: Vol. 6 No. 1 (2017): edisi Maret
- Anwar Sa’dullah, MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Humanisasi Aqidah Melalui jalur formal) , Ta'Limuna: Vol. 1 No. 1 (2012): edisi MARET
- Moh. Nafi’, NU DALAM PERKEMBANGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM , Ta'Limuna: Vol. 1 No. 2 (2012): edisi SEPTEMBER
- Zaidun Naim, IMPLIKASI DESENTRALISASI PENDIDIKAN PADA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM , Ta'Limuna: Vol. 3 No. 2 (2014): edisi SEPTEMBER
- Siti Yumnah Syaukani, PEMIKIRAN FATIMA MERNISSI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF GENDER , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Muh. Rodhi Zamzami, PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM TEORI BELAJAR BEHAVIORISME , Ta'Limuna: Vol. 4 No. 1 (2015): edisi MARET
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 1 (2021): edisi MARET
- Muh. Rodhi Zamzami, PERKEMBANGAN BIOPSIKOSOSIOSPIRITUAL PESERTA DIDIK , Ta'Limuna: Vol. 4 No. 2 (2015): edisi SEPTEMBER
- Siti Mutholingah, A. Qomarudin, Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam , Ta'Limuna: Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
- Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP (GREEN SCHOOL) MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 2 (2019): edisi SEPTEMBER
- Abdul Gafur, Siti Mutholingah, Misbahul Munir, MEMBANGUN SIKAP TOLERAN DAN DEMOKRATIS MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , Ta'Limuna: Vol. 10 No. 2 (2021): Edisi September
- Muh. Rodhi Zamzami, PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KEHIDUPAN SOSIAL SANTRI , Ta'Limuna: Vol. 6 No. 1 (2017): edisi Maret
- Samsudin Samsudin, Muh. Rodhi Zamzami, KONSELING ISLAMI DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA MAN NGAWI , Ta'Limuna: Vol. 8 No. 1 (2019): edisi MARET
- Zen Amrullah, Siti Mutholingah, INOVASI PEMBELAJARAN DI PESANTREN SALAF , Ta'Limuna: Vol. 12 No. 2 (2023): September 2023
You may also start an advanced similarity search for this article.