EVALUASI VALIDITAS, RELIABILITAS, DAN DAYA PEMBEDA INSTRUMEN UJIAN PAI KELAS XII MELALUI ANALISIS BUTIR SOAL
Evaluation of the Validity, Reliability, and Discriminating Power of Islamic Education Exam Items for Grade XII through Item Analysis
DOI:
https://doi.org/10.32478/zw3wp278
Keywords:
Analisis Butir Soal, Daya Pembeda Soal, Evaluasi Pembelajaran, Reliabilitas, ValiditasAbstract
This study aims to evaluate the quality of a school exam instrument for the Islamic Religious Education (PAI) subject in Grade XII by analyzing the validity, reliability, and discriminating power of each test item. The study employed a descriptive quantitative approach. The research subjects consisted of 15 Grade XII students from a state vocational school (SMK) in South Kalimantan who took the PAI school examination. The instrument analyzed comprised 15 multiple-choice questions. Data were obtained through documentation, including test sheets, answer keys, and student response sheets. The item analysis was conducted based on Classical Test Theory (CTT). The results showed that only 2 out of 15 items met the validity criteria, with correlation values exceeding the critical r-table value (0.5324). The instrument’s reliability, calculated using the KR-20 formula, was 0.0227, indicating a very low level of internal consistency. Meanwhile, the discriminating power analysis revealed that most items were categorized as poor or rejected, although a few were classified as good to excellent. These findings suggest that the test instrument is not yet suitable for use in learning evaluation without significant revision and improvement of most test items.
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas instrumen ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XII melalui analisis validitas, reliabilitas, dan daya pembeda butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 15 peserta didik kelas XII di salah satu SMK Negeri di Kalimantan Selatan yang mengikuti ujian sekolah PAI. Instrumen yang dianalisis terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda. Data diperoleh melalui dokumentasi berupa lembar soal, kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis butir soal berdasarkan teori tes klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 2 dari 15 soal yang memenuhi kriteria validitas dengan nilai korelasi di atas r tabel (0,5324). Reliabilitas instrumen berdasarkan perhitungan menggunakan KR-20 adalah sebesar 0,0227 dan termasuk kategori sangat rendah. Sementara itu, daya pembeda menunjukkan bahwa sebagian besar soal berada dalam kategori ditolak, meskipun terdapat beberapa soal dengan daya pembeda baik hingga sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen secara keseluruhan belum layak digunakan dalam evaluasi pembelajaran tanpa melalui perbaikan dan revisi pada sebagian besar butir soal.
Kata Kunci : Analisis Butir Soal; Daya Pembeda Soal; Evaluasi Pembelajaran; Reliabilitas; Validitas.
Downloads
References
Ambiyar, & D, M. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Devi, M. Y., Hidayanthi, R., & Fitria, Y. (2022). Model-Model Evaluasi Pendidikan dan Model Sepuluh Langkah dalam Penilaian. Jurnal Basicedu, 6(1), Article 1.
Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. AL-MANAR : Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.
Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS : Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), Article 4.
Hidayat, A. A. (2021a). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Qadir, A., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Analisis Butir Tes: Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Efektivitas Pengecoh. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 1450–1467.
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Unika Atma Jaya Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahriana Nurrisa, Muhamad Sabirin, Nuril Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors hold and retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Silvya Nur Azizah, Hidayatur Rohmah, Pengembangan Media Q-Joy (Aqidah Enjoy Learning) pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nizhamiyah Ploso , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Rusdiyanto Rusdiyanto, INTEGRASI PENDIDIKAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN DI INDONESIA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 1 (2018): MARET
- Umi Salamah, PENGAJARAN MENGGUNAKAN METODE KAISA DALAM MENGHAFAL AL QURAN PADA ANAK , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 7 No. 2 (2018): SEPTEMBER
- Moh Imron Mudlori, Abdul Basit, ANALISIS PROBLEMATIKA TANTANGAN MADRASAH SEBAGAI TIPOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAN SOLUSI DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 8 No. 2 (2019): SEPTEMBER
- Alya Okta Nurjanah, KARAKTER TAKDIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 9 No. 1 (2020): MARET
- Siti Mutholingah, Basri Zain, METODE PENYUCIAN JIWA (TAZKIYAH AL-NAFS) DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 10 No. 1 (2021): MARET
- Rudi Iskandar, NEGARA DALAM PERSPEKTIF ISLAM: KAJIAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG PRINSIP DAN TUJUAN KENEGARAAN , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Nafa Nabilah, Faridatun Nikmah, Multicultural Education Values in Film ‘Ke Jogja’ and ‘Ke Jogja 2’ (Semiotic Study on Paniradya Kaistimewan Youtube Account) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 13 No. 1 (2024): MARET
- Yuan Remanita, Irgi Aqilul Fathoni, Imam Junaris, MEMBANGUN PARADIGMA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG INKLUSIF DAN MODERAT DALAM KONTEKS TUNAGRAHITA , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 14 No. 2 (2025): SEPTEMBER
- Rahmatullah Rahmatullah, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Peran Motivasi Guru Terhadap Kreativitas Siswa) , TA'LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam: Vol. 4 No. 1 (2015): MARET
You may also start an advanced similarity search for this article.





