LITERATURE REVIEW : REALISASI ANGGARAN DAN RENCANA KERJA ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) DI SMPIT AL-IZZAH KOTA SERANG

Published : 2022-06-30 | Abstract viewsc: 159 | PDF views: 125
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Shinta Yuniarti(1*),

(1) UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The purpose of this research is to review the realization of journals about budgets and school budget work plans (RKAS), the causes of problems that occur in the reviewed literature, namely about realization and budget plans. This research method uses systematic literature review research in the type of secondary research, namely by reviewing literature reviews and by searching in several data bases by writing keywords. This research uses a literature study approach and the use of data analysis techniques with the document method where this method is a collection of documents or sources that help examine the discussion that will be discussed. This literature review uses a sample of literature that discusses budget plans and budget realization at SMPIT AL-Izzah Serang city. From the results of the study, it is known that between the budget plan and realization in 2016 and 2017 there are discrepancies. In 2016 there were two activities where the realization did not reach 100%, while in 2017 there were nine months where the budget realization did not reach 100%. In 2016 there was a deficit of 234% and in 2017 there was a deficit of 146%. However, from 2016 to 2017 the deficit decreased by 92%.

Keywords: Budget Plan, Budget Realization

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini guna untuk mengkaji ulang jurnal tentang realisasi anggaran dan rencana kerja anggaran sekolah (RKAS), penyebab masalah yang terjadi didalam literature yang direview yaitu tentang realisasi dan rencana anggaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian systematic literature review yang berjenis penelitian sekunder yaitu dengan cara mereview literature review dan dengan cara pencarian yang dilakukan dibeberapa data base dengan menuliskan kata kunci. Penelitian ini menggunakan pendekatan study pustaka dan menggunakan teknik analisis data dengan metode dokumen dimana metode ini merupakan pengumpulan dokumen atau sumber-sumber yang membantu mengkaji tentang pembahasan yang akan dibahas. Literature review ini menggunakan satu sampel literatur yang membahas tentang rencana anggaran dan realisasi anggaran di SMPIT AL-Izzah kota Serang. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa antara rencana anggaran dan realisasi pada tahun 2016 dan 2017 terdapat ketidak sesuaian. Di tahun 2016 terdapat dua kegiatan dimana realisasi tidak mencapai 100%, sedangkan ditahun 2017 terdapat sembilan bulan dimana realisasi anggararan tidak mencapai 100%. Pada tahun 2016 terdapat deficit sebanyak 234% dan pada tahun 2017 terdapat deficit sebanyak 146%. Namun pada tahun 2016 sampai dengan 2017 mengalami penurunan deficit sebanyak 92%.

Kata Kunci: Rencana Anggaran, Realisasi Anggaran

 


Keywords


Keywords: Budget Plan, Budget Realization

Full Text:

PDF

References


Iii, B A B, ‘Ruli Saepul Hayat, 2020 Intentionally Structured Program Analysis towards Positive Youth Development Using Systematic Literature Reviews in Physical Education and Sports Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu’, 2020

Aulia, Riski, ‘Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (2013), 1689–99

Bimantara, Bayu Kresna, Lutfi Effendi, and Agus Yulianto, ‘Pelaksanaan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Sekolah Yang Bersumber Dari Sumbangan Masyarakat’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5 (2014), 40–51

Henukh, Agustina, ‘Perencanaan Penganggaran Pendidikan Berbasis Manajemen Biaya Terpadu Di SD Negeri Lotelutun Kecmatan Rote Barat Daya Provinsi NTT’, Seminar Nasional Pasca Sarjana, 2019, 910–13

Izzah, Anis Watin, ‘Analisis Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah ( Studi Kasus Pada SMK Nurul Hikmah Tengguli Bangsri Jepara )’, 2, 98–108

Jaenudin, Ahmad, and Suroto, ‘Analisis Pengelolaan Dan Pengawasan Keuangan Sekolah Di SD Negeri Se-Kecamatan Way Tuba’, Universitas Sebelas Maret, 2017, 1–9 <https://media.neliti.com/media/publications/172120-ID-analisis-pengelolaandan-pengawasankeuang.pdf>

Jurnal, Jimea, Ilmiah Mea, Yayan Sofyan, Enang Ahmadi, and Ujang Cepi Barlian, ‘ANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ( Suatu Kajian Praktis Dalam Pengeloaan Anggaran Pendidikan Di Sekolah Menengah Umum ) JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi )’, 5 (2021), 221–39

Kasus, Studi, ‘3326-6127-1-Sm’, 40–50

Prihatin Sri, Khristina, ‘Analisis Realisasi Anggaran Dan Rencana Kerja’, Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan Universitas Banten Jaya Akuntansi Dan Keuangan Universitas Banten Jaya, 3 (2020), 170–81

Rekasari, Meli Haryati, ‘Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah’, Manajer Pendidikan, 14 (2020), 83–91

ULIYAH, SOFYATUL, MEDINAL, and HARIYANTI, ‘KAJIAN RENCANA ANGGARAN TERHADAP REALISASI (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang)’, Jurnal Ilmiah Akuntansi Bisnis & Keuangan (Jiabk), 11 (2017), 13

Wandra, Dedi & Hadiyanto, ‘Perencanaan Pembiayaan Pendidikan’, Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2020), 2898–2904 <https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1005/pdf>

Wara, Lidya Stefany, Lintje Kalangi, and Hendrik Gamaliel, ‘Analisis Relevansi Laporan Realisasi Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada Kabupaten Halmahera Utara’, Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “GOODWILL”, 12 (2021), 38–50

Zahruddin, Zahruddin, ‘Implementasi Penyususnan Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah’, Jurnal Administrasi Pendidikan, 26 (2019), 46–56 <https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19847>


Article metrics

Abstract views : 159 | views : 125


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/leadership.v3i2.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Shinta Yuniarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.