Pemikiran Pendidikan Islam Al-Kindi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer

DOI:

https://doi.org/10.32478/ajmie.v4i2.1997

Authors

Keywords:

Al-Kindi, Pendidikan Islam Kontemporer, Filsafat dan Agama, Filsafat Ketuhanan, Filsafat Manusia.

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi pemikiran Al-Kindi yang berkaitan dengan pendidikan Islam, dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif berbasis studi pustaka. Sumber data primernya adalah buku karya George N. Atiyeh yang berjudul Al-Kindi: The Philosopher of the Arabs yang sudah diterjemahkan oleh Kasidjo Djojosuwarno. Temuan artikel adalah: Pertama, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat ketuhanan, berimplikasi pada asas pertama rumusan kurikulum pendidikan Islam kontemporer adalah asas ketuhanan. Kedua, Pemikiran Al-Kindi tentang relasi filsafat dan agama, berimplikasi pada model pendidikan Islam kontemporer yang berparadigma integrasi-interkoneksi sains dan agama. Ketiga, Pemikiran Al-Kindi tentang filsafat manusia, berimplikasi pada upaya penciptaan umat muslim yang mampu mengaktualisasikan potensi pikirnya dan mampu merealisasikan akalnya dalam perbuatan nyata, bukan hanya pandai dalam teori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abboud, T. (2013). Al-Kindi Perintis Dunia Filosofi Arab. Jakarta: Muara.

Abdullah, T. (2002). Ensiklopedia Tematis Dunia Islam Pemikiran dan Peradaban. Jakarta: Ichtiar Baru.

Al-Najjar, A. (2001). Ilmu Jiwa dan Tasawuf. Terj. Hasan Abrori. Jakarta: Pustaka Azzam.

Arafik, H., & Amri, H. (2019). "Menguak hal-hal Penting dalam Pemikiran Filsafat Al-Kindi". Jurnal Salam, 192.

Atiyeh, G. N. (1983). Al-Kindi Tokoh Filosof Muslim. Terj. Kasidjo Djojosuwarno. Bandung: Pustaka

Drajat, A. (2006). Filsafat Islam. Jakarta: Erlangga.

Ismail. (2013). Filsafat Islam. Bandung: ITB Press.

Kamaluddin. (2021). "Al-Kindi Filsafat Agama dan An-Nafs". Jurnal Aqlania, 105.

Kanafi, I. (2019). Filsafat Islam: Pendekatan Tema dan Konteks. Pekalongan: Nasya Ekspanding Management.

Kemenag. (2019). KMA No 183. Jakarta: Kemenag.

Khan, A. M. (2023). Dasar-Dasar Filsafat Islam: Pengantar Ke Gerbang Pemikiran. Terj. Subarkah. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kuswanjono, A. (2006). Ketuhanan dalam Telaah Filsafat Parenial. Yogyakarta: Badan Penerbit Filsafat UGM.

Madani , A. (2015). "Pemikiran Filsafat Al-Kindi". Jurnal Lentera, 108.

Naif, F. (2013). Pemikiran Filosof Muslim dari Al-Kindi Sampai Ibn Arabi. Yogyakarta: Multi Presindo.

Nasr, S. H. (2020). Tiga Mazhab Utama Filsafat Islam. Terj. Maimun Syamsuddin. Yogyakarta: Diva Press.

Nilyati. (2010). Hubungan Filsafat dan Agama. Jurnal Tajdid, 161.

Norhasanah. (2017). "Pengaruh Konsep Akal dalam Pengembangan Pendidikan Islam". Jurnal Nalar, 138.

Nurdin, A. (2002). Dari Penakluk Jerussalem Hingga Angka Nol. Jakarta: Republika.

Pattimahu, M. A. (2017). "Filosof Islam Pertama (Al-Kindi)". Jurnal Konfrontasi, 7.

Praja, J. S. (2005). Aliran-Aliran Filsafat dan Etika. Jakarta: Prenada Media.

Rahmatiah. (2017). "Pemikiran Tentang Jiwa dalam Filsafat Islam". Jurnal Sulesana, 32

Roswantoro, A., & dkk. (2015). Filsafat Islam, Trajektori Pemikiran dan Interpretasi. Yogyakarta: FA Press

Rusli, R. (2021). Filsafat Islam Telaah Tokoh dan Pemikiranya. Jakarta: Kencana.

Santalia, I., & umar. (2022). "Pemikiran Al-Kindi dalam Sebuah Kajian Filsafat". Journal of Social Sience Research, 762.

Sholeh, A. K. (2014). Filsafat Islam dari Kalasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudarsono. (1997). Filsafat Islam. Jakarta: Rineke Cipta.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyadi, D. (2009). Pengantar Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Syarif. (1993). Para Filosof Muslim. Bandung: Mizan.

Tiam, S. D. (2015). Histografi Filsafat Islam. Malang: Intans Publishing.

Wahda, J. (2019). "Filsafat Al-Kindi dalam Memahami Theologi". Jurnal Mantiq, 42.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Review Articles

How to Cite

Pemikiran Pendidikan Islam Al-Kindi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. (2023). AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education, 4(2), 30-43. https://doi.org/10.32478/ajmie.v4i2.1997

Similar Articles

21-30 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.